Artikel Menarik Lainnya

Cara Melakukan Hipnotis

Ditranslasikan dan dikembangkan dari Intro to Hypnotis oleh Wiku Pulangasih the Online Magician



Definisi : Hipnotis adalah salah satu cabang magic yang digunakan untuk bermain dengan alam bawah sadar manusia. Setelah seseorang memasuki alam bawah sadarnya, kita bisa menanamkan sugesti tertentu dalam pikiran mereka, dan membuat mereka melakukan hal-hal yang kita perintahkan.


Perlu Diketahui :
- Hipnotis (terutama "extreme hypnotist" seperti yang sering dilakukan Romi Rafael) hanya akan berhasil apabila sang objek (sukarelawan) bersedia dihipnotis.

- Alam pikiran manusia dibagi menjadi dua, yaitu alam sadar (conscious mind) dan alam bawah sadar (unconscious mind). Tujuan hipnotis adalah membuat sang sukarelawan berada di alam bawah sadar mereka. Keadaan setelah sang sukarelawan melakukan berbagai macam hal dalam pengaruh alam bawah sadar disebut "trans".

Prosedur :

1. Percaya Diri
Sebelum melakukan hipnotis, anda harus benar-benar yakin dan percaya bahwa anda mampu menghipnotis orang lain. Yakinkan diri anda bahwa anda adalah seorang ahli hipnotis yang hebat. Tanpa rasa percaya diri, hipnotis yang anda lakukan pasti gagal.

2. Ritme
Sesuaikan ritme suara anda dengan kecepatan nafas sang sukarelawan. Hal ini bisa dilakukan dengan memperhatikan gerakan rongga diafragma saat sang sukarelawan bernafas. Saat yang paling tepat untuk menggiring sang sukarelawan memasuki alam bawah sadar mereka adalah saat mereka sedan menghembuskan nafas (seperti yang sering dilakukan oleh Romi Rafael).
Biasanya, jika hipnotis berjalan dengan sukses, tempo dan ritme nafas sang sukarelawan menjadi lebih lambat. Saat itu, perlambatlah tempo dan ritme bicara anda sesuai dengan ritme nafas sang sukarelawan.

3. Nada Suara
Ada dua macam nada suara yang dapat digunakan dalam hipnotis.

a. Nada Suara Monoton
Metode ini sering dipakai oleh Romi Rafael. Nada suara monoton adalah nada suara yang datar dan cenderung sama dari awal sampai akhir, dengan penggunaan kata yang terus-menerus diulang. Tujuan menggunakan nada suara monoton adalah agar alam sadar sang sukarelawan merasa bosan, sehingga ia lebih mudah memasuki alam bawah sadarnya.

b. Nada Suara Bergelombang
Nada suara yang dipakai adalah nada suara naik-turun, lemah-keras, rendah-tinggi. Pelaku hipnotis mula-mula akan berbicara dengan nada rendah, kemudian semakin meninggi hingga membawa sang sukarelawan ke dalam keadaan "trans".

Silakan pilih salah satu nada suara yang sesuai dengan kepribadian anda. Pilihlah yang paling nyaman dan enak saat anda mengucapkannya.


4. Membawa sang sukarelawan memasuki alam bawah sadar

Pertama, perintahkan sang sukarelawan untuk melakukan suatu rutinitas, misalkan "Berhitunglah dari 1 sampai 10, tiap-tiap hitungan akan membuat anda memasuki alam bawah sadar anda".
Atau "Tarik nafas dalam-dalam...dan hembuskan".
Atau tanyakan "Siapakah nama anda?"

Di tengah-tengah proses itu, jabat tangannya, tatap matanya, dan lakukan sesuatu yang mengejutkan sehingga ia dengan cepat memasuki alam bawah sadarnya. Sesuatu yang mengejutkan itu antara lain :

-. Menyentakkan jabatan tangan
-. Mengangkat pergelangan tangannya ke atas
-. Menjentikkan jari anda ke dahi sukarelawan

Ingat, saat melakukan hal-hal tersebut, tetap pertahankan kontak mata dengan sang sukarelawan. Setelah itu, buat sang sukarelawan melakukan hal-hal yang anda perintahkan dengan kalimat hipnotis.

5. Kalimat Hipnotis
Kalimat-kalimat hipnotis harus diucapkan dengan lancar, tanpa kata-kata seperti "eee...", "mmm..", "eh...", dan sebagainya. Kalimat hipnotis biasanya adalah kalimat perintah bernada sugestif, singkat, padat, dan diucapkan berulang-ulang.

Contoh kalimat hipnotis :
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah......
Membuat diri anda merasa nyaman.....
Duduklah di kursi dengan kedua tangan di atas paha....
Setelah anda merasa nyaman.......
Fokuskan pandangan mata anda ke satu titik.....
betul......
Arahkan pandangan mata anda ke titik ini.......
Mata anda akan semakin berat......
Semakin berat.....
Dan anda akan tertidur......

(........) menandakan anda harus memberikan jeda sebelum menuju ke kalimat selanjutnya.

Anda sekarang berada di tepi pantai yang indah...
Sangat indah....
Dan akan menjadi lebih indah......
Anda akan melihat ombak dan buih....
Angin sepoi-sepoi...
Pohon kelapa yang teduh.....
Rasakan semuanya.....
Rasakan dengan seluruh panca indra anda.....
Masuklah ke dalam air.....
Rasakan dinginnya....
Gunakan kedua tangan anda untuk berenang melewati lautan....
dsb....dsb....

Untuk menyadarkan kembali sang sukarelawan, anda bisa menggunakan kalimat berikut :

Anda akan melihat sebuah perahu....
Yang siap membawa anda meninggalkan pantai ini...
Tapi anda akan tahu....
Segala memori indah tentang pantai ini akan tetap ada dalam pikiran anda....
Ketenangannya....
Keteduhannya...
Jadi....
Naiklah ke perahu tersebut.......
Dan anda akan menemukan suatu pesan tertulis di perahu itu...
Mulailah berhitung dari 1 sampai 10.....
Dan tiap hitungan aakan membawa anda meninggalkan alam bawah sadar...
Dan kembali ke alam sadar....
dst...dst...

Yang perlu diingat, tempo, ritme, nada, dan volume saat mengucapkan kalimat hipnotis harus konsisten.

Hipnotis adalah cabang ilmu magis yang sangat sulit dikuasai. Untuk menguasainya diperlukan waktu yang tidak sebentar. Jadi, bila anda mempraktekkan hal-hal yang tertulis di sini namun masih gagal dalam melakukan hipnotis, hal itu sangatlah wajar. Teruslah berlatih dan berlatih, maka anda akan menjadi ahli hipnotis yang ulung.
Untuk melatih kepercayaan diri anda, cobalah trik "Pseudo-Hypnosis" di bawah ini :
http://wikumagic.blogspot.com/2009/05/pseudo-hypnosis.html

118 comments:

Mas, update trick borongan? slamat jalan ya. Smoga di wina kul nya lancar . .

@Easy Magic
hahaha...iya...upload trik agak banyak sebelum meninggalkan indonesia...makasih ya...

Bloger and Online Magician Sejati

kak wiku!! tolong adain trik baca pikiran dong!!

hhe!!

-Raka-

orang yang dihipnotist sudah pasti bisa dibangunin??

-vita-

Pengikut setia blog ini !!.Kunjungi www.evpixel.co.nr !!Ada tricknya Denny Darko !

Waduh,,susah jg yha cara ng'hipnotis nya...

Tapi KEREN BANGET.................


Ada yg laen g???
Aq mo bljr gmn cara ng'hipnotis...

Wah iya juga yah saya bljrnya 3Minggu baru bisa hehehe... Tapi sering gagal klo ke temen gw yg stress knp yah dia pk Pelet yah???

-Jedestarz- A.k.a Joko

sulit banget...

btw,wiku mo pergi k wina? weh weh weh...
kuliah ap bro?

saya mau tanya nih sekarang.
buat adminnya.
anda sudah bisa atau belum menghipnotis seperti yang anda tuliskan?
karena yang paling susah adalah membuat si korban masuk ke trance (alam bawah sadar). kalau yang anda ajarkan itu rapid shock induction (metode mengagetkan). coba saja anda salaman dengan orang yang baru anda kenal, tatap matanya salaman dan sentak lalu bilang tidur. bisa ga?

(saya cuma ingin tahu saja :d)

@Anonim
Betul, saya sangat setuju dengan anda. Hal yang paling susah itu justru membawa ke alam "trance". Peluang berhasil saya masih di bawah 10%, karena saya tidak mendalami hipnotis secara khusus.
Kalau rapid shock, menurut saya sifatnya hanya sesaat, efenknya pun sangat singkat. Terimakasih atas informasinya

apakah bisa melakukan latihan dengan orang yang sudah tahu akan ada rapid shock??

Teknik ini semua orang bisa melakukanya nggak? Please jawabanya ya ?

mas wiku boleh tidak saya memasang posting mas di blog saya.

yang pastinya tanpa mengubah sumbernya..

thanks
isdariar.blogspot.com

mas wiku klo blajar hipnotis susah ngak sih????
lalu da efek smping ngak kita bs hipnotis orang tp ngak bs menyadarkan orang trsbut?
oh iya mas wiku tau trik ttg sulap yg uang yg drobek2 lalu uang bs kembali lg dngn utuh....^^

Susah banget sih dah 1 bulan latihan ga bisa-bisa,,tapi keren lo....

lalu da efek smping'y ngak bg yg gagal mlakukan hpnotis?
yg prlu dtkan kan dlam hpnotis tuh pa2 aja sih mas wiku??
lalu tau ngak trik sulap yg uang dirobek tp nanti bs dkembalikan dngan uth ? tau ngak?

Wiku kasih tips donk supaya orangnya masuk alam bawah sadar/trancè soalnya saya gagal trs.

Mas Wiku kok blajar hipnotis ssah bnget y..??

mas wiku....
gmna cra msuk alam bwah sdar sih.....?

Bos Wiku, aku mo tanya, bisa nga klo hipnotis orang dari kejauhan, misal target yg akan kita hipnotis 10 meter.

mas wiku

sya mo nnya nih

mas tu bsa ngehipnotis ga

Mas wiku, saya sdah bisa menghipnotis orang:) thx ats info yg sangad brhrga ini!!

Saya mau tnya ne!!! mas wiku, gmna cra'y mengetahui apakah org itu bsa d hipnotis dan tdk bsa.....

chaos

mas wiku,saya pengen tanya!! hipnotis ini sampe jangka waktu brp lama ??? dan bisa hipnotis org yg sama berulang kali ga ??

From Guntur...

Mas wiku mo nanya nih,,,

orang yg bza dihipnotis itu ciri2 na gimana z,,,n ada g caranya spya kita tau orang itu bza ato gak na dihipnotis ???

Cuz wkt Quh nntn aksi mba Jeva d the master kmaren,,,dy milih orang yg mo dihipnotis na dgn mengayunkan jari telunjukknya d dpan muka orang yg mau dihipnotis,,,

mhon dijawab yaa mass,,,


Gagha

Saya mau tanya untuk adminnya.
bagaimana cara kita mengetahui kemudahan seseorang untuk menerima sugesti kita?
Karena di setiap acara TV, para master selalu melihat, apa orang tersebut mudah menerima sugesti mereka atau tidak..
Saya mohon jawabannya. Terima kasih banyak.

@admin

Kog ga ad jwbn na???

cindy

eh,kalo gx bisa nyadarin orgnya lg gimana dong gaswat jd nya vanca

kk WIKU.. ADA TRIK HIPNOTIS/ TRIK2 KLASIK YG LAIN NGGA?.. AKU UDAH BACA SEMUA TRIK SULAP YANG ADA DI BLOG INI..
K1D MAG1C S0NNY

Kalau menurut saya cara mudah utk mengetahui subjek dapat dihipnotis atau tidak itu dengan cara dasar dulu... tepuk bahunya trus ditarik sedikit kalau subjek refleknya bilang "ha?" itu kemungkinan aja bisa diberi teknik induksi.
Billy.

ka wiku. tlg adain cra hipnotis dr sndiri jg dunk. thx bgd

kak koq susah ya yg non verbal begini gw nya bisa yg verbal klo ni gk isa2

thankzz.... gw berhasil skali cobe.... yesssss

mas,wiku aku dah nyoba kok g bisa...
padahal aku dah ngikutin kira2 salh dimana'a

Mas saya mau tanya...diatas tertulis bahwa tempo dan ritme saat mengucapkan kalimat hipnotis harus diberi jeda.Tapi kok (maaf ya..)Uya Kuya Saat Melakukan hipnotis tempo dan ritmenya cepat sekali...Apakah kalau begitu mengakibatkan suatu efek samping pada orang yang kita Hipnotis???

hipnotis tu dosa gak sisc???!!!!

duch....ssah bgt y?
ad cra laen gx yg lbh gmpng^^?
by:Anis

wah luar biasa petunujuk cara menghipnotis dari anda. Izin copy ya

Bagus banget artikelnya...... ijin copy di blog saya ya!

saya terimahkasih saya sudah bisa hipnotis orang

terlalu lama kalo basa-basi, apakah ada cara lain langsung memegang bahunya tanpa harus meyakinkan suyet untuk di hipnotis. dan tidak perlu berbicara, langsung sugesti di berikan kepada suyet agar melakukan perinath apa kita inginkan, so, itu ajahh

bagaimana kalau orang yang kita coba hipnotis tidak bisa kembali ke alam sadar nya???

buku ini berisi tentang trik hypnotis dari awal sampe akhir... muadah2an bisa membantu download di http://www.ziddu.com/download/7926856/hipnotismasakini.zip.html

klo smisal dah bs mnghipnotis tp klo g bs ngebangunin gmana...??

om wiku klo hipnotis dgn cpt g ush ngsh tw yg mw d hipnotis

om wiku kata "om" saya hipnotis itu dipengaruhi oleh jin/setan apakah itu benar....???
jawab cepet lagi debat

bagus bgt tips-tipsnya tapi klo blh cara hipnotisnya yang singkat aja donk bisa ga?

kira kira brp persen tuh berhasil buat pemula??

ngomong" kok cara" ini ada dimana" yah,originalnya siapa yah?

apa benar ni hipnotis???

baru 2 minggu belajar hipnotis langsung bisa,apalagi aku masih anak 13 tahun....

mas saya mo ngpy artikel nya boleh ngak

apakah hipnotis uya kuya itu boongan/palsu?

berikan trik hipnotis spy pintar matimatika bs gak ..???

Wah skrg q dah bza nh..
Intix jgan mdah menyerah dlm mencoba !! :)
Skrg aj aq jd pkar hypnotherapy bwt tmen2 n kluarga q . . .
Thx y mas wiku n stu lg, prtanyaan q yg dlu tlg djwb donk..

Gagha

ajarin donk hipnotisx,,,,hubungi ini yach
085299179230

kaka...
namaku iqbal...
apa betul teori soal hipnotis itu bisa berhasil...???

saya kurang jelas cara menhipnotisnya master, tolong kirim cara2nya secara detil ke <masturi.lks@gmail.com) makasih master.

kk tolong ajarin yang lebih simpel ja

alut buat mas yg punya blog ini....semoga bermanfaat buat generasi magician indonesia!!!!

mas jika misal nya saat menyuruh orang memasuki alam bawah sadar tetapi tidak bisa mengembalikan nya bagai mana?

jika misalkan kita gagal membuat si orang yang di hipnotis ini kembali kedalam alam sadar nya kita harus bagaimana?

mas wiku saya mohon izin untuk mengopi beberapa trik untuk koleksi dan pembelajaran saya.
sukse selalu mas wiku.

om.....wiku
kn ad tuh hipno perampok
tinggal sentuh udah terhipnotis
gimana tuh

Kk wiku...
Apa orang yang gagap atau memiliki kelemahan dalam berbicara jga bisa melakukannya...???

buat yag udah pintar hipnotis
tolong ajar saya hipnotis..saya akan berikan penghargaan bagi siapa saja yang dapat membimbing saya agar dapat menghpnotis...
sms saya 085 299 954 832

bagi yang mau,,
ajarkan saya hipnotis orang doNK sampai bisa,,!!
BAGI anda yg mau saya akan membrikan 2 trik sulap yg unik bgi saya;
1.ambitious card
2.menghipnotis burung


kirim email ke:
rizkybachdim76@yahoo.co.id

makasiH,,

nama saya robi dari kemaren saya coba gagal terus
saya minta bantuan langkah '' u/ hipnotis orang yang mudah dipahami
bagi yang sudah bisa tolong ajarkan donk....
please
email : robisaputrarobi@ymail.com

Kak makasih ya trik-triknya.....
Salam Kenal.... :)

Kak makasih ya trik-triknya......
Salam Kenal.... :)
Iyan Septian

Wah... ngeri jg kalau kena hipnotis. Ada nggak cara supaya nggak bisa terhipnotis :D.

Nice Post. Salam kenal gan.
http://www.amdhost.net/

tangs gue skali bca langsung bisa

Sepp.,.... Info Nya Gan
salam Kenal




lupichairilanwar.blogspot.com

Wah . Ijin copas ya gan . . Kalau hypno dgn tenaga dalam bisa nggk

mbah wiku terbitin buku tentang hipnotis dong, yang lengkap

Belajar Hipnotis diDaerah Jakarta bagi yang "SERIUS" belajar bisa hubungi :083813321514
"TIDAK BISA UANG KEMBALI"

like hypno videoku ya http://www.facebook.com/photo.php?v=297335680295484 thanks :)

just see my video hypno http://www.facebook.com/photo.php?v=297335680295484 thanks :)

KAK BGAIMNA QLAU GK BSA D KMBALIKAN K SDARNYA
SMULA nanti DAN APAYG QTA AKAN LAKUKAN

KAK BGAIMANA CARA YA MENG HYPNOTIS,, SOAL YA SAYA MW BLAJAR KK BLEH KAN

BY ARY

Kira-kira sembuh ga habis di hipnotis,, walau tidak disembuhin penghipnotisnya:????
thanks

mas wiku kira kira bisa dibuat pengobatan tidak???? harap di balas

Heyy all......,

jangan lupa yach gabung di halaman/grup facebook kita....
"Community Of All Magician" .... :D

*Terima Kasih Dan Salam Magician*

^Prince Of Mind^

apakah kegagalan menghipnotis orang dipengaruhi oleh faktor umur??

aku baru kali ini liat artikel hipno di wiku ( dah lama ngga update di wiku ). tapi setelah baca", jadi pengen usul. Tambahin metode hipnonya dong kak Wiku, soalnya sekarang kayanya metode hipno unik" plus cepet
sama mau tanya juga nih buat yang bisa kasih penjelasan. Aku dah main hipno (alhamdulillah dah bisa) tanpa belajar hipnonya, cuma tau dasar"nya aja, emang ngga papa ya?

ka wiku , saya ingin belajar , tapi ragu karena takut tidak bisa .
apakah tidak ada trik khususnya ya ?
tolong dong di jawab . untuk semuanya juga ya ?
thanks informasinya


-tian di Batam-

Belajar Hipnosis, Hipnoterapi, Hipnoteaching, HipnoAkupuntur, HipnoSelling di daerah bandung, Jln.Arcamanik no.123, SindangLaya Bandung. hubungi saya di :0853 1703 1333. untuk yang serius dan bisa mendapatkan sertifikat IBH yang dikenal oleh kalangan hipnosis dan ada pertemuan IHS tiap tahunan antar Pelatih Hipnoterapi senior....

iya sy jg pengen tau apa bs

buat kak admin , kak bisa ajarin yang simpel gak kaya trik denny darko . mohon jawabanya . makasih

SARAN: pelajari dulu cara menghypnotis yang telah saya posting sebelumnya baru belajar tahap ini.

Ikuti langkah berikut:
=>cari orang untuk pemula Anda harus mencobanya dengan menggunakan teman Anda, dan mau menuruti apa kata Anda/Percaya kepada Anda, karena apabila mereka takut kepada Anda kemungkinan mereka akan memberontak atau tidak mau menuruti sugesti yang Anda berikan.
=>minta mereka duduk dengan tenang dan rileks.
=>dan minta mereka menarik napas selama 5 detik, tahan napas 5detik, hembuskan 5 detik, selama mungkin agar mereka lebih rileks.
=>beri dia sugesti yang lama agar dia merasa bosan.
=>kejutkan dia, dan waktu dia terkejut katakan “tidur”, anda dapat mengejutkannya dengan cara menarik tangannya ke bawah, kenapa waktu terkejut harus mengatakan tidur? Karena waktu dia terkejut pikiran bawah sadarnya akan terbuka dan mudah menuruti sugesti kita/mudah terpengaruh.
=>ketika dia terhypnotis berikan dia sugesti yang singkat, jelas, dapat di pahami.
=>sebelum membangun kannya berikan dia sugesti agar dia rileks, tenang, dan kembali seperti tadi(sebelum di hypnosis).
=>bangunkan dia.

SELAMAT BELAJAR

~ MASTER ~

susah sekali padahal sudah berkali-kali di coba
mohon bantuannya ya....

BAGI YG SUDAH BISA
PLEASE BANTU SAYA
SMS AJA KE 087767013228
atau email saya rezapurba99@ymail.com
Saya membutuhkan bantuan anda
:)

saya izin copas , http://rosyid-blogger30.blogspot.com .
makasih

ada gk yang bs ngajarin saya hipnotis sampai bs ?? susah bljr dari teori2 gne.. ada gk yg bs ajarin lgsg secara praktek ?? klu ada yg di daerah pekanbaru yaaa... hmmmmmmmm klu ada jg harga nya terjangkau yaaa :) thanks....

saya sih setelah baca lebih percaya diri dan saya bayangin bisa main-main tapi saya takut untuk mencobanya. misalnya di sekolah praktekin hal ini ke teman-teman kalau gagal ya dapat malu kalau berhasil bangga sih dan lebih percaya diri. OH ya makasih ya adas tutorialnya sangat ngebantu walau saya belum pernah nyoba

ada yang pernah nyoba bisa gak

misalkan kehipnotis trus di bangunin ngga mau bangun gi mana...???

ka klo mengankat pergelangan tangan tu gmna?

saya penasaran kenapa saya nga bisa dihipnotis ya? apa karena saya itu orangnya ga enakan atau terlalu was-was? apa karena saya susah mempercayai orang? apa karena saya itu terlalu kritis berpikir?
saya pernah coba tonton video hipnotis spy sya ngetik kalimat di luar kesadaran saya. tapi selalu gagal.

Pengen Bisa Seperti Romy Rafael?

JALAN PINTAS 7 KALI LEBIH CEPAT MENGUASAI HIPNOTIS
Inilah hal luar biasa yang bisa anda lakukan
jika anda sudah menguasai Hipnotis Video dan Ebook
Lihat 215 video, ebook, software, sulap dan hipnotis :

1. Menidurkan Orang.
2. Menghipnotis Orang Yang sedang Tidur.
3. Hipnotis Jalanan,
4. Hipnotis Panggung, ( Permainan)
5. Theraphy Masa lalu, Menghilangkan Kebiasaan Merokok
6. Berdagang dengan hipnotis
7. Mengajar dengan Hipnotis
8. Menghilangkan Rasa Sakit Gigi,
9. Membaca Pikiran Orang.
10. Mengubah kebiasaan buruk anak
11. Menghilangkan Pobia
12. Membuat tangan orang lain kaku
13. Membuat orang lain mengangkat benda berat ( Mobil, Merobohkan Pohon. dll )

LIHAT VIDEO DAN BACA EBOOKNYA, TIRUKAN VIDEONYA 100% BISA.

WWW.PRAKTEKHIPNOTIS.BLOGSPOT.COM

Salam Sukses Selalu untuk sahabatku WIKUMAGIC




eh caranya ksih tau dong
plisssss
saya ingin tau bagi kalian yang tau caranya tolong kirimin yah ke facebook saya namanya bagus anax pesantren

death metal.... 3 kali jitu dibandingkan dengan sulap murahan(maaf kalau kasar)............

AKu thu pengunjung setia wiku magic.. harap kunjugi blogku juga ya

mas untuk penguasaan hypnosis tidak harus lama sebenarnya kalo kitanya udah ada bakat, gampang kok, :D

Terima kasih ya.. sekarang saya sudah bisa menghipnotis orang2 dengan mudah. Dari 5 orang, hanya 1 yg tidak terhipnotis..

Kawan-kawan yang butuh refrensi tembahan klik

WWW.PRAKTEKHIPNOTIS.BLOGSPOT.COM

bos, gimana nih kenapa banyak pertanyaan dari pemberi komentar yg tdk dijawab? ini bisa berpengaruh ke reputasi blog dan juga keberhasilan trik hipnotis.... (khususnya bagi ke penanya)

maaf kalau tidak sopan... trims,

Facebook Blogger Plugin: Bloggerized by AllBlogTools.com Enhanced by MyBloggerTricks.com

Post a Comment

Welcome to Wikumagic, the first online magic resource in Indonesia.
Komentar anda akan dimoderasi dan akan muncul setelah disetujui oleh Administrator.

Jika menggunakan anonymous ID, harap sertakan nickname anda di akhir posting.
Jika anda mengharapkan balasan atas komentar anda, lebih baik tulis di Wall Facebook Wikumagic di alamat
http://www.facebook.com/pages/Wikumagic/113846238688801
Terimakasih.