New Wikumagic

Segera hadir, "New Wikumagic". Berikan saran, pesan, dan harapan anda seputar blog New Wikumagic dan dapatkan hadiah ebook sulap gratis.

Pengumuman Final WIMC Season 2

Pengumuman Final Wikumagic : Indonesian Magic Competition Season 2. Siapakah juara di kompetisi ini? Simak juga komentar detail dari tim juri.

Pengumuman Wikumagic : Magic on The Street

Berikut adalah hasil mini contest : Wikumagic on The Street. Siapakah kontestan dengan foto street magic terbaik?

Artikel Menarik Lainnya

Pendulum Chevreul

Artikel ini disubmit oleh Paccala, peserta The Festival of Wikumagic


PENDULUM CHEVREUL


Chevreul adalah ahli kimia terkenal dan Direktur Natural History Museum di Paris. Dia mengembangkaneksperimen sederhana yang dijelaskan di bawah ini untuk memperlihatkan bagaimana pikiran bawah sadar bisa dipakai tanpa disadari.

Anda hanya memerlukan seutas benang sepanjang 20 cm , sebuah benda kecil yang dapat digunakan sebagai bandul (cincin,dsb.) , dan juga secarik kertas.

Ikat salah satu ujung benang dengan benda tersebut dan ujung lain dipegang dengan ibu jari dan telunjuk anda. Di selembar kertas, gambarlah garis lurus sepanjang ± 15 cm. Pegang salah satu ujung benang sehingga benda tergantung langsung di atas garis lurus di ketinggian sekitar 3 cm. Konsentrasilah dan tunggu beberapa saat…

Apakah anda melihat perubahan ? apakah anda melihat pendulum mulai berayun ke arah garis itu ? Jika anda belum berhasil, teruslah berusaha. Anda harus sungguh-sungguh berkonsentrasi pada garis itu. Sebagai konsekuensinya, anda akan memasuki kondisi trance hipnotis ringan, menutup stimuli eksternal, dan memfokuskan seluruh perhatian anda pada garis tersebut. Gerakan otot bawah sadar yang dikontrol oleh pikiran bawah sadar menghasilkan gerakan pada pendulum.

Kalau anda sudah berhasil membuat pendulum berayun di bawah control bawah sadar, putarlah lembar kertas itu agar garis berada pada sudut 90˚ dari posisi semula (Jika anda meletakkan garis secara horizontal, putarlah kertas agar garis menjadi vertical ). Pada akhirnya, anda akan melihat perubahan arah pendulum mengikuti garis lagi.

Sekarang gambar garis kedua melintangi garis yang pertama sehingga membentuk salib. Ulangi eksperimen, sekarang anda seharusnya melihat pendulum berayun ke garis yang menjadi pusat konsentrasi anda.

Di kertas lain, gambar sebuah lingkaran dan perhatikan apakah anda bias membuat pendulum mengikuti lingkaran di bawah control bawah sadar.

Ini adalah demonstrasi sederhana, namun kuat dari aksi pikiran bawah sadar. Hal itu jelas menunjukkan betapa pikiran bawah sadar dapat mempengaruhi perilaku kita tanpa kita sadari.

Carilah sukarelawan dan ulangi eksperimen seperti tadi. Biarkan sukarelawan yang memegang pendulum dan bukan anda. Gunakan selembar kertas dengan garis silang dan tanyakan pada sukarelawan anda garis mana yang akan diikuti. Ketika itu terbukti berhasil, katakan pada sukarelawan kalau pendulum akan berayun ke garis lain. Ketika berhasil, katakana pada sukarelawan kalau pendulum berayun dalam lingkaran, beri sugesti kalau ayunan itu akan melambat dan kemudian berhenti.

Di sini kita telah memperlihatkan kekuatan sugesti, kemampuan menanamkan ide dalam pikiran bawah sadar seseorang. Ini adalah kemampuan natural, yang kita semua miliki, ini adalah kokmponen utama dalam melakukan hypnosis.

Jika anda telah berhasil dalam eksperimen ini, saya ucapkan, “Selamat, anda telah berhasil mengendalikan kekuatan pikiran anda !”


Jika anda menyukai trik ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Silangan Ajaib



Trik ini disubmit oleh Kelvin Podiman, peserta The Battle of Wikumagic January 2010 kategori Honorable Mentions


Di Ciptakan : Kelvin Podiman The Mentalist Of Mathemagic Magician



Effects : Trik Ini mudah dipelajari dan Susah ditebak Orang.Anda mampu memprediksi Angka yang dibuat Sukarelawan secara acak dan dengan menjumlahkannya dengan akhir Coretan.



Catatan : Pada poin 2,3,4,dan 5 ada tulisan saya yang di Tebalkan atau di Bold itu tandanya Melakukan itu dalam hati atau secara diam-diam dengan cepat



Prosedur :

1. Minta 3 ( Tiga ) Sukarelawan untuk menulis 3 Angka yang berbeda-beda,Misalnya :

Sukarelawan 1 : 123

Sukarelawan 2 : 978

Sukarelawan 3 : 666



2. Katakan kepada Semua Sukarelawan bahwa Anda bisa mengetahui jumlah yang ditulis dari Sukarelawan,Sewaktu mereka sedang menuliskan angka-angka mereka.Jika diperlukan anda bisa membuat Catatan Prediksi.



3. Berikut Cara cepat untuk membuat prediksi anda,Dari angka-angka yang ditulis oleh Sukarelawan,lakukan penjumlahan dari setiap angkanya yang ditulis

123 = 1+2+3=6

978 = 9+7+8=24

666 = 6+6+6=18



4. Selanjutnya anda ganti Pola menjadi :

-Angka pada baris pertama tambahkan dua buah nol (00) = 6+00=600

-Angka pada baris kedua tambahkan satu buah nol (0) = 24 + 0 =240

-Angka pada baris ketiga biarkan apa adanya = 18



5. Kemudian jumlahkan angka yang diperoleh yaitu : 600 + 240 + 18 =858 dan 858 adalah Prediksi Anda



6. Perintahkan pada Sukarelawan pertama untuk memilih tiga angka secara acak,masing-masing satu angka untuk disilang.

Misalnya Sukarelawan pertama Menyilang angka 1,7,dan 6

(1 disilang) 23

9(7 disilang)8

6(6disilang)6



7. Perintahkan pada Sukarelawan kedua untuk menyilang tiga angka secara acak,untuk setiap baris dari sisanya.

Misalnya Sukarelawan kedua Menyilang angka 3,8,dan 6

(1 disilang) 2 (3disilang)

9 (7disilang) (8 disilang)

6 (disilang) 6 (6 disilang)



8. Berarti Sukarelawan ketiga akan menyilang tiga angka terakhir yang tersisa,yaitu 2,9,dan 6

123 (semua disilang)

978(semua disilang)

666(semua disilang)



9. Sekarang jumlah ketiga angka yang dicoret tersebut adalah:


123

978

666

_____ +

858



10. Hasil Akhir buka Prediksi anda yang tadi anda Buka dan hasilnya adalah 858 dan selamat mendapat Tepuk Tangan Meriah dari penonton.



Profil :



Nama : Kelvin Podiman

Kelas : SMP 3 (2009/2010)

Hoby : Main Internet dan Main Magic

Blog: www.kelvinpodiman.blogspot.com

www.kelvinpodiman.webs.com

www.kelvinpodiman.wordpress.com

Facebook : kelvin_podiman@yahoo.com

E-Mail : kelvinpodiman@yahoo.com


Jika anda menyukai trik ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Slam the Coin

Card magic adalah salah satu jenis sulap yang paling banyak dimainkan dan bisa dimainkan sebagai close-up, stage, maupun mentalism. Sementara itu, koin magic adalah salah satu aliran sulap yang paling simpel, namun efeknya tetap mampu memukau audiens. Bagaimanakah jika card magic dan coin magic digabungkan? Tentunya akan menjadi sebuah routine magic yang sangat menarik untuk disaksikan.

"Slam the Coin" adalah sebuah alat sulap dari toko sulap online Rajasulap (www.rajasulap.com) yang menggabungkan dua unsur, kartu dan koin. Efek yang dihasilkan secara visual sangat luar biasa, bisa menciptakan suatu jenis ilusi di mata para penonton. Gimmick ini bisa anda bawa sebagai street magic, close-up magic, atau sebagai pembuka stage magic anda.



Intinya, anda meletakkan sebuah koin 500 yang terbuat dari logam putih di atas tangan sang sukarelawan. Koin tersebut kemudian anda pukul dengan menggunakan kartu remi. Apa yang terjadi? Ada banyak kemungkinan dan efek yang bisa anda dapatkan :

1. Koin tersebut berubah menjadi sangat kecil
2. Koin tersebut menghilang dari tangan penonton
3. Koin berubah menjadi uang logam 100
4. Koin berubah warna menjadi 500 kuning
5. Koin berubah menjadi mata uang negara lain
6. Koin berubah menjadi kertas bergambarkan uang logam

Semua efek tersebut terjadi tepat di atas tangan penonton, dalam waktu singkat, dan dilengkapi dengan video instruksi berbahasa Indonesia. Selain itu, jika anda membeli gimmick "Slam The Coin", anda juga akan mendapatkan :


- Komplit Gimmick set tinggal main
- VCD tutorial bahasa Indonesia mengenai cara dan variasi permainan ini
- bonus teknik menghilangkan koin

Koin dan kartu adalah kombinasi yang unik dan jarang anda dapatkan di dunia sulap. Gimmick ini bisa memperkuat image dan karakter anda sebagai seorang close-up magician. Informasi lebih lanjut dan cara pemesanan dapat anda temukan di link berikut :

http://rajasulap.com/slam-the-coin.sulap
http://rajasulap.com/
http://rajasulap.com/sulap/money-and-coin-magic

Sejarah Hipnotis

Artikel ini disubmit oleh Paccala, peserta The Festival of Wikumagic


SEJARAH HIPNOSIS


Sejarah hipnosis, berawal dari penggalian budaya masa lalu, baikm itu budaya Yunani, Mesir kuno, maupun budaya yang lain. Fenomena penyembuhan seseorang dengan musik atau mantra tertentu adalah bagian dari fenomena hipnosis. Jika kita menilik lebih jauh, awal mula fenomena hipnosis dan budaya Indonesia pada dasarnya memiliki prinsip yang sama. Budaya kita sangat kaya akan fenomena-fenomena hipnosis dengan segala kekhasan etnik budayanya.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa penggalian keilmiahan h ipnosis Barat ternyata berawal dari pengembangan teknik dan teori fenomena-fenomena hipnosis atau yang disebut dengan "sentuhan Bangsawan" (Royal Touch).


• Bapak hipnosis, yang kali pertama mengembangkan hipnosis adalah Franz Anton Mezmer (1734-1815). Namun, saat itu hipnosis lebih dikenal dengan istilah magnetisme, teknik mdan teori yang dikembangkan pun berbeda dengan hipnosis yang dipelajari saat ini. Ia beranggapan bahwa tubuh surgawi memberi makan tubuh manusia melalui magnet. Ia berkeyakinan bahwa magnet mampu mengobati berbagai penyakit.
Mezmer memulai perjalanannya saat mengamati para rohaniawan Jesiut, Father Hell, di Paris yang berhasil dalam menyembuhkan orang-orang sakit dengan mengetuk pelan sebuah salib besi ke kepala mereka.
Dari hal itu, Mezmer mengembangkan teori Animal Magnetism. Ia percaya bahwa di setiap tubuh manusia terdapat fluidium magnetis. Ketika cairan tersebut mengalir lancar, segala hal di tubuh berlangsung secara sempurna. Tubuh tidak berjalan sempurna karena aliran fluidium magnetis di tubuh terhalang. Mezmer menjalankan lempengan logam melalui tubuh pasien guna melancarkan aliran cairan tersebut.
Ia meminta French Academy of Medicine untuk mempelajari metodenya. Kemudian ditunjuklah The Royal Commision, yang diketuai oleh Benjamin Franklin, untuk melakukan penyalidikan terhadap metode Mezmer.
Namun, komisi tersebut menemukan fakta bahwa ternyata magnet tidak memberikan efek apa pun. Dan menurut komisi tersebut, kesembuhan yang terjadi hanya didasarkan pada imajinasi. Mezmer hanya membangkitkan imajinasi pasien dan membuat pasien tersebut suggestible. Akhirnya Mezmer didiskreditkan pada 1784.


• Marquis de Puysegur (1781-1825) adalah salah seorang pengikut Mezmer. Ketika menerapkan metode yang digunakan Mezmer pada seorang pengembala berusia 24 tahun, ia menemukan suatu fenomena yang tidak diketahui sebelumnya oleh Mezmer. Ia mendapati bahwa subjek yang dipengaruhi magnet tidak hanya mengalami fenomena yang tidak awam, tetapi juga tertidur lelap.
Pada kondisi itu, subjek tidak bisa membuka mata dan berbicara dengan kurang jelas, tetapi bertingkah seolah-olah sadar. Puysegur menyebut kondisi itu sebagai "artificial somnammbulism".

• Sementar itu, Joseph Philipe Francoiz Deleuze (1753-1835) menemukan teori bahwa sugesti yang diberiakn kepada subjek selama dalam kondisi trance terus terbawa hingga saat subjek tersadar.

• Dan yang pertama kali menggunakan kata hipnosis adalah James Braid (1796-1860). Kata hipnosis berasal dari bahasa Yunani, yaitu "hypnos" yang berarti tidur. Kemudian, ia mencoba memberi nama baru yaitu "monodeism". Namun, akhirnya ia menjadi ragu akan teorinya sendiri bahwa hal tersebut salah satu bentuk tidur.

• James Esdaile (1808-1859) adalah seorang dokter bedah yang mempelajari Mezmerism ketika ia berada di India. Kemudian, ia menulis buku Mezmerism in India. Ia menggunakan cara yang mirip dengan Mezmer, yaitu menyapukan tangannya di atas tubuh pasien, dari kepala sampai kaki terus-menerus untuk menginduksi/menghipnosis.
Esdaile bekerja di sebuah penjara di India dan melakukan lebih dari 3000 operasi tanpa menggunakan obat bius. Umumnya, operasi dengan cara itu akan mengakibatkan 50% dari pasien meninggal. Esdaile mel;atih serangkaian metode tertentu kepada para asistennya. Dengan metode tersebut, laju kematian dapat ditekan hingga hanya menjadi 5%.

• Jean Martin Charcot (1852-1893), seorang neurologist di Prancis, memberikan hipnosis pada 12 wanita yang mengalami histeria. Saat hipnosis, para pasien dapat berjalan dan melakukan banyak hal lainnya, tetapi dalam kondisi normal, mereka kelihangan kemampuan tersebut. Chacot menginduksi pasien dengan cara Eye Fixation. Dia juga telah mengkategorikan hypnotic trance ke dalam beberapa level.



Semoga informasi yang saya buat ini dapat menambah wawasan kita semua dalam mempelajari hipnosis.


Riq Paccala



Jika anda menyukai trik ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Prediksi 1071

Trik ini disubmit oleh Firmansah, peserta The Battle of Wikumagic January 2010 kategori Honorable Mentions


Permainan ini saya dapat pada sebuah acara sulap di televisi. Namun rahasia permainan ini saya dapatkan sendiri.

Prediksi 1701

Effect ; Penonton dapat menebak prediksi yang ada pada pesulap.

Persiapan : Tulislah sebuah prediksi pada kertas bertuliskan “1701”

Tiga tumpukan kertas, masing masing tumpukan berisi tiga lembar kertas.
Tumpukan pertama dengan tiga kertas bertuliskan 2, 5, dan 8 pada masing masing kertas.
Tumpukan kedua dengan tiga kertas bertuliskan 4, 6, dan 9 pada masing masing kertas.
Tumpukan ketiga dengan tiga kertas bertuliskan 1, 3 dan 7 pada masing masing kertas.
Papan tulis dan spidol

Permainan :
1. Panggillah tiga orang penonton untuk bermain bersama anda.
2. Katakan pada mereka, “Saya mempunyai sembilan kertas yang masing2 bertuliskan angka yg berbeda-beda dari 1 sampai 9 dan sebuah prediksi”.
3. Lalu katakan lagi “Mengapa saya memanggil anda bertiga untuk bermain bersama saya karena saya lihat anda bertiga mempunyai potensi untuk menjadi seorang mentalis, sekarang ayo kita buktikan”.
4. Taruh prediksi anda di atas meja dan berikan tumpukan kertas pertama untuk orang pertama, tumpukan kertas kedua untuk orang kedua, dan tumpukan kertas ketiga untuk orang ketiga dalam posisi kertas terbalik sehingga angka-angka tidak bisa dilihat oleh penonton lain selain orang yang memegang kertas itu.
5. Perintahkan orang pertama untuk mengeluarkan satu angka diantara tiga angka yang ada, perintahkan hal yang sama kepada orang kedua dan ketiga, Contoh, orang pertama mengeluarkan angka 5, orang kedua mengeluarkan angka 4, dan orang ketiga mengeluarkan angka 1, jadi diperolah angka 541, lalu tulis angka itu di papan tulis yg telah disediakan.
6. Lalu perintahkan lagi ketiga orang itu untuk mengeluarkan satu angka lagi, misal orang pertama mengeluarkan 2, orang kedua 6, dan orang ketiga 7. Tulis angka 267 di bawah angka 541 di papan tulis.
7. Tulis angka sisa yg ada pda penonton dalam hal ini, 893, dan tulis di papan tulis di bawah angka 267.
8. Lalu jumlahkan angka yg ada di papan tulis. 541 + 267 + 893 = 1701
9. Lalu buka prediksi anda dan katakan pada mereka “ Jadi, dlm hdup kta hrus saling membantu dan bekerja sama, coba tadi yang membantu saya hanya satu orang saja, pasti permainan ini tidak akan bisa berjalan, karena kita hanya manusia biasa yang selalu membutuhkan orang lain dalam kehidupan kita.

Biodata singkat
Nama : Firmansah
Status : Pelajar
TTL : Samarinda, 25 Okt 1994


Jika anda menyukai trik ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

MY MIRACLE EXPERIENCE WITH MAGIC

Artikel ini disubmit oleh Michael Setiawan, peserta The Festival of Wikumagic


Sebelum bercerita panjang lebar tentang pengalaman saya dengan dunia suulap,sebaiknya kita berkenalan dahulu,karena ada peribahasa di Indonesia yang mengatakan : “Jika tak kenal maka tak sayang”.

Nama saya Michael Setiawan,mungkin dari antara anda ada yang merasa pernah mendengar nama saya?Ya mungkin anda pernah melihat dan membaca nama saya di ebook yang dibuat sendiri oleh Wiku Pulangasih yang berjudul The Secret of Online Magician,disana nama saya ditulis oleh Wiku Pulangasih.Suatu kehormatan bagi saya,karena Wiku mencantumkan nama saya di ebook karyanya.Umur saya masih terbilang cukup muda,masih 16 tahun.Saya sudah menggeluti dunia sulap ini sejak 1,5 tahun yang lalu dan masih bisa disebut sebagai pemula.

Awal mula saya menggeluti dunia sulap ini hanya didasari karena iseng memanfaatkan internet,lalu saya mulai belajar sedikit sulap dari beberapa website,salah satunya Wikumagic.Saat acara The Master mulai booming,saya mulai bertekad untuk serius dalam bidang ini,dan mulai memperdalam sulap klasik.Keluarga saya tidak mendukung saya untuk terjun dalam dunia sulap,karena mereka memandang dunia sulap adalah dunia yang suram dan tidak punya masa depan,orang tua saya menyebut sulap adalah pekerjaan orang yang tidak memiliki pendidikan,sehingga mereka menemukan pelarian mereka di dunia sulap.Tapi itu semua tidak membuat saya gentar,mundur,apalagi takut untuk terjun ke d unia sulap.Saya memiliki paradigma cara berpikir yang berbeda dari mereka,saya memiliki pandangan bahwa sulap adalah seni,sama halnya dengan seni musik,seni tari,seni gambar,dan seni-seni yang lainnya;dan saya merasa terpanggil untuk menekuni dunia sulap ini.

Untuk membuktikan pada keluarga saya bahwa sulap ini mendatangkan manfaat,saya harus meninggalkan sulap klasik dan mlai mempelajari vedic math secara otodidak,vedic math adalah sejenis mathemagic,namun vedic math lebih mengutamakan kecepatan kita dalam berhitung.Setelah saya sudah mulai menguasai vedic math,saya-pun menunjukkan kemahiran saya dalam mengolah angka-angka tersebut di depan keluarga.Berkat vedic math inilah,keluarga saya mulai mebuka hati pada dunia sulap.Tapi perjalan saya tidak berhenti sampai disini saja,setelah menguasai vedic math tingkat awalan,saya berhenti untuk memperdalam bidang ini.Dan saya mulai tertarik pada seni mentalism,saya mulai belajar dasar-dasar mentalism dari internet dan Fabian (Peserta The Master 3).Masih teringat betul dalam otak saya,salah satu dasar yang paling saya gemari,forcing card and prediction,saking geamrnya daya,siapa saja yang saya ajak untuk bermain,selalu saya suguhkan permainan forcing card and prediction.

Setelah sekian lama menekuni seni mentalism,saya bertemu dengan seorang sahabat dalam dunia sulap saya,yang sekarang ini menjadi partner saya dalam dunia sulap.Saya banyak belajar dari dia,baik dari trik hingga lain-lain di atas panggung.Sampai akhirnya,kami memutuskan untuk mendirikan sebuah toko sulap by order di Surabaya,kami juga membuka kursus sulap sebagai modal kami memulai usaha.Dan akhirnya,kami berhasil mendirikan toko sulap rumahan di Surabaya sampai sekarang.

Beberapa minggu setelah saya bertemu dengan teman saya tersebut dan mulai menjalin hubungan kerja sama,saya diminta oleh saudara saya di Bandung untuk bermain di acara pernikahannya.Saat disodori tawaran tersebut,saya sangat senang dan sangat bersemangat.Saat itu,saya memainkan permainan mentalism mirip seperti yang dilakukan Angelina Zhi di Duel Reunion Season 1 VS Season 3.Setelah saya selesai bermain di acara tersebut,saya makin bersemangat dan semakin getol mempelajari dunia sulap.

Saya kembali lagi menghubungi Fabian (peserta The Master 3),dan memintanya untuk mebimbing saya lebih dalam lagi.Kali ini,saya mendapatkan pelajaran di luar trik sulap,tapi lebih ke hal-hal di atas dan di luar panggung.Dan menurut saya,pelajaran inilah yang tersulit,tapi paling berharga bagi saya.Saya juga terus menimba ilmu dari partner saya,dan kami selalu sharing tentang pengalaman kami berdua.Setelah mulai menguasai seni mentalism ini,saya mulai bertolak ke sulap klasik lagi,saya merasa tertantang untuk menekuni sulap klasik ini hingga sekarang.Dalam menekuni seni mentalism dan sulap klasik,saya banyak medapat cemoohan dar teman-teman dekat saya dan orang lain,tapi saya selalu memegang prinsip “Mendengarkan ocehan orang yang tidak mengerti apa-apa tentang sulap,sama saja saya membuang waktu saya bagi orang yang tidak menghargai pengetahuan dan seni.”

Dan,inilah pengalaman saya yang paling saya banggakan hingga hari ini.Beberapa minggu yang lalu,saya mendapat kesempatan untuk berlibur ke negara tetangga,Singapura.Awalnya,tujuan saya hanya sekedar berlibur bersama keluarga,tetapi sesampainya disana,saya melihat seorang pesulap close up sedang memainkan beberapa sulap kartu dan memainkan sulap cups and balls.Setelah pesulap tersebut mengakhiri permainannya,sayacoba untuk dekati dan mulai memperkenalkan diri saya,tak disangka,pesulap tersebut menyambut saya dengan baik,dan memberikan kesempatan untuk saya memainkan beberapa permainan sulap.Dan dari sana,saya dikenalkan oleh beberapa pesulap lainnya,dan mereka semua manyambut saya dengan baik dan antusias.Di sana,saya belajar lebih banyak lagi tentang karakter dalam dunia sulap,moving dalam dunia sulap,dan sebagainya.Saya merasa bangga dan senang bisa bertemu,berkenalan,sharing,dan belajar banyak hal dari mereka.

Itulah pengalaman saya selama 1,5 tahun menggeluti dunia sulap.Suka-duka selama menekuni pekerjaan misteri ini,saya lalui dengan tegar dan penuh senyuman.Pengalaman saya ini,saya bagikan pada anda semua,bukan bermaksud untuk menyombongkan diri pada anda semua,tetapi saya memberi support pada anda semua,saya berawal dari anak yang gagal dalam studi saya,saya juga bukan seorang anak yang juara dalam tiap bidang yang saya tekuni,saya juga bukanlah orang yang bisa dibanggakan oleh orang lain,tapi dari sini,saya bisa membuktikan bahwa tidak selamanya orang yang gagal,kalah,dan mengecewakan adalah seorang pengecut dan orang yang menyerah pada keadaan.Saya ingin buktikan bahwa,saya bisa merubah hidup saya dan merubah dunia ini.Sebuah impian yang konyol di mata orang lain,tapi seperempat cita-cita saya,sudah berhasil saya buktikan pada orang-orang di sekitar saya.

Pesan saya pada anda lewat cerita ini hanya ada satu, “Jika anda cinta pada bidang ini,tekuni terus.Selalu lihat ada cahaya terang di ujung sana ,raihlah dan buktikan bahwa anda seorang yang berhasil dari bidang yang dianggap bidangnya orang gila ini.”Semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi anda semua.Terima kasih.

Magically Regards

Michael Setiawan

Jika anda menyukai trik ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Apakah Anda Berbohong ?



Apakah Anda Berbohong ?


Trik sulap ini pernah dimainkan oleh salah seorang mentalist besar Indonesia yaitu Deddy Corbuzier. Permainan ini bisa dikategorikan street magic atau dapat dilakukan di atas stage dengan kategori math’s logic mentalistm. Ternyata setelah diperhatikan secara seksama, permainan ini hanya sebuah permainan logika sederhana, tetapi dapat menimbulkan tepuk tangan meriah dari penonton .


Effect :
Anda dapat menebak dimana cincin yang dipegang/disembunyikan oleh dua orang penonton yang terlebih dahulu memilih sifat bohong atau jujur.


Alat :
- Cincin


Performance :


1. Pertama, anda memanggil dua orang penonton atau dua orang yang Anda ditemui di jalan.

2. Kemudian, katakan bahwa Anda akan memberikan sebuah cincin kepada mereka dan terserah siapa yang akan memegangnya. Katakan pula bahwa mereka dapat memilih sifat jujur atau bohong tanpa sepengetahuan Anda dan mereka dapat saling berdiskusi sebelumnya agar saling mengetahui satu sama lain tentang sifat yang mereka pilih.

3. Setelah mereka berdiskusi , panggil orang pertama dan tanyakan kepadanya “ Apakah anda memiliki sifat yang sama ?” misalkan orang pertama mengatakan “Tidak sama”. Setelah itu bertanyalah pada orang kedua “Apakah Anda yang memegang cincinnya ?” Misalkan orang kedua mengatakan “Tidak”. Dengan sedikit berakting, Anda melihat kedua bola matanya dengan seksama dan gerak-gerik tubuhnya. Kemudian dengan senyuman Anda berkata “Saya tahu Anda berbohong, ayo berikan cincinnya”. Dan setelah itu nikmatilah tepuk tangan penonton orang di sekitar anda.

4. Sebagai tambahan di akhir pertunjukan, katakan bahwa memang setiap orang dapat berbohong tetapi hati nurani mereka tidak dapat berbohong karena hal tersebut dapat tergambar dari tingkah laku mereka.


Rahasia :

Sebenarnya ini cuma permainan logika matematika biasa. Memang ketika melihat secara sepintas pasti akan terlihat bahwa dengan kemampuan mentalistm, kita dapat mengatahui apakah orang tersebut berbohong atau tidak. Caranya sangat mudah.
Pada contoh di atas, orang pertama menjawab “tidak sama”. Jika dia menjawab seperti itu maka otomatis orang kedua pasti memilih sifat bohong, walaupun orang pertama memilih sifat jujur atau sifat bohong. Logikanya seperti ini, jika orang pertama menjawab “tidak sama”, dan memilih sifat jujur berarti orang kedua memilih sifat bohong karena dia telah berkata jujur bahwa sifat mereka tidak sama. Jika orang pertama memilih sifat bohong berarti orang kedua pasti memilih sifat bohong karena dia telah berbohong bahwa mereka berdua memiliki sifat yang sama, yaitu “bohong”. Sama halnya ketika orang pertama menjawab “sama”. Untuk lebih mudahnya perhatikan tabel berikut :



Makna permainan :

Setiap orang ketika menghadapi suatu hal, maka mereka bisa saja memilih apakah mereka ingin berlaku jujur atau berbohong. Tetapi hati nurani ini tidak akan bisa membohongi diri kita sendiri karena hati nurani ini akan selalu berkata jujur. Oleh karena itu biasakanlah berkata jujur, karena sepandai-pandainya orang berbohong pasti akan terbongkar sebab hal tersebut akan terlihat dari tingkah laku kita.
Selamat mencoba........


Biodata
Nama : Azwar Sutiono
Umur : 18 tahun
Alirian : Mentalistm, Cardician


Jika anda menyukai trik ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Aku Pesulap Bukan Pembohong (Cerpen)

Artikel ini disubmit oleh Hilman Rustandi, peserta The Festival of Wikumagic

Cerpen :

AKU PESULAP DAN AKU BUKAN PEMBOHONG…!




Pagi ini begitu indah dikala ku menatap merahnya mentari yang baru muncul di upuk timur, seakan hangatnya membawa pertanda akan hadirnya semangat baru.
Aku adalah Zakaria salah satu siswa SMKN 1 Cipanas, rencananya hari ini teman-teman ku alumni SMP akan berkumpul dan mengadakan reuni kecil dan yang pasti akan sangat seru!
“Van, kenapa yang lainnya belum datang padahal sudah jam sembilan kan?!” tanyaku.
“yah maklum lah mereka datangnya jam sembilan waktu Indonesia bagian ngaret” guyon irfan padaku.


Setalah beberapa saat kemudian mereka datang satu persatu yang akhirnya genap menjadi sepuluh orang. Rasanya kamar irfan yang luas pun, sekarang menjadi sempit karena sapi telah berkumpul ( sapi adalah nama kelompok belajar kami waktu SMP).
“jack, liat nih…?” dengan bangganya dika temanku yang datang dari Bandung mulai menunjukan sebuah trik sulap padaku.


“wah, gimana tuh?!” Tanyaku heran meski permainannya sederhana yakni menghilangkan selembar kartu dari tangan, tetapi tetap saja bisa membuatku sedikit terperangah dan heran.
Hari berganti pertemuan itu pun menjadi titik awal pencarianku dalam dunia sulap. Trik sederhana yang diperlihatkan dika waktu itu menjadi pemicu bagiku mencari trik baru lagi…


Pencarian itu mempertemukanku pada sebuah blog di internet, yaitu wikumagic.blogspot.com meski ada juga buku sulap dan video sulap tapi tetap saja belum cukup, karena menurutku bukan cuma trik yang paling penting tapi juga pengetahuan dan komunitas sulap agar selalu update dan tak salah lagi blog itu jelas membantuku.


Perlahan seiring berjalannya waktu aku pun mulai berani menampilkan permainanku pada orang-orang disekiar ku, semangat dan keberanian itu muncul dari banyak factor yang saat itu sangat dahsyat karena saat itu di TV ada acara sulap yang meraup rating tinggi dan sedikit banyak memotivasi aku yang amatir ini.


Begitu hebat acara itu hingga di Indonesia ini seni sulap menjadi sangat popular, aku yang mantan ketua OSIS ini berinisiatif untuk mendirikan ekskul sulap bersama sahabatku Azi doni, karena kami adalah propokator kegiatan artinya kami adalah pengumpul masa, pengalamanku dibidang organisasi jelas membantuku untuk memulai ini.


Tapi ternyata tidak mudah, meski aku adalah angkatan pertama di sekolah yang bisa dikatakan baru ini, ekskul tersebut banyak yang mengartikan sebelah mata, karena dianggap hanya membohongi public, bahkan ada orang tua murid yang melarang karena menurutnya sulap berhubungan dengan supranatural.


Cemooh dan ejekan datang dari berbagai pihak, jelas aku ingin tegar tuk berdiri meski rasanya pundak ini terlalu berat. Usaha kami ini banyak mendapatkan benturan mulai dari Pembina seni yang acuh tak acuh, sampai kesiswaan yang otoriter.


Tugasku semakin berat, tapi aku pun mulai berpromosi lagi dengan cara menunjukan kemampuanku yang minim ini pada orang lain. Tapi ternyata ketika penampilanku yang kesekian triknya ketahuan dan permainanku gagal, meski cuman sekali jelas itu membuatku depresi yang akhirnya menyebabkan kegagalanku pada penampilan-penampilanku yang selanjutnya, aku merasa tidak mematuhi kode etik untuk mempelajari sulap, aku merasa malu dan nyali ku mulai menciut.


Mulai saat itu julukan pembohong padaku dan teman-teman pesulapku mulai meradang, tapi saat itulah entah ada angin dari mana?, entah ada apa? Mereka yang mempuyai bakat sulap, kemauan serta dedikasi yang baik dalam bidang ini bermunculan dan menyatakan untuk merapat berjuang bersamaku dan temanku Azi doni. Meski mereka masih kelas satu di SMKN 1 Cipanas, tapi mereka hebat, mereka mulai membakar aku yang sebelumnya telah benar-benar berada didasar.


Aku merasa ada wadah dan harapan baru bagi kami untuk mengembangkan potensi kami dibidang ini, perlahan mulai kutepis julukan pembohong itu dan perlahan tetapi pasti ku tegaskan sulap bukanlah seni berbohong tapi sulap adalah seni pertunjukan yang bertujuan menghibur dan memotivasi.


Ada kebaikan dalam sulap, ada pelajaran yang ditanamkan dalam seni sulap, kubelajar tuk pahami, kubelajar tuk mengerti, meski aku belum yakin dengan itu.


Saat aku bisa merubah kartu dan kartu itu benar-benar bisa kurubah meski itu hanya menggunakan trik, tapi kartu itu benar-benar bisa kurubah. Aku bisa memprediksi dan memang bisa memprediksi meski itu adalah trik permainan sulap, jadi aku jujur kan?!


Seiring berjalannya waktu akhirnya usaha keras kami mulai mendapatkan harapan dan hasil. Banyak yang mendukung meski tak sedikit juga yang tidak , tapi berkat kerja mati-matian kami untuk tampil keseluruh guru-guru dan orang-orang yang berpengaruh disekolah akhirnya proposal kami mulai diterima, pengajuan kami mulai disetujui, kami pun mulai bergabung bersama ekskul teater meski jadwal latihan berbeda tapi kami tetap ekskul seni disekolah ini, kami pun mulai menamakan diri kami sebagai “OUR MIRACLE” teater sulap. Kini Pembina seni kami pun mulai hangat, kurikulum pun mulai semangat dan guru-guru yang lain pun mulai tersenyum indah pada kami, jelas itu merupakan suatu kebanggan dan kepuasan tersendiri, ini bukan mimpi! Apa yang sebelumnya tak terbayangkan untuk mendirikan perkumpulan ini tetapi saat ini, itu semua menjadi benar-benar nyata.

“don, apa pendapatmu tentang ini? “tanyaku pada Azi doni
“it`s miracle …” jawabnya singkat padat
Setelah semua mulai membaik dan mendekati sempurna munculah cobaan baru, kami dalam hal ini aku, dan Azi doni harus focus mempersiapkan diri untuk menghadapi UAN (Ujian Akhir Nasional) karena kami sudah kelas tiga …


Kami berpikir kelas satu belum bisa dilepas sebab pengalaman mereka dalam management dan organisasi masih sangat minim bahkan mengingat sekolah kami yang tergolong baru serta permasalahan yang pelik datang tak kenal ampun kesekolah kami ini, ini jelas membuat kami merasa berada diujung tanduk.


Cobaan ini berat , dinding ini terlalu tebal untuk dihantam kami, menguras pikiran dan fisik yang sudah lelah. Kami tak tau lagi harus apa dan bagaimana untuk bertahan?
Saat itulah muncul bantuan yang tak diduga , sungguh aku sangat bersyukur kepada Allah SWT, kegelisahanku sedikit akan tertutupi karena bermunculannya anak-anak siswa kelas dua yang siap bergabung bersama kami, bahkan yang tidak terduga adalah sang ketua OSIS mau merapat dan menyingsingkan lengan baju mau membantu kami meski dikala kesibukan dan terlepas dari masalahnya sendiri, ia dengan rela mau turun tangan dan membantu kami namanya adalah Defa. Saatku kutanyakan padanya.
“apa kau siap …?” belum usai kalimatku Defa langsung menjawab
“kita siap berlayar kapten …!” jawabnya dengan makna kias dan nada semangat
Dan yang paling menggumkan adalah siswa kelas dua yang lainnya pun tak bisa dianggap remeh, mereka punya spirit yang dahsyat dan tangguh, mereka mau melakukan street magic didepan orang yang tak dikenal bahkan tak jarang tepuk tangan meriah hadir disekitarnya.


Aku berharap aku tetap bisa bernafas lepas dan tak sesak, sungguh it`s a miracle …, mungkin untuk sebagian orang sulap adalah kebohongan tapi bagiku sulap adalah hal yang nyata dan kejujuran yang datang dari hati untuk menghibur dan peduli kepada orang-orang banyak disekitarnya.
Sekian …!

Cerpen ini saya adapatasi dari sebuah kisah nyata …
Biodata singkat penulis :

Nama : Hilman Rustandi
Alamat : Pasir Kampung, Ds Sukatani, RT 03 RW 01 Cipanas-Cianjur
TTL : Cianjur, 29 Desember 1991
Status : Pelajar

Jika anda menyukai trik ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Tantangan Magic Square 5x5

Trik ini disubmit oleh Yana Tri Wardana, peserta The Battle of Wikumagic January 2010 kategori Second Division
-->
Tantangan Magic Square 5x5 Yana
Sumber : Ini adalah salah satu pengembangan Magic Square-nya Joe Sandy( 4x4). Yaitu Magic Square 5x5. Saya menemukan rumus magic square ini murni otodidak selama 4 bulan lebih, walaupun belakangan di internet pun saya menemukan juga magic square 5x5 dengan rumus berbeda. Intinya sepengetahuan saya Magic Square ini ada dalam bukunya Martin Gardner sang Mathemagicians yang ditulis puluhan tahun yang lalu. Memang sedikit aneh seorang master Joe’ tidak pernah memainkannya di TV. Apakah dia’ belum tahu atau ada alasan lain?
Sebenarnya ini adalah trik mathemagics yang paling saya kuasai, karena hampir tiap minggu saya bermain, tapi demi kemajuan sulap Indonesia saya akn membagikannya gratis. Ingat kode etik saja.
Effect :
Aturan main Magic Square 5x5 hampir sama dengan Magic Square 4x4, namun ada sedikit penambahan perhitungan dan membuatnya menjadi lebih unik. Yaitu;
-Jika dijumlahkan secara horizontal ke-5 barisnya akan memiliki jumlah yang sama.
-Jika dijumlahkan secara vertikal ke-5 kolomnya akan memiliki jumlah yang sama juga.
-Jika dijumlahkan ke-2 diagonalnya akan memiliki jumlah yang sama juga seperti penjumlahan secara horizontal dan vertikal.
Plusnya :
-Jika dijumlahkan ke-4 kotak dipojok ditambah satu kotak dipusat pun akan memiliki jumlah yang sama seperti perhitungan sebelumnya.
-Jika dijumlahkan ke-5 kotak ditengah yang membentuk tanda + pun akan menghasilkan penjumlahan yang sama.
-Jika dijumlahkan ke-5 kotak ditengah yang membentuk tanda X pun lagi-lagi menghasilkan jumlah yang sama.
-Dan uniknya jika kita menambahkan pada lima kotak (kotak-kotak yang membentuk + dan X) yang mana saja selain ditengah, pun akan tetap sama hasilnya. Mungkin anda belum mengerti, dibawah akan saya jelaskan apa itu bentuk X dan bentuk +
Persiapan :
-Untuk Magician : Menghafal rumus Magic Square 5x5 juga bisa menghitung cepat (yang masih lambat bisa dilatih/ karena tidak ada kata terlambat), Kertas polos untuk digambar kotak 5 baris 5 kolom ( Magic Square5x5)
-Untuk Penonton : Pulpen/ spidol, dan alat bantu hitung (kalkulator, dsb).
Maka Rumusnya Adalah : Ada 2 Rumus
Rumus Magic Square 5x5 Baku

Rumus Magic Square 5x5 Dengan Menghafal Angka

Kita kosongkan 1 kotak (misal kotak E/ angka rahasia), kotak E ini paling mudah karena kita hanya menambah angkanya. Kotak yang lain pun bisa tapi campuran + dan -. Jadi, kita cukup menghafal angka
Baris 1 = 4, 21, 14, 10, angka rahasia (E),
Baris 2 = 16, 7, angka rahasia (E) + 2, 6, 18,
Baris 3 = angka rahasia (E) + 4, dengan melihat baris pertama, 3, 20, 13, 9,
Baris 4 = 17, 15, 11, angka rahasia (E) + 1, dari baris pertama, 5,
Baris 5 = 8, angka rahasia (E) + 3, dari baris pertama.
Jadi rumus ini berlaku untuk angka 49 keatas (4 + 21 + 14 + 10 = 49), sampai angka berapapun bisa asalkan yg diisi kotak E’-nya. Jika mau mengambil kotak yang lain (A, B, C, D) sebagai acuan, bisa saja tetapi rumus akan berubah.
Prosedur :
Contoh; jika angka yang dihasilkan dari campuran berbagai macam angka penonton = 74 maka angka rahasia = 74 – 49 = 25, angka yang dimasukan menjadi (4, 21, 14, 10, 25) 25 ini adalah angka rahasia yang menjadi acuan untuk mengisi baris selanjutnya.
*Catatan : untuk memulai permainan total angka penonton harus diatas 49, kalau tidak akan ada hasil minus.
Maka setelah dihitung akan muncul angka-angka sebagai berikut :
Jika garis kuning kita hitung (secara vertikal) maka jumlahnya akan 74, begitupun kolom-kolom/ vertikal selanjutnya akan sama 74.
Jika garis kuning kita hitung (secara hoprizontal) maka jumlahnya akan 74, begitupun baris-baris/ vertikal selanjutnya kan sama 74.

Jika dijumlahkan kelima kotak di tiap diagonal maka akan menghasilkan jumlah yang sama = 74


Ini maksud saya dengan tanda X dan +
‘Tanda X

Jika anda menjumlahkan kelima kotak yang terkena garis hijau maka akan menghasilkan angka yang sama 74
‘Tanda +

Jika anda menjumlahkan kelima kotak yang terkena garis merah maka akan menghasilkan angka yang sama.74
Bonus tambahan kelebihan dari Magic Square 5x5
Jika anda menjumlahkan lingkaran yanmg berwarna merah, anda pun akan mendapat angka 74, dan sekilas juga membentuk tanda +.

Jika anda menjumlahkan lingkaran yanmg berwarna merah, anda pun akan mendapat angka 74, dan sekilas juga membentuk tanda X.

Tanda ‘+ lain dan Tanda ‘X lain yang menghasilkan bilangan 74

Initnya ada 32 perhitungan berbeda yang akan menghasilkan jumlah 74 jika mengikuti aturan diatas.
Kesimpulan : Seperti kutipan dari ‘Joe Sandy ‘ di THE MASTER season 1 saat memainkan Magic Square 4x4, kurang lebih begini bunyinya ‘jika kita mampu menggabungkan kekuatan otak kiri, otak kanan, otak besar, otak kecil dan otak tidak waras kita maka kita mampu untuk mengisi magic square 4x4 yang saya lakukan barusan’, maka pesan tambahannya adalah dalam magic square 5x5 ini pikiran positiflah (tanda + ) yang membentuk pikiran positif sehingga mampu membantu menyeimbangkan angka- angka dalam 25 kotak ini sehingga bisa memiliki jumlah yang sama , walaupun ada juga tanda ‘X’/ miring, tapi jika kita melihatnya dari sisi lain (miring) maka ia akan tetap menjadi terlihat +, ‘maka berpikirlah positif disetiap kejadian yang kita lihat agar kita bisa mendapatkan pelajaran yang berharga darinya demi kesuksesan dimasa depan.
Dapatkan Trik Sulap Gratis Berikut ini :