New Wikumagic

Segera hadir, "New Wikumagic". Berikan saran, pesan, dan harapan anda seputar blog New Wikumagic dan dapatkan hadiah ebook sulap gratis.

Pengumuman Final WIMC Season 2

Pengumuman Final Wikumagic : Indonesian Magic Competition Season 2. Siapakah juara di kompetisi ini? Simak juga komentar detail dari tim juri.

Pengumuman Wikumagic : Magic on The Street

Berikut adalah hasil mini contest : Wikumagic on The Street. Siapakah kontestan dengan foto street magic terbaik?

Artikel Menarik Lainnya

Damn! I Dropped the Cards (Renungan Dalam Mempelajari Card Flourish)

Artikel ini saya tulis karena saya terinspirasi oleh dua kawan saya di Facebook, Michael Setiawan dan Fransisca Adis Religita. Michael berniat untuk membawa flourish sebagai salah satu aliran magic yang bisa dipentaskan di Indonesia. Sedangkan Fransisca menulis status Facebook berikut :

"cara belajar saya: mata tertuju pada diktat dan membaca, tangan di bawah meja memegang deck dan bergerak...alias nyolong2 latihan flourish *gila, nekat!*"

Status tersebut mengingatkan saya saat pertama kali mempelajari Extreme Card Manipulation. Kurang lebih, saya melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan oleh Fransisca; membawa kartu ke manapun, memainkannya kapanpun di manapun, di ruang praktikum, di dalam kelas (jangan ditiru ya ^^), di dapur, di rumah teman, bahkan tempat tidur saya tertutup oleh kartu-kartu yang tersebar di atasnya. Apa yang ingin saya sampaikan dalam proses saya berlatih flourish? Hanya satu kalimat : Jangan pernah putus asa

Flourish, terutama Extreme Card Manipulation adalah salah satu seni magic yang paling sulit dipelajari. Aliran sulap ini sepenuhnya mengandalkan keterampilan tangan dalam memainkan kartu. Tak terhitung berapa kali saya melakukan kegagalan saat mempelajari gerakan "Sybil" untuk pertama kalinya. Setiap kali mencapai tahap tertentu, ada saja kartu yang terlepas dari genggaman saya dan jatuh ke lantai. Saya terus mengulang dan mengulang gerakan yang sama, namun kartu-kartu itu tetap jatuh dari tangan saya. Saat itu, saya sudah hampir menyerah untuk mendalami Extreme Card Manipulation. Apa yang kemudian saya lakukan? Saya pun mencoba mencari trik bagaimana para master manipulator kartu seperti Daniel Madison dan Buck bersaudara, dan berapa keras usaha yang diperlukan untuk mencapai level seperti video di bawah ini :.



Berdasarkan riset, saya cukup terkejut ketika mengetahui bahwa tidak ada trik instant untuk mempermudah kita dalam menguasai flourish. Bahkan para master flourish tersebut hanya melakukan satu hal : LATIHAN. Berikut adalah kutipan dari wawancara dengan para master card manipulator yang membuat saya cukup tersadar :


Question: How many hours a day do you spend practicing?
Dalam satu hari, berapa waktu yang anda habiskan untuk melatih magic anda (flourish)?

Dan Buck: In high school probably eight to ten hours. That’s eight hours non-stop practicing. These days I'm lucky to get in two hours but I don’t think it matters as I’m ALWAYS holding a deck of cards.
Saat saya masih di SMA, mungkin saya menghabiskan 8 sampai 10 jam untuk berlatih. Itu benar-benar 8 jam latihan non-stop. Saat ini, saya cukup beruntung karena saya hanya menghabiskan dua jam untuk berlatih, tapi saya SELALU memegang satu pak kartu ke manapun saya pergi.

Hal itu menunjukkan bahwa untuk mencapai level seperti saat ini, Dan & Dave Buck menghabiskan 8 hingga 10 jam dalam sehari untuk berlatih flourish. Saya pun tersadar, bahwa flourish memang bukan jenis magic yang bisa dipelajari dalam waktu singkat, atau hanya dengan menonton video dan membaca teori. Intinya hanya satu : LATIHAN

Sometimes, I even can't explain how I did those moves. It just a result of practice.

Kadang-kadang, saya bahkan tidak bisa menjelaskan bagaimana saya melakukan gerakan tertentu. Itu semata-mata adalah hasil dari latihan.
(Daniel Madison, dalam DVD "Motion")

Dari kedua kutipan tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa kita harus memiliki mental baja dalam mempelajari flourish (khususnya Extreme Card Manipulation). Jangan merasa gagal jika anda terus menerus menjatuhkan kartu anda. Jika anda belum bisa menguasai suatu gerakan dalam satu jam, artinya anda perlu berlatih dua jam. Jika dalam dua jam anda masih gagal, artinya diperlukan tiga jam latihan, dan seterusnya. Intinya hanya satu, practice, practice, dan practice. Bahkan seseorang yang sudah sangat ahli seperti Daniel Madison pun masih bisa menjatuhkan kartu-kartunya saat memainkan flourish, seperti yang bisa anda lihat dalam video berikut :



Nah, untuk mempermudah anda dalam berlatih flourish, ada tips-tips yang harus diperhatikan sebagai berikut :

1. Cari video tutorial yang bagus. Cari tutorial yang mengajarkan flourish dari sudut pandang performer (shoot kamera dari belakang punggung). Saya merekomendasikan DVD Xtreme Begineerz (De'vo) dan "Dangerous : Motion" (Daniel Madison).

2. Gunakan kartu yang terbaik. Kualitas kartu minimal Bicycle Card. Akan lebih baik jika anda bisa mendapatkan kartu Tally-Ho atau Smoke & Mirror. Pastikan kartu dalam kondisi terbaik, tidak terlipat-lipat, basah, atau kotor. Berlatih dengan kartu yang tidak layak hanya akan membuat anda stress karena gerakan flourish tidak bisa dilakukan dengan optimal.

3. Jangan berpikir tentang seberapa cepat anda bisa melakukan flourish, tapi berpikirlah seberapa lancar anda melakukannya. Usahakan untuk lancar dulu, baru berpikir untuk meningkatkan kecepatan.

4. Pada tahap awal, jangan berlatih di depan cermin. Jika anda terbiasa berlatih di depan cermin, anda akan selalu melihat ke pantulan bayangan anda di cermin. Padahal, saat perform, tidak akan ada cermin di hadapan anda. Ketika pantulan bayangan anda tidak ada, anda akan merasa bingung dan canggung dalam memainkan kartu. Oleh karena itu, saat berlatih, tataplah jari-jari anda. Berlatihlah dalam posisi berdiri, karena melakukan flourish dalam posisi berdiri dan duduk sangat berbeda (terutama untuk Extreme Card Manipulation). Gunakan cermin saat anda sudah benar-benar menguasai gerakan tersebut, hanya untuk melihat sudut pandang terbaik yang harus anda tampilkan di depan penonton.

5. Latihan, latihan, dan latihan. Sudah sangat jelas, dan tidak bisa diperdebatkan.

Well, itu adalah sedikit renungan untuk anda yang sedang atau ingin mendalami flourish dalam card magic. Semoga bermanfaat, dan keep doing magic!


Hyderabad, May 31st 00:58 AM
Magically Regards,
Wiku Pulangasih
The Online Magician

Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Water from Magazine




Trik ini disubmit oleh Faizal Rizky, peserta The Battle of Wikumagic April 2010 kategori Second Division

 
Water From Magazine

Trik ini bersumber dari: pengembangan trik "Vanishing Water" di blog wikumagic dan sedikit pengembangan lagi agar trik ini sempurna. klik ini untuk trik vanishing water
http://wikumagic.blogspot.com/2009/12/vanishing-water.html

Diskripsi: Pesulap membawa sebuah gelas. Kemudian, gelas tersebut diisi dengan sedikit air. Pesulap kemudian membalik dan menumpahkan isi gelasnya. Ajaibnya, airnya hilang ntah kemana. Setelah itu, pesulap mengambil sebuah majalah, dan majalah tersebut diperiksa, setelah diperiksa dan majalah tersebut benar-benar kosong, pesulap menggulung majalah tersebut dan lubang ujungnya diarahkan ke gelas, dan anehnya muncul air dari gulungan majalah tersebut..... benar-benar killer

Yang harus disiapkan:
1. Gelas putih (jangan bening)
2. Pembalut wanita paling ampuh (sayang saya tidak tahu merknya)
3. Plastik klip (yang biasa dipakai untuk membungkus obat-obatan, bisa dibeli di apotik, puskesmas, dll.). lihat gambar:


Gambar diambil dari
http://bagasdharmasetyanto.blogdetik.com
4. Sebuah majalah
5. Air

Trik dan Permainan:

1. Tempelkan pembalut wanita pada gelas yang telah anda siapkan. Cara menempelkannya, tempelkan pembalut tersebut ke dasar gelas.
2. Siapkan plastik klip dan tempelkan pada bagian kiri halaman tengah majalah. lihat gambar:


Gambar diambil dari
http://bagasdharmasetyanto.blogdetik.com

3. Rekatkan dengan isolasi bagian sisi - sisinya kecuali yang atas (bagian mulutnya).
4. Buka sedikit bagian mulut plastik dan kemudian rekatkan lagi dengan isolasi. lihat gambar:


5. Buka mulut plastik klip, dan isi plastik klip dengan sedikit air putih (secukupnya), setelah itu rekatkan kembali mulut plastik klip.

6. Bawa semua peralatan yang anda telah persiapkan sebelumnya, yaitu majalah dan gelas. Setelah itu, carilah orang yang membawa minuman air putih dijalanan

7. Temui penonton dan tunjukkan bahwa gelas kosong (terlihat kosong karena pembalut tersamar warna gelas).

8. pinjamlah minuman milik orang tersebut, dan tuangkan air secukupnya(sesuai kapasitas pembalut) ke dalam gelas yang telah anda persiapkan sebelumnya.

9. Balikkan gelasnya dan penonton mengira airnya hilang, karena airnya telah menempel pada dasar gelas yang anda bawa. Penonton mulai bingung dan heran, dan pasti akan penasaran pada aksi anda selanjutnya.

10. Ambil majalah yang telah anda persiapkan sebelumnya, dan perlihatkan bahwa majalahnya kosong (buka satu per satu halaman majalah, kemudian saat sampai halaman tengah langsung lewati saja dan jangan sampai anda membuakanya, kemudian lanjutkan sampai halaman akhir).

11. Buatlah majalah anda menyerupai corong, dan bersamaan saat anda membuat majalah anda menyerupai seperti corong, anda buka perekat pada mulut palstik klip. lihat gambar:


12. sebelum anda menuangkan air pada gelas, anda bercerita sedikit pada penonton, "Air adalah kebutuhan hidup kita yang utama, bila di dunia ini tidak ada air, semua makhluk hidup pasti akan punah. Jadi, kita jangan membuang-buang air bila kita tidak membutuhkannya, seperti yang saya lakukan tadi, saya menghilangkan air tanpa sebab dan saya hanya membuang-buang air...... ini adalah contoh yang salah, untuk itu, saya akan mengembalikan air anda pada gelas yang saya pegang ini"

13. Setelah itu, arahkan ujung majalah ke mulut gelas, dan air akan mengalir ke gelas secara perlahan-lahan


Makna Permainan:
Janganlah sering kita membuang-buang, mengotori, atau meracuni air di dunia, karena air adalah sumber kebutuhan kita yang utama dan air adalah yang membuat kita hidup tentram

*Note:
1. Perhatikan plastik klip, bila air yang diisikan ke plastik klip tumpah, itu berarti anda belum menutup erat perekat pada mulut plastik klip atau juga bisa plastik klip anda bocor
2. Perhatikan juga sudut pandang korban


Biodata:

Nama     : Faizal Rizky
Lahir di  : Surabaya
Email     : bobok01@yahoo.com
Fb          : Faizal Rizky Jsers
Aliran    : Mentalcloseupillusionist


Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Predict of Addition 2

Trik ini disubmit oleh Heydear Emo Boy, peserta The Battle of Wikumagic April 2010 kategori First Division

PREDICT OF ADITTION II ( MAGICAL 2 )

NAMA : M. Chaidhir Ismail
NAMA STAGE : Dear Numbrero
TTL : Pasruruan, 1 April 1993
SEKOLAH : SMA NEGERI 1 BANGIL
FB : heydear_emoboy93@yahoo.com
BLOG : www.dearnumbrerozone.blogspot.com
ALIRAN : Mentalist

Untuk kesekian kalinya,saya akan membagikan sebuah trik sulap yang saya bilang trik sulap killer. Karena anda (pesulap) bisa memprediksi dengan benar sebuah perhitungan angka yang diatur oleh sukarelawan. Permainan sulap ini hampir sama dengan trik sulap “PREDICT OF ADITTION” yang pernah saya posting di situs ini. Tapi trik sulap ini sedikit berbeda dengan trik sulap sebelumnya. Trik ini sebenarnya adalah pengembangan dari trik sulap “MAGIC SQUARE JOE SANDY”. Karena rahasia dari trik sulap saya ini memiliki jumlah yang sama setiap angka yang mau dijumlahkan walaupun penonton mengacaknya bagaimanapun juga.

EFFECT :
Penonton mengacak angka-angka kemudian dijumlahkan. Dan anda yang sebelumnya sudah memiliki prediksi. Setelah dibuka, ternyata isinya sama dengan hasil penjumlahan angka yang diacak penonton.

PERSIAPAN :
1. Siapkan sebuah papan tulis (blackboard/whiteboard) beserta alat tulisnya (kapur/spidol)
2. Gambar papan tulis dengan gambar seperti berikut :



(TABEL PERTAMA)

3. gambar juga disebelahnya dengan gambar seperti berikut :



4. Siapkan 10 kertas kecil dengan ukuran bebas asalkan kertasnya memanjang dan buat 5 kolom seperti berikut: (saya sarankan kecil saja asalkan bentuk kertasnya memanjang)




5. bagi 10 kertas-kertas kecil tersebut menjadi 2 kelompok yang masing-masing terdiri dari 5 kertas.
6. Untuk kelompok kertas yang pertama tulis dengan bolpoin bilangan-bilangan secara vertical dengan bilangan-bilangan seperti berikut:




7. untuk kelompok kertas-kertas yang kedua tulis bilangan-bilangan secara horizontal dengan biloangan-bilangan seperti berikut: (klik gambar untuk memperbesar)



8. Siapkan 2 gelas atau wadah apapun terserah anda sebagai tempat kertas-kertas tersebut. Masukkan sesuai kelompok masing-masing (vertical & horizontal)
9. kalkulator
10. Amplop prediksi bertuliskan 238071


PROSEDUR :
1. Sebelum anda bermain,berceritalah dengan teks seperti berikut :

“OK,Sebelum saya bermain,saya akan menunjukkan angka favorit saya. Angka favorit saya adalah angka 2. kenapa angka 2? Karena angka 2 itu adalah angka yang bermakna dalam. Yaitu angka 2 itu adalah angka yang lebih dari cukup tidak banyak dan tidak sedikit. Selain itu angka 2 juga selalu ada dalam kehidupan kita. Mata kita 2,tangan kita 2,kaki kita 2,telinga kita 2,dsb. selain itu saya juga akan menunjukkan keajaiban tentang angka 2 melalui permainan sulap saya”
2. Katakan juga bahwa karena anda menyukai angka 2. tunjuk 2 sukarelawan untuk menemani anda bermain.
3. Kemudian tunjukkan kepada penonton papan tulis yang bergambarkan 2 tabel tersebut.
4. Setelah itu tunjukkan 2 gelas/wadah yang berisi kertas-kertas yang sudah anda persiapkan tadi. Buka 1 per 1 untuk membuktikan bahwa didalam kertas tersebut memang ada bilangan-bilangan.(jangan buka semuanya. Cukup 2-3 kertas saja)
5. Suruh sukarelawan A untuk memilih kertas-kertas digelas/wadah yang mana.(pilihan sukarelawani tidak mempengaruhi permainan)
6. Gunakan kertas-kertas pada gelas/wadah yang dipilih sukarelawan utuk permainan anda.
7. Kemudian suruh sukarelawan B untuk membuka 1 per 1 kertas-kertas tersebut sampai habis pada gelas/wadah sambil tulis bilangan-bilangan yang tertera pada kertas pada TABEL PERTAMA (bila kertas-kertas yang dipilih sukarelawan bilangannya ditulis secara vertical,tulis bilangan-bilangan tersebut berurutan secara vertical. Begitu pula sebaliknya).
8. Isi sampai kolom-kolom pada tabel pertama terisi penuh dengan bilangan-bilangan.
9. Setelah itu suruh sukarelawan A lagi untuk menuliskan ABJAD A sampai E secara acak pada TABEL KEDUA pada kolom ABJAD.(tulis secara menurun)
10. Sekarang suruh lagi sukarelawan B untuk menuliskan ANGKA ROMAWI dari angka I sampai V secara acak pada TABEL KEDUA pada kolom ANGKA. (tulis secara menurun.)
11. Kemudian gabungkan ABJAD & ANGKA pada TABEL KEDUA. Contoh :



SEHINGGA DIDAPAT : B-II, E-IV, A-V ,C-I, dan D-III.

12. Cari bilangan pada TABEL PERTAMA yang sesuai dengan gabungan ABJAD & ANGKA. Contoh :
(sukarelawan memilih kertas-kertas yang horizontal dan sukarelawan menulis angka-angka sehingga menjadi seperti berikut)




(cari bilangan yang sesuai dengan gabungan angka yang didapat dengan cara seperti perkalian tabel. Untuk B-II = 18555, E-IV = 36434, A-V =18295, C-I =86531, & D-III= 78256. maka suruh sukarelawan men jumlahkan kelima bilangan yang didapat dengan kalkulator. 18555+36434+18295+86531+78256=238071

13. Maka tunjukkan prediksi dan prediksi anda benar. Tepuk tangan yang meriah akan menghampiri anda. Katakana bahwa permainan belum selesai.
14. Diawal tadi anda telah mengatakan bahwa angka 2 adalah kesukakaan saya. Maka balik kalkulator yang digunakan oleh sukarelawan tadi saat mendapat hasilnya . baca bilangan 238071 bila dibalik melalui kalkulator. (Maka LIHATLAH KEAJAIBAN DARI BILANGAN TERSEBUT. BACALAH…!!!!)
15. MAKA TAPUK TANGAN YANG SUPER MERIAH ANGKA MENGIRINGI ANDA TURUN DARI STAGE KARENA PERMAINAN ANDA SELESAI.

MAKNA :
SEGALA SESUATU PASTI AKAN KEMBALI KE ASALNYA.

238071 DIBALIK = I LOBE 2 ( AKU SUKA ANGKA 2 )

Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Liquify

Seorang street magician yang baik adalah seseorang yang benar-benar mampu memanfaatkan benda-benda di sekitar menjadi suatu pertunjukan sulap. Apalagi jika benda tersebut bersifat sangat natural dan umum, yang tentunya akan menambah kesan kasual dalam magic anda. Contoh magician yang mampu melakukan pertunjukan dengan benda-benda di sekitar penonton adalah Cyril Takayama, yang sering memakai daun, buah, air, batu, dan benda-benda lainnya dalam shownya.



Salah satu alat sulap yang bisa membantu anda mewujudkan hal ini bernama Liquify. Alat sulap yang dijual di toko Rajasulap ini menggabungkan unsur alam dan mentalism. Dengan menggunakan gimmmick Liquify, anda bisa menampilkan sebuah show Mentalism sekaligus avatar magic.

Efek dari gimmick "Liquify" secara singkat bisa dijelaskan sebagai berikut : anda meminta penonton memikirkan sebuah angka, nama, benda, ataupun kartu dan meminta penonton menatap sebuah kertas kosong. Penonton diminta untuk memvisualisasikan hal yang dipikirkannya ke dalam kertas tersebut. Anda ambil kertas kosong itu, dan mencelupkannya ke dalam air. Ajaib, setelah kertas tersebut basah terkena air, hal yang dipikirkan penonton muncul dengan jelas di kertas tersebut.


Secara umum, gimmick ini tidak hanya bisa dimainkan untuk street magic, namun dapat juga dibawa ke stage magic. Sebuah metode baru yang cukup unik untuk mereveal teknik membaca pikiran, prediksi, ataupun manipulasi pikiran. Jika anda berniat untuk memainkan sulap dengan medium yang baru selain kartu dan koin, gimmick Liquify layak untuk dimiliki. Keterangan lebih lanjut mengenai cara pemesanan gimmick ini bisa anda lihat di alamat berikut :

Card Production

Diterjemahkan dan ditranslasikan dari Art Zone Production oleh Wiku Pulangasih the Online Magician


Deskripsi : Anda mampu memunculkan kartu satu per satu dari udara. Tutorial yang saya buat kali ini adalah Card Production tingkat paling mudah.

Prosedur :

1. Ambil 4-5 kartu. Saat pertama kali berlatih, akan lebih baik bila anda menggunakan satu kartu.
Jepit bagian samping kartu di antara jari telunjuk dan jari kelingking anda.



2. Luruskan jari telunjuk dan kelingking anda sehingga kartu tersembunyi di balik telapak tangan. Pada tahap inilah anda bisa menunjukkan pada penonton bahwa tangan anda kosong, dan flourish card production pun siap dimulai.



3. Tekuklah keempat jari anda untuk membawa kartu ke depan.



4. Gunakan ibu jari untuk menarik bagian atas kartu terdepan ke bawah. Setelah itu, luruskan lagi posisi jari tengah dan jari manis untuk menyembunyikan kartu di belakangnya.

 Tampak depan


Tampak dari bawah


5. Pegang kartu dengan ibu jari, lalu jatuhkan. Untuk memunculkan kartu kedua, ketiga, dan seterusnya, ulangi prosedur 1 sampai 5.



Tips :

- Jika anda menggunakan kartu yang masih kaku, lenturkan kartu tersebut dengan agak menekuk ke arah atas dan bawah, namun jangan sampai terjadi lipatan. Hal ini bertujuan agar kartu menjadi lebih fleksibel dan mudah ditarik dengan jari-jari anda.

- Agar kartu lain di belakang kartu yang diproduksi tidak terlihat, tariklah kartu dengan ibu jari saat kartu setengah jalan menuju ke depan. Hal itu akan menutupi gerakan anda saat meluruskan kembali jari tengah dan jari manis.

Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Lika-liku saya mempelajari sulap

Artikel ini disubmit oleh Iank Jadul dalam rangka Wikumagic Special Event, "Magic and My Life". Anda juga bisa mengirimkan cerita seputar pengalaman anda di dunia magic ke blog Wikumagic. Keterangan lebih lanjut, klik link INI.


Nama saya adalah Iank Jadul. Saya bukan anak yang lahir dari keluarga pesulap. Saya juga tinggal di daerah yang perkembangan sulapnya agak kurang. Saat ini saya adalah seorang pelajar di sma. Dalam bermain sulap saya mengusung lira mentalist. 
 
Saya mulai tertarik pada sulap ketika saya melihat seorang david copperfield ataupun lance burton bermain sulap di layar kaca rcti setiap awal tahun. Hal ini merupakan saat-saat yang paling saya tunggu ketika itu. Ketika itu saya kira-kira masih kelas dua sekolah dasar.

Beberapa tahun kemudian muncullah seorang mentalist yang juga seorang pesulap tersohor di Indonesia, Deddy Corbuzier. Melihat permainan mentalistnya yang sangat bagus membuat saya dan keluarga saya sempat terkagum-kagum dengannya. 

Melihat permainan sulap yang mengagumkan tersebut saya coba untuk belajar bermain sulap. Saya mencoba memasukkan koin kedalam lengan baju saya yang panjang, namun tak kunjung berhasil. Hal ini dikarenakan saya tak punya referensi dalam bermain sulap. Waktu itu belum ada buku yang memberikan pelajaran tentang bermain sulap di daerahku, internet saat itu belum dikenal luas oleh masyarakat, dan toko sulap belum terlalu banyak.

Akhirnya, muncullah suatu acara televisi yang dibawakan oleh seorang pesulap yang juga menjadi presenter acara olahraga(saya lupa nama pesulap itu). Diacara itu dibongkar suatu trik sulap kartu yang cukup unik triknya adalah “menangkap kartu di udara”. 

Saya pun coba pelajari triknya dan akhirnya saya bisa melakukannya dengan baik. Saya memberanikan diri untuk perform dihadapan teman-teman saya walaupun dengan sedikit grogi, namun lebih banyak yang menghiraukan permainan saya ini daripada yang menerima. Nyali saya pun mulai ciut, mungkin karena saya masih kecil waktu itu. Mulai saat itu saya mulai menutup diri dari dunia sulap. 

Tahun pun beganti, dan saya pun menginjak bangku smp. Disaat itu pulalah muncul pesulaphebat bernama demian aditya yang membuat saya terkagum-kagum dengan permainan ilusi-nya. Hal ini menggugah hati saya untuk belajar sulap lagi. Tapi saya pun mengurungkan niat untuk belajar sulap karena tahu belajar sulap didaerah sangat tidak mudah. Selain karena susah mendapatkan referensi, guru yang ingin mengajarkan sulap sangatlah kurang bahkan tidak ada.

Akhirnya, suatu hari saya di buat tercengang dengan permainan sulap teman saya yang bisa membengkokkan sendok. Saya pun bertanya pada dia dimana mempelajarinya. Dia pun mengatakan bahwa ada seorang pesulap diibukota daerahku yang mengajarkan sulap dengan biaya murah dan dia hanya datang selama satu minggu dan pulang kembali ke jakarta.

Aku pun berpikir untuk mengurungkan niatku untuk menjadi pesulap lagi, karena aku tak bisa pergi kesana sebelum liburan, dan liburan sekolahku pada saat itu masih satu bulan lagi.

Tahun berganti tahun lagi. Saya pun menginjakkan kaki saya bangku sma. Dengan semangat baru dan pemikiran yang lebih dewasa dari sebelumnya. Suatu hari, saya dibangunkan oleh kakak saya karena ada suatu acara yang mempertemukan dua master, yaitu master catur utut adianto bertanding dengan deddy corbuzier sang master mentalist. Apalagi kalau bukan The master.

Awalnya saya pesimis dengan acara ini, tapi lama-kelamaan acara ini membuat antusiasme masyarakat akan sulap meningkat. Hal ini pun mempermudah saya belajar sulap. Buku-buku dapat didownload gratis di internet, video sulap bertaburan dimana-mana, dan akhirnya saya menemukan Blog Wikumagic yang makin memantapkan saya dalam belajar sulap.

Mungkin karena pemikiran yang sudah mulai dewasa, saya pun tak takut dan grogi lagi untuk memainkan permainan sulap dihadapan sahabat-sahabat saya. Walaupun memang ada satu dua orang yang tidak menyukai permainan saya, namun yang menyukai permainan saya lebih banyak ketimbang yang tidak. Bahkan ada yang minta diajari oleh saya.

Maka dari itu saya haturkan banyak terima kasih saya kepada acara The Master dan Wikumagic yang membangkitan semangat sulap saya kembali muncul


Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Sybil dan Card Flourish

Bagi card flourisher atau magician yang mendalami XCM (Extreme Card Manipulation), Sybil Cut tentu bukanlah istilah yang asing. Boleh dibilang, "Sybil" adalah dasar dari Extreme Card Cut Flourish, di mana satu dek kartu dibagi menjadi beberapa bagian, kemudian masing-masing bagian diputar, ditukar, dan digerakkan sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah gerakan yang indah di mata. Ciri khas Sybil adalah gerakan awal di mana satu pak kartu dibentuk menjadi huruf "Z", dan manipulasinya dilakukan dengan kedua tangan.



"Sybil" pertama kali dipublikasikan oleh Chris Kenner, seorang magician yang kini bekerja bersama Theory 11 dalam membuat berbagai tutorial sulap.



Nama "Sybil" dimunculkan dalam bukunya yang berjudul "Totally Out of Control". Istilah "Sybil" berasal dari nama Sybil Isabel Dorsett, nama salah seorang penderita "multiple splitting personality" (penyakit di mana karakter sang penderita terbagi menjadi banyak kepribadian, seperti kasus kepribadian ganda namun jauh lebih kompleks). Karena itulah, konsep utama Sybil adalah membagi-bagi satu dek kartu menjadi beberapa bagian, kemudian membuat suatu gerakan yang artistik dari bagian-bagian tersebut dengan kedua tangan anda secara lancar, cepat, dan indah.

Seperti yang saya ungkapkan di atas, Sybil adalah gerakan dasar, dan mengalami banyak pengembangan. Brian Tudor mempublikasikan berbagai macam variasi Sybil dalam videonya, "Show-Off".

Sybil juga dikembangkan ke bentuk yang paling kompleks oleh Dan and Dave Buck, dalam DVD "Trilogy", "the System", dan "andthensome".



Berikut adalah contoh pengembangan dan tutorial Sybil :



Bagi saya, Sybil adalah salah satu gerakan pembuka favorit dalam Card Magic. Alih-alih mengocok kartu dengan cara biasa, anda bisa melakukan gerakan "Sybil" di awal show untuk menarik perhatian penonton.

Keuntungan lain melakukan gerakan ini adalah anda bisa menjaga tumpukan kartu teratas dan terbawah, bahkan semua kartu di tempat semula. Memang, mempelajari gerakan ini tidaklah mudah. Anda pasti akan sering menjatuhkan kartu dan gagal. Namun, jika anda sudah menguasai teknik Sybil paling dasar, anda boleh dibilang telah menguasai teknik Extreme Card Manipulation. Satu pesan saya, saat berlatih melakukan gerakan ini, jangan berpikir seberapa cepat anda bisa melakukannya, namun pikirkanlah seberapa lancar gerakan anda. Jika gerakan anda sudah lancar, kecepatan bisa ditingkatkan dengan sendirinya. Selamat mencoba!

Artikel ini ditulis oleh Wiku Pulangasih, The Online Magician.
Hyderabad, 25 Mei 2010, 11:55 PM

Save Our Earth

 Trik ini disubmit oleh Sigit Utomo, peserta The Battle of Wikumagic April 2010 kategori First Division

Save Our Earth

Effect : Setelah anda menyuruh para spec untuk memilih 3 dari 100 kata, anda menunjukan prediksi prediksi yang salah. Namun, dengan segala kekuatan magis , anda mampu mengubah prediksi yang salah tersebut menjadi benar . Tidak hanya itu, anda pun mampu mengubah prediksi prediksi tersebut menjadi sebuah pesan dari bumi.

Persiapan
1. Siapkan 3 buah prediksi salah dan 3 buah prediksi benar . 3 Prediksi salah berisi kata kata sebagai berikut

Prediksi 1 : Suhu Bumi Meningkat
Prediksi 2 : Sumber Energi Menipis
Prediksi 3 : Kerusakan Lingkungan Meluas

3 Prediksi Benar Berisi kata kata sebagai berikut

Prediksi 1 : Tanam Sebatang Pohon
Prediksi 2 : Hematlah Pemakaian Listrik
Prediksi 3 : Gunakan Produk Daur Ulang
Prediksi ditulis di atas potongan kertas berukuran 15 cm x 10 cm
2. Buatlah 4 Buah Gimmicked Envelope dengan cara sebagai berikut

1. Siapkan 4 Buah amplop biasa berukuran 25 cm x 13 cm , 3 lembar kertas a4 yang sewarna dengan bagian dalam amplop , lem super , double tape dan gunting
2. Potonglah kertas a4 dengan ukuran 20 x 13 cm . Lipatlah sisi kiri , sisi kanan dan bagian bawah kertas . Lemlah sisi sisi yang terlipat dengan lem super . Lalu tempel bagian atas yang tidak dilipat dengan
double tape. Lakukan prosedur ini sebanyak 2 kali sehingga anda mendapatkan 2 potongan kertas



3. Masukan dan tempelkan potongan tadi ke salah satu sisi dalam amplop dan potongan lainnya pada sisi dalam amplop yang lain dengan bagian yang tidak terlipat tidak menempel pada amplop. Kini amplop terbagi menjadi 3 bagian yaitu ruang kosong dan 2 ruang tambahan .
4. Buatlah 4 gimmicked envelope dengan mengikuti prosedur2 di atas

3. Masukan prediksi salah pada salah satu ruangan tambahan dan prediksi benar pada ruang tambahan lainnya . Lakukan pada prediksi lainnya sehingga tinggal 1 amplop saja yang tanpa isi .
4. Buatlah gambar seperti di bawah lalu masukan ke salah satu ruangan di amplop yang masih kosong






5. Rekatkan sisi atas bagian tambahan yang diisi prediksi benar dan gambar bumi dengan keadaan setengah menempel atau tempelan tidak terlalu kuat . Rekatkan pula sisi atas bagian tambahan kosong pada amplop berisi gambar bumi dengan keadaan setengah menempel
6. Gambarlah gambar keriting pada amplop prediksi pertama , wajik pada amplop prediksi kedua , dan hati pada amplop prediksi ketiga serta skop pada amplop berisi gambar bumi mencair . Gambar berada di luar amplop
7. Print out kata kata berikut (klik untuk memperbesar)



8. Tulis angka 1 – 100 di atas selembar kertas lalu bentuk menjadi bola . Buat angka 1 pada bola berisi angka 73 , angka 2 pada bola berangka 52, angka 3 pada bola berangka 25 , angka 4 pada bola berangka 42, angka 5 pada bola berangka 32 , angka 6 pada bola berangka 15 , angka 7 pada bola berangka 69 , angka 8 pada bola berangka 53, dan angka 9 pada bola berangka 59 . Tulis angka dengan spidol hitam. Masukan ke dalam kantong hitam
9. Siapkan sebuah spidol hitam yang sudah dikeringkan .
10. Siapkan 3 lembar kertas dan 3 buah pulpen
11. Siapkan 1 pak kartu dengan 4 kartu possisi teratas berlambang sebagai berikut ( dari atas ) keriting , wajik, hati , skop


Presentation :
1. Ceritakan sedikit kepada penonton mengenai global warming dan akibat akibatnya . Jelaskan bahwa anda akan bermain dengan tema global warming .
2. Panggil 3 orang spec . Suruh mereka membayangkan apa yang akan terjadi 30 tahun ke depan bila global warming makin memarah. Setelah itu , tunjukan keempat prediksi yang anda buat .
3. Katakan bahwa anda memiliki daftar kata kata berjumlah 100 kata . Katakan pula bahwa anda memiliki sebuah kantong berisi 100 bola . katakan bahwa kata kata itu merupakan kata kata yang berhubungan dengan lingkungan dan global warming
4. Berikan spidol kering kepada spec 1. Suruh ia memejamkan mata lalu memilih 3 bola . Tanpa mengeluarkan bola, suruh ia membuat angka 1 – 3 pada bola bola tersebut. Setelah itu , panggil spec 2. Suruh ia melakukan hal yang sama seperti spec 1 namum kali ini ia harus menulis angka 4 – 6 pada ketiga bola pilihannya . Suruh spec 3 melakukan hal yang sama pula tetapi kali ini ia menuliska angka 7 – 9 pada bola pilihannya .
5. Suruh spec 1 untuk mengembil bola bernomor 1 , 2 , dan 3 yang merupakan bola pilihannya, spec 2 bola bernomor 4 , 5 , dan 6 dan spec3 bola bernomor 7 , 8 , dan 9. Suruh mereka membuka bola tersebut dan membaca isinya . Suruh mereka menulis angka yang mereka dapat di kertas yang sudah disiapkan
6. Suruh mereka mencocokan angka yang mereka dapat dengan kata yang tertera di sebelah kanannya pada tabel yang anda siapkan . Suruh mereka merangkai ketiga kata yang mereka dapat menjadi sebuah kalimat jika bisa . Spec 1 pasti mendapat kalimaat “tanam sebatang pohon” , spec 2 “ hematlah pemakaian listrik” , dan spec 3 “ gunakan produk daur ulang “.
7. Katakan bahwa spec akan membantu anda dalam menentuka prediksi . Tunjukan 1 pak kartu lalu gunakan metode forcing untuk memaksa spec pertama mengambil kartu di posisi teratas. Caranya adalah riffle lah tumpukan kartu dan suruh spec mengatakan stop di mana saja. Lalu dengan cepat alihkan perhatian spec dan jatuhkan kartu teratas ke tempat spec mengatakan stop. Lakukan hal yang sama pada spec 2 dan 3 . Anda juga bisa menggunakan metode forcing favorit anda .
8. Karena spec 1 mendapat kartu keriting maka bukalah amplop bergambar keriting. Keluarkan prediksi salah terlebih dahulu. Katakan bahwa anda telah melakukan kesalahan dan pada spec yang kedua pasti akan benar. Bukalah amplop berlambang wajik sesuai kartunya lalu keluarkan lagi prediksi salah. Terakhir bukalah amplop berlambang hati sesuai dengan spec 3 dan keluarkan lagi prediksi yang salah. Katakan bahwa anda selaku magician telah gagal dalam menjalankan trik dan anda meminta maaf . Namum karena prinsip magician adalah the show must go on maka anda pun melanjutkan show anda dengan cara yang berbeda.
9. Masukan kembali prediksi prediksi salah ke dalam amplop yakni ke ruangannya semula. Lalu gosok gosokan tangan anda pada amplop dengan tangan anda sehingga kini prediksi salah tersembunyi di balik kertas yang direkatkan.Katakan bahwa anda akan melenyapkan prediksi anda .Lakukan hal yang sama pada amplop lainnya. Bukalah amplop satu per satu dan tunjukan bahwa prediksi anda telah hilang. Pada saat anda menunjukan isi amplop jarak anda jangan terlalu dekat dengan spec maupun penonton .
10. Goyang goyangkan amplop lalu bukalah kembali amplop . Ambilah prediksi yang benar sekarang dan cocokan dengan tulisan para spectator. Hasilnya pasti benar. Katakan bahwa itu merupakan beberapa usaha kecil yang berpengaruh besar untuk mencegah global warming .
11. Katakan pada penonton bahwa anda belum selesai . Katakan bahwa anda akan bermain dengan amplop berlambang skop. Tunjukan bahwa amplop kosong . Ingat jangan terlalu dekat menunjukan isi amplopnya . Masukan ketiga prediksi ke dalam bagian tambahan kosong amplop . Gosok gosokan kembali amplop sehingga bagian atas menempel dengan rekat. Katakan bahwa anda akan mengubah ketiga prediksi tsb. Bukalah amplop kemudian tunjukan gambar bumi yang mencair . Katakan bahwa prediksi tadi cumalah sekedar tulisan belaka yang tidak ada artinya bila tidak dilakukan . Oleh sebab itu marilah lakukan hal hal kecil seperti menanam pohon dan menghemat listrik untuk memerangi global warming .
Makna Permainan :
Hal hal kecil seperti menanam pohon dan menghemat listrik dapat mengurangi tingkat global warming. Namun tulisan ayo hemat listrik atau tanam pohon dsb. Hanya menjadi tulisan dan omongan belaka yang tidak akan berguna bila tidak dilakukan. Karena itu marilah kita menanam pohon , menghemat listrik , menggunakan produk daur ulang, mengurangi penggunaan BBM dsb. untuk menyelamatkan bumi dari global warming. Jangan hanya berkata tapi lakukanlah hal tersebut mulai sekarang.

Asal Trik :
Trik ini berasal dari :
Bagian forcing bola saya ambil dari trik “Newspaper Multi Illusion Prediction”
Adanya prediksi salah terinspirasi dari trik “Perfect wrong prediction”
Bagian mengubah prediksi diambi dari trik “ Visualizing your Mind”
Adanya tabel berisi kata kata terinspirasi dari trik “ Lambang Magis u/ membaca pikiran”

Profile
Name : Sigit Prakarsa Utomo
DOB : 22 July 1995
Hometown : Tembagapura and Bogor
Aliran Magic : Mentalism
E mail : ace41@ymail.com
Website : www.acementalist.wordpress.com

Dapatkan Trik Sulap Gratis Berikut ini :

Bent Coin

Trik ini disubmit oleh "No Name", peserta The Battle of Wikumagic April 2010 kategori First Division


 
BENT COIN
Trick ini mulanya saya melihat si demian aditya di salah satu stasiun TV. Kemudian saya mencoba untuk mencari dan memikirkan trick tersebut mungkin seperti ini lah trick kembangan dari saya yang menggunakan teknik kecepatan tangan dan mentalis.
Efect : Pesulap memberikan coin kepada penonton ( dalam hal ini saya menggunakan coin 100 rupiah ) kepada penonton untuk diperiksa, bisa juga kita menggunakan coin penonton, kemudian seteelah diperiksa coin tersebut di genggam penonton. Pesulap pun beraksi dengan kata kata mentalist, lalu penonton membuka tangan yang menggenggam coin tersebut, ternyata tidak berubah sedikit pun pada wujud coin tersebut, para penonton pun tertawa dan menganggap kita sebagai pesulap ece – ece. Pesulap mengambil kembali coin tersebut untuk diperiksa kembali, kemudian pesulap mencoba satu kali lagi: coin digenggam penonton, dengan gaya mentalist coin tersebut atau coin yang digenggam penonton bengkok dan lecet lecet dengan sendirinya disaat penonton membuka tangannya tersebut dan orang – orang pun member applause pada kita.
RAHASIANYA
Gimmick : Sediakan coin 100 rupiah, sebanyak 2 buah coin. Coin yang pertama kita bikin bengkok. Yang kita bengkokkan satu buah saja yang satunya tidak usah. Seperti gambar berikut :




TRICK
1.       Kita cari orang yang mau diajak bermain magic, sebaiknya permainan ini dilakukan di jalan jalan karena magic ini sangat cocok untuk street magic
2.       Setelah mendapatkan satu orang untuk diajak bermain magic kita keluarkan 1 coin 100 rupiah untuk di periksa penonton sedemikian rupa…… ingat pada saat penonton memeriksa coin tersebbut kita harus siapkan coin yang kita buat pada penjjelasan awal tadi, di tangan kiri pesulap seperti gambar berikut



3.       Kemudian suruh dia untuk mengenggam coin tersebut seperti gambar berikut ……….







beritahu dia agar coin tersebut seperti gambar tersebut

4.       Pesulap berkata, coba anda untuk memusatkan pikiran, beserta energy dalam tubuh anda untuk pada suatu titik tumpu utama yaitu koin tersebut… Dan apa yang terjadi ? yang terjadi adalah pada koin tersebut mengalami perubahan lecet bengkok ataupun yang lainnya….. nah sekarang pesulap mengatakan, buka tangan anda …..zreng….. ternyata coin tidak berubah sama sekali,hahahahahahah  penonton tertawa dan mencela anda.
5.       Pesulap jangan menyerah : ambil lagi coin tersebut pegang dengan tangan kanan kiri, namun kita mengambil koin tersebut, seolah olah mengambil, pada hal tidak mengambil seperti gambar berikut ? (klik pada gambar untuk memperbesar)














6.  Setelah coin tersebut tertukar, coin asli simpan di kantung jangan sampai ketahuan, gunakan sugesti anda / pengalihan keadaan disaat menyimpannya??? Artinya secara sembunyi – sembunyi jangan sampai ketauan.
7.       Coin yang bengkok digenggam penonton kemudian lakukan lagi seperti langkah 4. ……..dan orang – orang pun berkata hahahahahahahahhahah wow
8.       Dan makna permainan : Ingatlah gunakan pikiran anda dan energy anda pada suatu titik utama pada suatu tindakan atau pengatasan masalah, maka mungkin saja tindakan yang dilakukan / pun untuk mengatasi masalah bisa diselesaikan dan mendapat hasil yang baik. Karena dengan kekuatan energy dan pikiran, suatu yang kita lakukan pasti baik, intinya gunakan pikiran dan energi disetiap tindakan.
Pertanyaan :
1.       Mengapa harus coin 100 rupiah digunakan ? Karena coin 100 rupiah lebih kecil dari pada coin 500 dan 200. Juga agar coin bengkok yang digenggam penonton tersebut tidak terasa pada tangannya,  . . . . . .boleh juga kalau anda ingin mencoba coin 500 atau 200………
2.       Kenapa menggenggamnya harus seperti gambar tersebut ? Karena bila menggenggamnya tidak seperti itu coin yang bengkok akan terasa lebih dulu oleh tangan penonton, oleh karena itu menggenggamnya seperti itu

Catatan :
1.       Boleh menggunakan coin penonton , tetapi perkirakan menyerupai seperti coin gimmick kita yang dibuat sebelumnya , misalnya coin korok dengan baru , itu tidak cocok dan akan malah membikin trick kita ketahuan
2.       Boleh diulang beberapa kali, asalkan kita punya banyak uang bengkok, tetapi sebaiknya 1 kali pertunjukan saja di satu tempat , karena apabila penonton meminta untuk diulang, bukan karena kagum atau mau liat melainkan mau mengetahuinya atau mau membocorkannya. ….OK selamat mencoba


PROFIL :
Name                                    :  ……..NO NAME……..
Airan Magic                        :  ILUSION,N  CARDICIAN
Hoby                                     : Playing music n Magic
Magician Idola qu              : DAVID BLAINE, n DEMIAN ADITYA,  Karena trik sulap yang dilakukan oleh para tokoh tersebut , sangat menjauhi nalar seseorang dalam triknya tersebut?dan juga sangat lihai dalam mengalihkan keadaan di saat menjalankan triknya seperti DEMIAN ….
INTINYA Q HANYA MEMBAGI KAN ILMU Q SAJA SEMOGA BERMANFAAT >>>>>>>>


Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Magic is a Full Hobby Full of Challenges

Artikel ini disubmit oleh Fiqih Komaruzzaman dalam rangka Wikumagic Special Event, "Magic and My Life". Anda juga bisa mengirimkan cerita seputar pengalaman anda di dunia magic ke blog Wikumagic. Keterangan lebih lanjut, klik link INI.

Magic Is A Hobby Full Of Challenges


Sebelum saya menceritakan pengalaman saya di dunia sulap, alangkah baiknya saya memperkenalkan diri dulu kepada mas wiku pulangasih. Nama saya fiqih komaruzzaman saya adalah anak yang masih berumur 16 tahun dan mengenai sulap saya bisa di bilang pesulap pemula.

Saya menyukai sulap Sejak saya kelas 2 SMP pertama kali saya beramain sulap saya memainkan sulap card magic alangkah senangnya saya melihat teman saya semuanya pada bingung dan heran, kok bisa? pke setannya? kata teman saya. Saya dengan santai menjawab bahwa sulap adalah hobby saya yang penuh dengan tantangan dan tiadak ada berhubungan dengan hal gaib. Kenapa ? Dengan saya bermain sulap saya berusaha terus untuk membuat teman saya dan orang yang saya ajak bermain sulap terhibur, tujuan saya pada saat bermain sulap yaitu membuat teman saya dan penonton yang melihat permainan sulap saya terhiburdan sulap itu merupakan seni yang indah bagi saya. Saya pernah bermain sulap tetapi ketahuan dan hasilnya saya mendapat gelar dari teman saya yaitu TUTI ( tukang tipu ). Setiap hari saya terus di hina dan di ejek seperti itu tetapi saya tetap semangat untuk membuat penonton terhibur. Pada saat teman saya mengejek saya, saya menantangnya apakah kamu bisa apa yang saya lakukan ini? Dengan santai teman saya menjawab “bisa” . Gampang bilang bisa tetapi buktinya dia main gagal terus akhirnya saya bukan balas mengejeknya tetapi saya memberitahukan dia bahwa apa yang dilakukan semua pesulap itu tujuannya hanya menghibur penonton yang menyaksikan permainannya, Alangkah baiknya kita sebagai penonton hanya menyaksikan dan membuat pesulap itu juga berbahagia. Tetapi apa hasilnya mereka tetap menghina saya, bagi saya itu adalah tantangan yang perlu di selesaikan. Akhirnya saya menampilkan permainan lagi kepada teman saya untuk membuktikan bahwa tidak selamanya pesulap itu berbohong untuk menutupi triknya, Saya bermain dengan mentalism dan akhirnya teman saya kagum dengan saya atas permainan saya dan saya pun bangga karena gelar yang selama ini teman saya berikan kepada saya tiba-tiba berubah menjadi master fiqih. Bagi saya saya ini adalah pesulap yang cuman membuat penonton terhibur melihatnya dan menurut saya gelar master itu tidak cocok buat saya karena saya masih perlu belajar lagi mengenai sulap. Saya banyak mempelajari trik sulap yang selama ini saya belum tau sekarang menjadi tau di blog mas wiku pulangasih dan saya sangatlah berterima kasih sama mas wiku, saya ingin sekali bertemu dengan mas wiku dan langsung berterima kasih dengan beliau Karena berterima kasih dengan tulisan bagi saya kuranglah afdol dan karena mas wiku jauh dari tempat tinggal saya jadi susah menjumpainya. Dan akhirnya teman saya mengakuinya kalau sulap itu tidak berhubungan dengan hal yang gaib semenjak saya bermain mentalism dan sulap lainnya. Dengan di dukungnya saya oleh teman-teman saya pada acara perpisahan sekolah nanti pada bulan april yang di selenggarakan oleh sekolah saya di tunjuk untuk bermain sulap dan saya pun dengan senang menerimanya soalnya belum pernah saya bermain sulap di atas panggung maka dari itu saya mau mengikutinya agar saya tertantang untuk bermain sulap dengan beribu orang yang melihatnya, hal ini di dukung oleh teman saya, guru, ketua osis, dan orang tua saya.
Jadi dengan bermain sulap semua tantangan yang kita hadapi harus kita selesaikan dengan semangat yang tinggi dan jangan pernah putus asa dan mari kita sebagai pesulap tetap membuat penonton terhibur.



Nama lengkap : Fiqih komaruzzaman
Nama panggilan : Fiqih
E-mail : fiqih_metal@yahoo.com
Aliran sulap : Apa saja selagi hal itu membuat penonton terhibur
Pesulap Favorit saya : Master deddy corbuzier


Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic