New Wikumagic

Segera hadir, "New Wikumagic". Berikan saran, pesan, dan harapan anda seputar blog New Wikumagic dan dapatkan hadiah ebook sulap gratis.

Pengumuman Final WIMC Season 2

Pengumuman Final Wikumagic : Indonesian Magic Competition Season 2. Siapakah juara di kompetisi ini? Simak juga komentar detail dari tim juri.

Pengumuman Wikumagic : Magic on The Street

Berikut adalah hasil mini contest : Wikumagic on The Street. Siapakah kontestan dengan foto street magic terbaik?

Artikel Menarik Lainnya

Interview with Ndhikaa Madison, Card Artist from Indonesia

Sejauh ini, kita sudah mengenal banyak Card Artist (Card Flourisher) luar negeri, mulai dari yang sangat profesional dengan berbagai video tutorialnya seperti Daniel Madison, Dan and Dave Buck, Brian Tudor, Bone Ho dan lain-lain. Bagaimana dengan Card Artist dari Indonesia?

Sejauh ini memang belum ditemukan Card Artist yang benar-benar bisa menembus dunia entertainment Indonesia, baik sebagai performer di atas panggung publik (televisi), ataupun sebagai tutor dalam video Card Flourish. Card Artist bahkan masih kalah populer dibandingkan dengan Card Magician yang sudah akrab di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, potensi perkembangan Card Flourish Indonesia sangat positif, dan bukan tidak mungkin popularitasnya akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Mengapa saya berani berkata demikian? Beberapa waktu yang lalu, ketika saya sedang browsing tentang Card Flourish di Youtube, saya menemukan sebuah video Card Flourish yang sangat menarik. Video dibuat dengan sangat artistik, dan kemampuan sang Card Artist dalam memainkan flourish tidak kalah dari artis luar negeri. Yang membuat saya makin heran, ternyata video tersebut dibuat oleh Card Flourisher dari Indonesia, Ndhikaa Madison.  Tambahan info, video ini juga berhasil menjadi juara 1 dalam Tim Burton Contest yang diadakan oleh forum Card Flourisher internasional, The Cuso (http://www.thecuso.info/2010/04/tim-burton-competition-1st-place-headsack.html)


Tak lama kemudian, saya langsung memutuskan untuk mengadakan interview dengan sang Flourisher. Interview ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi pecinta magic Indonesia terhadap dunia card flourish, sekaligus untuk berbagi ilmu dan pengalaman pada teman-teman yang sedang mendalami card flourish. Berikut interview saya via Facebook dengan Ndhikaa Madison :

WP (Wiku Pulangasih)
NM (Ndhikaa Madison)

WP : Sejak kapan Ndhika tertarik mendalami Cardistry? Kenapa bisa tertarik dengan seni ini?
NM: kalo ngga salah itu sejak february 08.. karna seru, visually awesome, kreatif & pure skill.


WP: Dari mana Ndhika belajar Cardistry?
NM: dari dvd, buku-buku sleights yang udah tua, sharing / jamming (baca : perform card flourish di depan publik) , internet , dll. whatever i can get lah buat si cardistry ini, hehe..



WP: Siapa Card Artist favorit Ndhika? Apa alasannya?
NM: banyak, dan bisa berubah2 tiap waktu.. salah satunya yang paling menginspirasi itu Brian Tudor. soalnya dia itu bisa dibilang pelopor revolusi card flourishing.. dan udah banyak nginspirasi "big names" juga di dunia cardistry(Buck Twins, Daniel Madison, dsb).

WP: Kira-kira berapa waktu yang diperlukan untuk berlatih flourish dalam satu hari, sampai Ndhika berhasil mencapai level ini?
NM: mungkin minimal 1 atau 4 jam cukup.. karna latihan jadi santai.. dan jarang ada flourisher yang nyempetin waktu khusus buat latihan. biasanya sambil beraktifitas(nonton tv, masak, belajar, dsb).

WP: Apa gerakan flourish favorit/ andalan Ndhika? Apa alasannya?
NM: banyak, tapi saat ini, "Tripod". karna keliatannya bagus dan rare, dan sebelum video headsack di publish belum ada display triangle + 3 kartu.. sekaligus matahin teori sulitnya ngembangin display triangle..


WP: Ada tips/ trik buat temen2 yang belajar flourish? Darimana mereka harus mulai belajar? Gerakan apa saja yang sebaiknya dipelajari sebagai fondasi/ basic flourish?
NM: yang pertama, siapin niat dulu. kalo udah niat, ga bakal ada yang bisa ngalangin kalian.. keterbatasan sumber pun ga bakal jadi halangan. kedua latihan, terakhir perkuat imaginasi & originalitas. dengan itu cepat / lambat kalian bakal jadi cardist(lebih tepatnya seniman) yang di respect & dikenal dunia.

cara belajar cepatnya itu bisa dari coba belajar dasar 1 move tiap genre(cuts, fans, drops, aerials, utility). contohnya charlier,swing cut, thumb fan, spring, dsb. dengan itu nanti belajar yang lain-lainnya bakal gampang karna udah terbiasa.



WP: Kartu jenis apa yang sering dipakai Ndhika untuk perform? Ada tips pemilihan dan penggunaan kartu?
NM: perform(khusus / iseng), bikes.. tips memilih deck untuk perform : pake deck yang di powder buat meminimalisasi slip / jatoh / fan rusak.

soal milih / menggunakannya diluar performance.. tergantung personal taste juga sih.. yang umum biasanya gunakan 2 deck untuk latihan (1 untuk fanning, 1 lagi untuk sisanya supaya awet.)


WP: Bagaimana cara mengatasi rasa frustasi, kalau kita terus menerus gagal dalam melakukan sebuah gerakan flourish?
NM: jangan berhenti. anggap itu bisa dilakukan / mudah.. kita gagal cuma karena belum tau persis cara/mechanism-nya. penasaran itu perlu.



WP: Bagaimana prospek cardistry di Indonesia? Ada harapan tertentu ke depan seputar dunia flourish?
NM: dulu, lambat.. sekarang, huge!.. kemajuannya pesat banget.. harapannya sih cardistry bisa dikenal di indonesia, biar tiap kita latihan di tempat umum ngga kena tanggapan negatif / mislead kalo itu sulap.

WP: Video "Headsack" yang Ndhika buat di Youtube sangat menarik. Ada cerita dan inspirasi di balik video itu?
NM: Thank You.
cerita / inspirasinya itu dari film2nya Tim Burton, secara contestnya itu video cardistry dengan tema/feel dari sang sutradara terkenal tersebut.


WP: Selain flourish,apakah Ndhika juga tertarik pada card magic? Ada pengalaman main street card magic?
NM: dulu sih pernah.. tapi setelah tau apa yang di balik layar progress dunia sulap di indonesia jadi bawaannya males+kecewa+malu dan cukup bosen juga, so i decided to leave that "art", dan mulai berusaha menunjukkan ke dunia kehebatan indonesia lewat cardistry.

WP : Apa pengalaman paling berkesan selama mendalami card flourish?
NM : salah satu yang paling berkesan itu saat teman2 cardistry di salah satu worldwide forum melihat, menilai, menghargai video yang saya upload. bangga banget. 




Nah, itulah sosok Ndhikaa Madison, seorang Card Flourisher yang sangat berbakat dari Indonesia. Semoga interview ini bisa menambah pengetahuan teman-teman semua tentang dunia Card Flourish, dan tentunya, semoga dunia Card Flourish di Indonesia bisa berjalan seiring dengan perkembangan dunia magic, ke arah yang lebih baik.

Wiku Pulangasih,
The Online Magician
Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Riffle Card Force

Trik ini disubmit oleh Heydear Emo Boy, peserta The Battle of Wikumagic June 2010 kategori Second Division
RIFFLE CARD FORCE

BIODATA
NAMA : M. Chaidhir Ismail
NAMA STAGE : Dear Numbrero
TTL : Pasruruan, 1 April 1993
SEKOLAH : SMA NEGERI 1 BANGIL
FB : heydear_emoboy93@yahoo.com
ALIRAN : Mentalist

Forcing card adalah teknik untuk memaksa penonton/sukarelawan memilih kartu sesuai dengan keinginan sang pesulap. Ada banyak teknik forcing card yang bisa anda pilih sebagai senjata untuk show anda. Kebanyakan pesulap yang melakukan teknik ini dimainkan ketika dia tidak ada persiapan ketika diminta untuk memainkan sulap/sedang tidak ada ide. Kenapa hal itu bisa terjadi? Hal itu bisa terjadi karena dengan menguasai salah satu teknik forcing card. Anda akan bisa bermain 50 lebih trik sulap sesuai kreatifitas anda. Perkataan saya ini juga sama seperti yang pernah dikatakan oleh Wiku Pulangasih pada biografinya “APOLOGY” halaman 43.
Riffle card force adalah salah satu jenis dari sebagian banyak teknik forcing card. Tetapi, teknik forcing card yang ini sulit untuk direveal oleh penonton bahkan hackler sekalipun. Karena tingkat forcingnya menurut saya lebih tinggi dari teknik forcing manapun. Karena teknik forcing ini kartu yang diambil penonton/sukarelawan terlihat murni pilihan dari penonton tersebut.
Dan saya sebagai seorang MENTALIST selalu membawa kartu kemanapun berada. Padahal kartu identik dengan pesulap CARDICIAN,CLASSIC MAGICIAN,dll. Hal itu saya lakukan apabila ada seseorang yang tiba-tiba meminta saya melakukan sulap. Dan kali ini saya akan memberikan tata cara melakukan RIFFLE CARD FORCE ala Dear Numbrero :

PROSEDUR
1. Tentunya anda harus menyiapkan 1 deck kartu bridge/remi. Dan hafalkan gambar tumpukkan kartu teratas karena kartu teratas inilah kartu yang anda forcing. (misal : AS HATI )
2. Pegang setumpuk kartu tersebut menggunakan tangan kanan anda dengan cara seperti ini.(gambar 1)

Keterangan : ibu jari anda berada dibagian bawah tumpukan kartu,sedangkan jari tengah dan jari manis anda berada dibagian atas tumpukan kartu. Dan jari telunjuk anda juga letakkan dibagian atas tumpukan tetapi sedikit lebih keatas. Karena jari telunjuk anda akan anda gunakan untuk melakukan SWING CARD.(gambar 2)

3. Lakukan SWING CARD. Tarik jari telunjuk anda kesamping kiri beserta kartu-kartunya. (gambar 3(tampak bawah) )

4. Letakkan kartu-kartu yang anda swing tadi ke gengaman tangan kiri anda. (Gambar 4)

5. Lakukan pinky break. Letakkan jari kelingking tangan kiri anda diatas gengaman kartu tangan kiri anda. (gambar 5).

6. Kemudian letakkan tumpukkan kartu tangan kanan anda pada tumpukan kartu pada genggaman kartu tangan kiri anda sambil lakukan pinky break. (gambar 6)

7. Lakukan riffling card. Ada 2 cara untuk melakukan riffling card. Yang peratama menggunakan ibu jari tangan kiri (gambar 7) dan yang kedua menggunakan jari telunjuk , jari tengah,dan ibu jari tangan kanan. (gambar 8)


8. ketika anda melakukan riffling card. Minta sukarelawan mengatakan “stop” dimana saja. Ketika telah mengatakan stop. Tarik tumpukan kartu teratas kearah depan dengan tangan kanan anda yang telah anda pinky break tadi. (gambar 9 dan 10)



9. Suruh sukarelawan mengambil kartu teratas. Dan lakukan metode favorit anda untuk menebak kartu yang diambil sukarelawan tersebut. Bisa menggunakan prediksi,mind reading,dsb… sesuai kreativitas anda.
10. Dan anda bisa menbak kartu pilihan penonton. Dan tepuk tangan akan anda terima.


NB:
 Jika sukarelawan meminta kartunya dikocok dan anda sudah menghafalkan kartu teratas yang digunakan untuk prediksi anda. Maka gunakan teknik Riffle shuffle untuk mengocoknya. Atau gunakan cara “FALSE CUT 1” yang pernah diajarkan pada BIOGRAFI Wiku Pulangasih “APOLOGY” halaman 53-55. dan masih banyak lagi cara mengocok kartu supaya kartu teratas yang telah anda hafalkan agar tetap berada ditumpukkan paling atas.
 Jika penonton meminta kartunya agar dikocok oleh sukarelawan. Maka setelah dikocok,lakukan glimpsing dan lakukan metode mind reading sekreativ anda untuk menebak kartu pilihan penonton ketika telah melakukan riffle card force. Penjelasan glimpsing bisa anda baca di Biografi “APOLOGY” halaman 44-45.
 Riffle card force sering dimainkan oleh pesulap manapun didunia ini. Karena teknik ini adalah teknik yang harus dimiliki oleh semua orang yang mengaku dirinya pesulap.

DVD Introduction to Coin Magic

Seringkali, koin magic dianggap sebagai cabang seni sulap yang dipandang sebelah mata. Beberapa orang bahkan menganggap bahwa sulap koin hanya bisa dipakai untuk mengelabuhi anak kecil. Apalagi apabila sulap koin tersebut hanya mengandalkan kecepatan tangan, tanpa mengandalkan gimmick tertentu.

Apakah anggapan di atas benar? Menurut pendapat saya, pendapat tersebut salah besar. Sulap koin, bisa menjadi salah satu andalan utama anda. Simpel, bisa dipinjam dari penonton, tanpa perlu persiapan khusus, dan yang paling penting adalah efek visualnya. Lihat saja para master koin magic di dunia seperti David Stone, Bobo, ataupun Homer Liwag. Mereka berhasil membawa sulap koin ke tingkat yang sangat tinggi, dengan efek yang luar biasa.

Tentunya, untuk menyajikan sulap koin yang baik, diperlukan panduan yang tepat dari sumber yang terpercaya. Kali ini, saya merekomendasikan item "DVD Complete, Introduction to Coin Magic" dari toko sulap online Rajasulap. Selain detail tutorial yang sangat bagus, DVD ini juga membahas hal-hal lain yang sangat mendetail di balik koin magic itu sendiri, tips dan trik untuk memperkuat routine anda, dan yang paling penting adalah live performance di depan audiens. Selain itu, anda juga akan mendapatkan bonus panduan berbahasa Indonesia dari tim Rajasulap.


Masih ingat aksi Ivan di The Master beberapa waktu lalu? Hanya bermodalkan koin dan kecepatan tangan, ia bisa menampilkan pertunjukan yang memukau dan membawanya naik ke final The Master Season 4. Jadi, jika anda berminat memainkan pertunjukan sulap yang benar-benar impromptu, tanpa perlu banyak persiapan dan prosedur yang melibatkan penonton, koin magic adalah pilihan yang tepat. Kunjungi link berikut untuk informasi lebih lanjut :

Trik Dasar Magic Square dan Pengembangannya

Trik ini disubmit oleh Lisa Santika, peserta The Battle of Wikumagic June 2010 kategori Second Division

Trik dasar Mathemagics

Magic Square

Penasaran dengan trik mathemagics populer, Magic Square? Sebenarnya cara menyelesaikan permainan ini tidak begitu sulit, dan bervariasi. Namun untuk pemula bisa memakai algoritma yang telah disusun. Perhatikan bagan di bawah ini(Untuk Magic Square dasar 4x4)

Untuk penjelasannya,A,B,C, dan D yang menjadi kucinya adalah angka acak yang jika dijumlahkan sesuai angka pilihan penonton. Setelah keempat kotak lajur pertama terisi, anda pasti dapat mengisi dengan gampang kotak lainnya.

PENGEMBANGAN TRIK

1. Kalau anda ingin mencoba memadukan unsur Card magic, Gunakan metode Forcing yang anda sukai untuk mendapatkan angka yang akan menjadi patokan. Mengingat kartu remi yang bernilai paling tinggi hanya sampai 13(King) kartu yang ditarik bisa dibuat lebih dari satu.
2. Selain Forcing, anda bisa membiarkan penonton mengambil kartu dengan jumlah berapapun untuk menantang anda.
3. Dipadukan dengan Mentalism contohnya selesai mengerjakan Magic Square anda mengeluarkan kartu prediksi dari saku anda(“Sebenarnya, saya sudah memprediksikan anda akan mengambil kartu tersebut…”) dengan Forcing, tentunya.
4. Illusion, seperti setelah selesai ber-Magic Square ria anda menunjukkan kartu pilihan penonton telah berada dalam kubah kaca, dll sesuai kreativitas anda.
Jika anda memperhatikan bagan tersebut dan memahami strukturnya, anda pasti dapat mengembangkannya ke ukuran yang lebih besar. Perhatikan:Baik secara vertikal maupun horizontal, jumlah yang ditambah atau dikurang adalah 0. dengan kata lain, seluruh angka yang ada, jika dikembalikan, akan menjadi



Dengan begini dapat disimpulkan sebenarnya susunan tersebut hanya merupakan keempat angka kuci yang diacak letaknya(Tetapi agar jumlahnya berbeda beda disamarkan dengan menambah dan mengurang).
Untuk menghilangkan kecurigaan penonton, cobalah untuk melakukan variasi. Misal, kalau dalam contoh angka variabel yang dipakai adalah-3,+3,-1,+1, dsb, bisa diubah menjadi -6,+6,-2,+2, asalkan anda tetap mempertahankan strukturnya(Baik vertikal maupun horizontal jika dihitung = tetap)


Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Crush

Telekinesis, ataupun kekuatan untuk memanipulasi bentuk suatu benda pastinya merupakan sebuah kemampuan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat trik sulap yang berefek killer. Tentunya, hal itu juga diikuti dengan kemampuan presentasi yang baik agar bisa memukau penonton. Trik sulap jenis ini memang sangat kuat efeknya, karena tidak hanya bersifat "mind-blowing", namun juga "eye-blowing". Jangan heran jika anda dicurigai memiliki kekuatan supernatural jika bisa memainkan trik ini dengan sukses.



Biasanya, trik jenis ini sangat erat kaitannya dengan street magic. Efek dari permainan seperti ini akan makin meningkat jika anda memainkannya di jalanan, langsung di depan mata penonton, di mana mereka melihat anda benar-benar bermain tanpa asisten, alat-alat panggung, ataupun trik kamera. Untuk review kali ini, saya memberi sorotan khusus pada gimmick yang bernama "CRUSH", sebuah alat sulap yang dijual di toko sulap online RAJASULAP. CRUSH adalah permainan street magic yang sangat populer, di mana anda bisa meminjam botol air mineral dari penonton, meletakannya di lantai, dan seolah-olah dengan kekuatan pikiran, anda bisa meremukkan botol tersebut. Sangat visual, killer, dan bisa menanamkan efek yang dalam kepada spectator.


Istimewanya, item yang dijual di RAJASULAP ini bukan berupa gimmick, namun berupa video tutorial. Sekedar informasi, ada dua versi CRUSH yang bisa anda mainkan. Versi pertama tanpa gimmick,dan versi kedua dengan gimmick. Dua metode tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Versi tanpa gimmick tidak memerlukan persiapan, tapi membutuhkan kondisi tertentu untuk memainkannya. Versi dengan gimmick memerlukan sedikit persiapan, namun akan lebih mudah dimainkan dan efeknya lebih meyakinkan. Cara membuat gimmick diajarkan dengan sangat detail dalam video, dan pasti bisa diterapkan berulang-ulang. adi yang anda dapat :

* 1 VCD Crush by Eric Ross
* 1 VCD Rajasulap membahas Crush dan cara membuat alatnya juga dalam bahasa Indonesia.

KETERANGAN PENTING !
Anda hanya akan mendapatkan VCD menerangkan, anda bisa segera mainkan yang versi 1 yaitu yang TANPA ALAT, untuk versi 2 anda TIDAK MENDAPAT ALATNYA. Alat dapat anda buat sendiri karena VCD ini memandu cara pembuatan alatnya juga yang dibuat dengan benda sehari-hari yang dapat anda beli sendiri.

Trik ini sangat berharga untuk dimainkan dalam street magic, dan bisa digunakan untuk membangun reputasi anda sebagai seorang street magician. Kunjungi lebih lanjut untuk informasi lebih lanjut mengenai pemesanan.

False Cut

Trik ini disubmit oleh Agus Lockheart, peserta The Battle of Wikumagic June 2010 kategori Second Division

False Cut adalah teknik untuk memotong/ membagi kartu tanpa mengubah susunan kartu. False Cut merupakan dasar dari teknik sulap kartu yang wajib dipelajari bagi pemula. Dengan teknik ini anda melakukan potongan kartu dengan gaya flourish sehingga kartunya terlihat teracak tetapi sesungguhnya kartunya tidak teracak sama sekali dan masih berada diposisi semula. Ini adalah salah satu teknik false cut dan menurutku, teknik ini yang paling simpel dan menarik

Prosedur
1. Posisi tangan kanan; pegang ujung kanan kartu, dengan jari ibu, jari telunjuk dan jari tengah. Posisi jari tengah memegang bagian bawah kartu dan jari telunjuk memegang bagian atas kartu. Dan posisi tangan kiri siap memegang kartu. Lihat pada gambar



2. Angkat bagian atas kartu dengan cara jari telunjuk menahan bagian atas kartu dan angkat dengan jari telunjuk.

3. Setelah itu, geser kartu hasil potongan tadi ke tangan kiri, dengan cara jepit potongan tadi ke ujung tengah diantara ibu jari dan jari telunjuk tangan kiri. (Anggap hasil potongan ini, potongan A)


4. Angkat bagian atas kartu di pack kartu tangan kanan dengan menggunakan jari telunjuk seperti cara sebelumnya (Kita anggap potongan atasnya B, dan bawah C).

5. Masukan ibu jari tangan kanan anda ke bagian tengah potongan kartu tadi, pastikan kartu 'potongan A' tidak tergabung di 'potongan C' kartu ditangan kiri anda.

6. Jepit potongan A dengan menggunakan jari manis dan ibu jari tangan kanan.


7. Ambil potongan kartu C seperti di prosedur 3 dengan tangan kiri. Tetapi tangan kanan anda mengambil potongan A. Seakan-akan kelihatan bahwa potongan itu adalah kartu yang sama. (Pastikan kartu di potongan A tidak tergabung di potongan B atau sebaliknya)



8. Putar tangan kanan anda kearah atas, dari arah kiri keatas (arah jarum jam). Gunakan jari telunjuk kiri anda untuk mengeser potongan B ke tangan kiri anda. Dan jatuhkan ke tumpukan kartu ditangan kiri.

9. Terakhir, jatuhkan potongan kartu di tangan kanan anda (potongan A), ke atas tumpukan kartu di tangan kiri anda.

Note & Tips ;
- Ini adalah penjelasan untuk tangan kanan, bagi yang kidal, tinggal anda gantikan posisi tangannya misal tangan kanan menjadi tangan kiri. (posisi jari tidak diubah)
- Untuk latihan pertama, lakukan dengan pelan-pelan. Jangan terburu-buru, karena dapat membuat kartunya tidak beraturan. Latih terus sampai anda terbiasa dengan kecepatan sedang.
- Jika ada yang kurang jelas, anda dapat mendownload videonya di http://www.ziddu.com/download/10539623/FalseCut.3gp.html
- Gunakan GOM Player untuk memainkan file videonya.

Profil

Nama : Agustianto Halim
Stage Name : Agus Lockheart
Asal : Pontianak


Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Card Basics

Trik ini disubmit oleh Sigit Utomo, peserta The Battle of Wikumagic June 2010 kategori First Division

Card Mentalism Basics
Anda merupakan seorang cardician atau seorang mentalist ? Jangan mengaku kalau anda merupakan seorang mentalist atau cardician jika anda tidak mengetahui apa yang namanya card forcing .Jika anda ingin menjadi seorang cardician atau seorang mentalist yang memainkan triknya dengan medium kartu maka anda wajib menguasai teknik teknik berikut : Forcing , Shuffling , dan beberapa teknik lainnya seperti marking , glimpsing , palming dsb .


Berikut merupakan beberapa teknik untuk card mentalism yang bisa saya bagikan untuk anda.
A. Shuffling

Shuffling dalam bahasa Indonesia merupakan pengocokan . Shuffling dilakukan untuk mengacak susunan kartu dalam sebuah deck sehingga para penonton ataupun spectator yakin bahwa deck tidak diurutkan terlebih dahulu oleh sang magician . Namun terkadang pula magician melakukan shuffling untuk mengurutkan kartu dalam posisi tertentu tanpa diketahui oleh siapapun . Berikut merupakan beberapa teknik pengocokan yang mengurutkan kartu ke posisi tertentu


1. The Overhand Shuffle
Overhand Shuffle adalah teknik shuffling yang bertujuan untuk mempertahankan posisi kartu atau mengubah posisi suatu kartu . Berikut merupakan beberapa teknik overhand shuffle

Overhand Shuffle Holding Position ( Posisi Memegang Kartu )
Posisi memegang kartu dalam overhand shuffle adalah sebagai berikut :


* Kartu ditaruh secara face down di tangan kiri . Posisi kartu agak dimiringkan sedikit ke kanan
* Posisi Jari : Jari jempol berada di bagian belakang deck , jari telunjuk berada di sisi atas deck, dan ketiga jari lainnya berada di bagian depan deck



Cara melakukan Overhand Shuffle
1. Pegang kartu pada overhand shuffle holding position . Genggam seluruh deck dengan tangan kanan anda lalu tarik seluruhnya ke atas .
2. Saat anda menarik kartu dengan tangan kanan anda, tekan kartu teratas secara perlahan



3. Kartu teratas secara otomatis jatuh ke tangan kiri anda . Lakukan hal ini secara berulang ulang sehingga nantinya kartu terbawah menjadi kartu teratas dan kartu teratas menjadi kartu terbawah
( Note : Dalam overhand shuffle teknik ini dinamakan teknik “ The Run”
4. Jika anda ingin mempertahankan posisi kartu terbawah , pada prosedur 1 kartu yang anda tahan adalah kartu terbawah sehingga kartu terbawah tetap berada dalam posisinya . Kemudian lakukan pengocokan biasa tanpa mengocok kartu terbawah

2. Simple False Cut



False cut merupakan salah satu metode pengocokan kartu yang dapat mempertahankan susunan kartu . Dengan false cut , anda terlihat seperti mengocok tumpukan kartu namun sebenarnya susunan kartu tidak berubah sama sekali .

Berikut merupakan cara sederhana untuk melakukan false cut

1. Bagilah deck menjadi 2 tumpukan yaitu tumpukan "a" yang merupakan tumpukan kartu atas dan tumpukan "b" yang merupakan tumpukan kartu bawah . Anda bisa membagi deck dari mana saja .

2. Letakan tumpukan "b" di atas tumpukan "a". Letakan tumpukan "b" dengan posisi agak miring di atas tumpukan "a"



Note : Jangan sampai spec mengetahui tumpukan "b" diletakan dengan posisi miring

3. Kemudian angkat seluruh tumpukan yang dimiringkan tadi (tumpukan "b") lalu letakan di atas meja dengan posisi biasa (tidak dimiringkan) . Kemudian letakan tumpukan "a" dengan posisi agak miring di atas tumpukan "b".

4. Angkat seluruh tumpukan "a" (yang tadi dimiringkan) lalu letakan di atas meja dengan posisi tidak dimiringkan . Kemudian ulangi prosedur 2 dan 3 . Susunan kartu tidak akan berubah .

Note :

1. Lakukan teknik dengan tempo yang cepat sehingga spec tidak memiliki kesempatan untuk melihat apa yang sebenarnya anda lakukan

2. Lakukan teknik ini sebanyak 3-5 kali supaya terlihat lebih meyakinkan .

B. Forcing

Forcing dapat diartikan “Memaksa” . Artinya anda “memaksa” spec ( sukarelawan ) untuk mengambil kartu sesuai keinginan anda . Sang sukarelawan mengira jika ia telah memilih kartu sesuai keinginannya namun sebenarnya ia mengambil kartu sesuai keinginan anda .

Berikut merupakan beberapa teknik Forcing

1. Double Turn Force

1. Siapkan 1 pak kartu tanpa joker
2. Kemudian letakan kartu yang hendak di – force di posisi terbawah ( Mis.King Wajik)
3. Lakukan overhand shuffle untuk menaikan kartu dari posisi terbawah ke posisi teratas

4.Suruh spec. memotong deck lalu membaliknya sehingga tumpukan potongan berada dalam posisi face up.

5. Kembalikan tumpukan tsb. lalu suruh ia melakukannya lagi dengan memotong kartu lebih banyak lagi sehingga sebagian tumpukan teratas berada dalam posisi face up dan sebagian di bawahnya face down

6. Suruh ia melihat kartu yang menghadap face down pertama. Kartu tersebut merupakan King Wajik , sama seperti yang anda hafalkan

Note :

-Trik ini sebaiknya dimainkan dalam tempo yang cepat

- Trik ini merupakan salah satu card forcing yang dapat dikembangkan dalam trik lainnya



2. Riffle Force
Riffle force merupakan teknik forcing yang paling saya sukai. Riffle force merupakan teknik forcing yang sulit terbongkar dibandingkan teknik forcing lainnya .
1. Taruh kartu yang hendak di – force di posisi terbawah . Kemudian lakukan overhand shuffle untuk menaikannya ke atas
2. Genggam deck dengan Mechanic’s Grip . Caranya , posisi jari jempol berada di sisi samping deck , jari telunjuk di sisi atas deck dan ketiga jari lainnya di atas deck

3. Riffle deck dengan tangan kanan anda dan suruh spec mengatakan STOP di mana saja . Kemudian tariklah seluruh bagian atas deck . Pada saat menarik tahanlah kartu teratas sehingga kartu teratas terjatuh ke posisi teratas bagian lainnya . Suruh ia mengambil kartu teratas tsb.
4. Jika anda melakukannya dengan cepat maka spec tidak akan menyadari jika ia mengambil kartu sesuai keinginan anda

3. Palm Force

1. Sebelum show, taruh 1 kartu yang hendak di – force di kantong celana anda ( Mis. As skop)
2. Suruh spec mengocok deck yang anda siapkan
3. Kemudian dengan teknik finger palming , ambilah kartu yang hendak di force dari kantong anda dengan tangan kiri anda . Pada saat yang bersamaan , ambilah deck dari tangan spec dengan tangan kanan anda
4. Satukan tangan kiri anda dengan tangan kanan anda . Letakan kartu yang tadi di finger palming di atas deck dalam posisi face down . Pada saat anda melakukan ini , lakukan misdirection (pengalihan perhatian) supaya pandangan spec tidak tertuju pada deck ketika anda melakukan ini
5. Suruh spec mengambil kartu teratas pada deck . Ia pasti mengira bahwa itu merupakan kartu acak padahal itu merupakan kartu pilihan anda tadi

Note : Jika anda tidak mengerti finger palming , teknik tsb. Akan dibahas di bagian Other Techniques





4. Counting Force

1. Taruh kartu yang hendak di force di posisi terbawah. Kemudian lakukan overhand shuffle untuk menaikannya ke posisi teratas
2. Suruh spec memilih angka antara 10 – 50 . Misalkan ia memilih 21
3. Letakan 21 kartu satu per satu mulai dari atas deck . Lakukan dengan tempo agak cepat
4. Kemudian suruh spec mengambil deck dengan 21 kartu tsb. dan melakukan hal yang sama dengan yang anda lakukan . Suruh ia mengambil kartu teratas yang merupakan kartu force .


C. Other Techniques

1. Finger palming

Finger palming merupakan teknik menyembunyikan kartu atau benda lain di balik jari jari tangan anda .




2. Glimpsing

Glimpsing merupakan teknik pengintipan tanpa diketahui oleh siapapun . Teknik ini biasa dilakukan dalam trik menebak kartu pilihan , melihat benda pilihan dengan mata tertutup dsb.

Berikut merupakan teknik teknik dalam melakukan glimpsing

Teknik 1

1. Suruh spec mengocok kartu terlebih dahulu
2. Lakukan glimpsing pada kartu teratas .
3. Caranya , Riffle – lah tumpukan kartu . Katakan pada spec bahwa kartu telah tersusun acak . Pada saat kartu mencapai kartu teratas , intiplah kartu tsb .
4. Kemudian lakukan teknik forcing kesukaan anda
Teknik 2

Ini merupakan teknik untuk menebak kartu pilihan spec atau melihat kartu terbawah

1. Suruh spec mengambil 1 kartu
2. Kemudian suruh ia memotong deck di mana saja . Suruh ia memilih salah satu tumpukan dan meletakan kartunya di paling atas tumpukan tsb.
3. Pada saat ia meletakan kartu , diam diam ambil tumpukan yang lain lalu miringkan tumpukan tsb. 60 derajat sehingga anda dapat melihat kartu terbawah ( Mis. King Skop)
4. Letakan tumpukan yang tidak dipilih tadi di atas tumpukan dengan kartu spec .
5. Lakukan false cut beberapa kali
6. Untuk menemukan kartu pilihannya , cari saja kartu King skop lalu lihat kartu setelah king skop . Kartu tsb. merupakan kartu pilihan spec

3. Marking
Marking bisa diartikan “ Menandai” . Anda dapat menandai letak kartu pilihan spec maupun letak kartu lainnya . Berikut merupakan beberapa teknik marking


1. Finger Break
Finger break merupakan teknik marking dengan menggunakan jari anda sehingga anda dapat mengetahui posisi kartu milik spec atau posisi kartu lainnya.
1. Suruh spec memilih salah satu kartu . Misalkan ia memilih 3 hati
2. Kemudian suruh ia membagi deck di mana saja ia mau . Suruh ia meletakan kartunya di tempat ia membagi deck .
3. Kemudian lakukan finger break di tempat ia menaruh kartu tadi

(Note : Jangan lakukan finger break sebesar itu . Lakukan finger break yang lebih kecil lagi)

4. Kemudian letakan tangan anda beserta deck di balik badan anda . Katakan bahwa anda akan mencari kartu pilihan spec tanpa melihatnya
5. Caranya ambil saja kartu teratas pada tempat anda melakukan finger break . Kartu tsb. merupakan kartu pilihan spec .


2. Opposite Card

Opposite Card merupakan kartu yang bagian belakangnya berlainan dengan kartu yang lain . Karena kartu yang lain dari yang lain tsb. maka kartu itulah yang merupakan kartu pilihan spec

1. Siapkan 1 pak kartu yang bila gambar belakangnya dibalik akan berbeda dengan kartu lainnya . Anda bisa menggunakan kartu dengan bagian belakang gambar objek wisata misalnya . Kemudian aturlah supaya 1 deck memiliki bagian belakang yang menghadap arah yang sama .
2. Suruh spec mengambil 1 kartu
3. Pada saat yang bersamaan , putarlah deck 180 derajat sehingga arah gambar berubah. Suruh spec memasukan kartunya ke dalam deck di mana saja ia mau
4. Untuk menemukan kartu pilihan spec , carilah kartu yang arahnya berlainan dengan kartu kartu lainnya

Itulah beberapa dasar dasar card mentalism yang dapat saya bagikan . Saya mohon maaf bila ada kekurangan atau kesalahan dalam artikel ini . Semoga bermanfaat ….

My Profile :
Nama : Sigit Prakarsa Utomo
TTL : Bogor , 22 Juli 1995
Aliran Magic : Mentalism
E-mail : ace41@ymail.com
Website: http://acementalist.blogspot.com/


Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

The Angel Display : Tutorial

Artikel ini ditulis oleh Wiku Pulangasih the Online Magician, bersumber dari DVD The Virts & Bone Ho, dengan tambahan informasi dari DVD Genesis by Andrei Jikh

Definisi : The Angel Display adalah salah satu teknik dalam Extreme Card Manipulation kategori "display", di mana satu buah kartu diseimbangkan di atas ibu jari anda. Angel Display termasuk display favorit saya karena cukup simpel, mudah dilakukan, namun efek visualnya cukup indah.



Prosedur :

1. Pegang kartu di tangan kiri anda (jika anda kidal, maka pegang kartu dengan tangan kanan). Tempatkan ibu jari tepat di bagian tengah kartu teratas. Tekan ibu jari anda ke arah bawah.



2. Balikkan pergelangan tangan anda ke arah bawah. Tetap berikan tekanan (kali ini ke arah atas) pada ibu jari anda terhadap kartu paling bawah. Jika perlu, gunakan bantuan jari telunjuk untuk menekan kartu ke arah bawah.



3. Pisahkan kartu terbawah dengan cara menggerakanibu jari ke arah bawah. Keempat jari yang lain anda gunakan untuk memegang dek kartu. Jika kartu sudah cukup seimbang/ melekat di permukaan ibu jari anda, gerakkan ibu jari anda ke arah kanan.



4. Balik pergelangan tangan anda ke arah atas sambil tetap mempertahankan keseimbangan satu buah kartu di atas ibu jari anda. Jika kartu tetap berhasil bertahan di ibu jari anda, berarti "The Angel Display" telah berhasil dilakukan. Pertahankan selama beberapa detik. Untuk menutup display ini cukup mudah. Gerakkan saja ibu jari anda ke arah bawah, ke atas tumpukan kartu yang lain. Lakukan perpindahan dari poin nomor 3 ke nomor 4 dengan cepat untuk membuat display lebih indah.



Tips :

1. Display ini lebih mudah dilakukan jika ibu jari anda dalam keadaan lembab. Jika permukaan ibu jari anda sangat kering, anda akan mengalami sedikit kesulitan. Tambahkan tekanan ekstra, atau basahi permukaan ibu jari anda untuk mempermudah.

2. Saat menekan kartu, jangan hanya menggunakan ujung ibu jari anda, tapi gunakan permukaan ibu jari anda selebar mungkin.

3. Belajarlah untuk memainkan Angel Display dengan kedua tangan untuk membuat routine XCM yang lebih indah.

4. Berikut adalah video tutorial dan variasi dari Angel Display :



Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Double Lift Tutorial and Trick

Trik ini disubmit oleh Lisa Santika Onggrid, peserta The Battle of Wikumagic June 2010 kategori First Division


Komentar Wiku Pulangasih the Online Magician : Sebenarnya yang membuat artikel ini masuk ke First Division bukan teknik double lift-nya. Kekuatan artikel ini terletak pada kata-kata dan cerita yang digunakan dalam mempresentasikan sebuah trik. Lisa Santika berhasil menunjukkan sebuah teknik scripting (penulisan skenario) yang sangat bagus dalam sebuah trik magic yang simpel. Perlu diingat, presentasi adalah faktor paling penting yang menentukan berhasil atau tidaknya trik anda di mata spectators.


Double Lift

Double lift adalah dasar dari bermacam macam trik kartu. Dengan menguasai keterampilan ini sudah bisa mencoba beragam card magic dari tingkat pemula hingga menengah.



Pada dasarnya, double lift berarti mengambil dua kartu, tetapi berpura pura hanya mengambil satu. Walaupun dalam gambar diberi renggang untuk mempermudah pemahaman, dalam double lift sebenarnya kedua kartu harus rapat. Untuk melakukannya, agak sulit dijelaskan dengan kata kata,tetapi harus dengan mempraktekkannya langsung. Seorang magician harus melakukan latihan terus menerus sampai tangannya menghafal secara otomatis cara menggenggam dua kartu seperti satu kartu. Untuk mengambil dua kartu sekaligus dari tumpukan kartu, latihan sangat diperlukan untuk mencegah kartu jatuh meluncur. Jika sudah mahir bisa ditingkatkan menjadi triple lift (bahkan quadruple dengan jenis kartu tertentu) sesuai kebutuhan anda. Di bawah ini adalah trik sederhana menggunakan double lift. Trik ini adalah trik original saya,menggabungkan magic dan kemampuan bercerita.

Sacrifice of The King
Lisa Santika Onggrid


Effect: King yang berada di ‘penjara’ dapat menggantikan tempat King yang dibakar di ‘Kota’

Tricks: Pertama tama, siapkan dua King(sesuai selera anda). Disini saya memakai King Diamond dan King Spade. Masing masing akan memiliki status diantara ‘kakak’ dan ‘adik’. Dalam contoh ini saya memakai K.Diamond sebagai ‘kakak’ dan K. Spade sebagai ‘adik’.

1. Perlihatkanlah King Diamond dan King Spade dengan tangan kanan anda, sambil menceritakan kisah berikut, tetapi, di saat yang sama, anda harus melakukan palming dengan tangan kiri anda(kartu yang di palming terserah, asal bukan merupakan King juga, jika kesulitan bisa bergaya memasukkan tangan ke saku celana)

“ Di suatu kerajaan, terdapat dua orang King bersaudara. King Diamond, sang kakak, dan King Spade, sang adik. Mereka berdua cukup rukun, walau sebenarnya sang adik lebih ambisius dan iri terhadap kakaknya. Hanya saja, tak berapa lama setelah orangtua mereka mangkat,..”

2. Pada tahap ini gabungkan kartu yang anda palming di belakang kedua bersaudara,hati hati jangan ketahuan. Pisahkan ketiga kartu ini dari tumpukan dengan gambar menghadap bawah. (perhatikan urutan: Paling atas adalah Kakak, kemudian adik, dengan demikian kartu paling bawah adalah kartu palming(selanjutnya disebut dummy).

“…Sang adik mengambil alih tahta kerajaan. Kakaknya mengalah demi keutuhan kerajaan. Tetapi…”

2. Pisahkan tumpukan kartu menjadi dua, kiri dan kanan.(ingat,gambar menghadap bawah)



“Sang adik menikmati kekuasaannya di kota(tunjuk tumpukan sebelah kiri)”

4. Lakukan Double Lift pada tumpukan tempat King berada, tunjukkan pada audiens bahwa yang anda pegang adalah King Spade(adik) padahal sebenarnya anda memegang kedua King. Letakkan ke tumpukan sebelah kiri(kota)

“Karena masih takut akan kakaknya, ia membuat tuduhan palsu dan fitnahan, berujung pada keputusan kakaknya dijebloskan ke penjara(tunjuk tumpukan kanan)”
Ambil kartu dummy yang tersisa, berhati hatilah agar audiens tidak mengetahui bahwa kartu itu sebenarnya sama sekali bukan King(bisa juga melakukan ini sambil bercerita agar audiens tidak memperhatikan), dan letakkan di tumpukan sebelah kanan(penjara).

“Sang kakak sama sekali tidak dendam pada adiknya. Ia menghabiskan waktu di penjara dengan tenang, sambil mendoakan adiknya.”

“Semakin lama penduduk semakin tidak menyukai raja baru. Apalagi setelah menemukan bahwa sang Raja mencurangi mereka dengan menyimpan sendiri seluruh hasil pajak bumi. Mereka memberontak, dan pada akhirnya Sang Adik diturunkan dari tahta. Ia akan dihukum bakar oleh para penduduk.”

“Sang kakak terkejut mendengar berita itu, dan mulai memikirkan cara menyelamatkan adiknya.”

“Pada hari yang ditentukan, sang adik dipakaikan penutup wajah, danbersiap dieksekusi.”

5. Lakukan double lift lagi, ingat, gambar harus menghadap anda. Berpura puralah mengambil korek api atau pemantik sambil menyelipkan King Spade(adik) ke tangan kiri(langsung dipalming) sehingga yang tertinggal di tangan adalah King Diamond(kakak) yang dikira sang adik oleh audiens.

Nyalakan api, dan bakarlah King itu. Tidak terbakar habis juga tidak masalah. Itu justru mempermudah babak akhirnya. Letakkan sisa-sisanya secara terbalik(gambar menghadap meja).

6. King yang anda palming bisa anda masukkan ke saku celana(sambil bercerita) atau anda selipkan ke gulungan lengan, terserah anda. Anda bisa memakai berbagai cara untuk membuatnya terlihat hilang. Selanjutnya, kembalilah pada cerita anda, katakan dengan meyakinkan:

“Penduduk kerajaan itu sangat senang. Mereka pergi ke penjara untuk melepaskan sang kakak dan diangkat menjadi raja beru mereka(berikan tumpukan ‘penjara’ pada penonton, biarkan mereka memeriksanya, kemudian lanjutkan ketika mereka tidak menemukan King Diamond(kakak) di dalamnya)

“Mereka tidak menemukan sang kakak! Tiba tiba beberapa orang dari kota datang membawa jenazah dari lapangan eksekusi.(perlihatkan sisa bakaran pada audiens) Yang mereka bakar bukanlah sang adik, tetapi sang kakak yang menyamar! Dia telah menggantikan tempat adiknya.”

7. Jika audiens merasa terkejut, berarti anda cukup berhasil. Lanjutkan dengan bagian akhir:

“Karena merasa penasaran,(ambil tumpukan ‘kota’) mereka memeriksa setiap sudut kota(berikan tumpukan itu pada para audiens untuk diperiksa)setelah mereka memeriksa tumpukan itu, katakan:

Sang Adik tidak ada dimanapun! Para penduduk merasa menyesal atas tindakan mereka, tapi juga terharu oleh pengorbanan sang Kakak agar adiknya bisa kabur.

Makna:
Anda bisa berkreasi sendiri mengenai makna permainan ini, sesuai audiens anda. Tetapi anda bisa mencoba contoh ini:

Sang kakak adalah figur sahabat sejati. Dia tidak mendendam walaupun dikhianati, selalu mendoakannya, dan masih siap berkorban demi sahabatnya.
Biodata Singkat:

Lisa Santika Onggrid
Age:15
Pekanbaru, Riau

Saya sendiri hanya seorang pemerhati ketimbang magician, walaupun saya senang mengamati cara saudara dan teman teman saya bermain. Punya mata yang lumayan karena sering melihat saudara saya berlatih. Saya mengunjungi beberapa blog magic dan membaca E-Book sulap, dan cukup tertarik. Tetapi saya belum mencoba memainkan sendiri trik trik yang saya baca karena beberapa alasan tertentu.

Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Simple Mind Reading

Trik ini disubmit oleh David Rohadi peserta The Battle of Wikumagic June 2010 kategori First Division

The Simple Mind Reading


Dalam dasar seni Mentalism kita mengenal Psikokinesis, Telekinesis, Sensing, Clairvoyant, dan Mind Reading, pada kesempatan kaliini saya akan membahs trik mind reading yg paling sederhana.

Efek :
Magician mampu membaca pikiran seorang sukarelawan lewat 3 pertanyaan yang diajukan sang magician.

Persiapan :
- 3 lembar kertas kecil yg sama

- Alat tilis ( Spidol / Pulpen / Pensil )

Prosedur :
1. Minta seorang penonton untuk membantu anda.
2. Katakan pada sukarelawan td bahwa anda akan melakukan eksperimen membaca pikiran sang sukarelawan lewat beberapa pertanyaan.
3. Pertanyaan pertama :
Misal : Pikirkan Negara yg anda dukung di World Cup 2010 South Africa ?
Yg sebenarnya kita tulis di kertas ini adalah jawaban pertanyaan ke-3 yang sebelumnya anda sudah tahu jawabanya ( disini kita pakai forcing angka ? x 2 + ? : ? = 3 ) beri nomer pretanyaan 3 di sudut kana atas kertas ,

kemudian lipat-lipat kertasnya dan suruh sukarelawan td menggenggamnya .



4. Tanyakan jawaban pertanyaan pertama kpd sukarelawan td ( misal dia menjawab : Inggris )
Pertanyaan ke-2 :
Misal : pikirkan nama pemain Sepakbola faforit anda ?
Yg sebenarnya anda tulis di kertas ini adalah jawaban pertanyaan pertama yg
diberitahu sang sukarelawan yaitu Inggris, beri nomer pertanyaan 1 di sudut
kanan atas kertas , lipat-lipat kertasnya dan suruh
sukarelawan td
menggenggamnya.



5 Tanyakan jawaban pertanyaan ke-2 kpd sukarelawn td ( misal dia menjawab :
Frank Lampard ).
Pertanyaan terakhir :
Pertanyaan ini adalah forcing yg jawabanya sudah anda tulis di kertas pertama
yaitu : pikirkan sebuah angka kemudian kalikan dgn 2, tambah dgn angka yg
dipikirkan dan dibagi dgn angka yg dipikirkan ? ( hasilnya pasti 3 ).
Yg sebenarnya anda tulis di kertas ini adalah jawaban pertanyaan ke-2 yaitu Frank
Lampard
, beri nomer pertanyaan 2 di sudut kanan atas
kertas, lipat-lipat
kertasnya dan suruh sukarelawan td menggenggamnya.



6. Tanyakan jawaban pertanyaan ke-3 yg jawabanya pasti 3
7. Bukalah lipatn-lipatn kertas yg ada di genggaman sukarelawan td, setelah
Dicocokan ternyata jawaban sang sukarelawan dan tulisan sang Magician sama.



Catatan :
- Pertanyaan pertama dan ke-2 bebas sesuai keinginan anda.
- Setiap anda nenulis jawaban sang sukarelawan, tulisan anda jangan sampai terlihat oleh siapapun.
- Dan yg terpenting adalah LATIHAN

Sekian dari saya kurang/lebihnya saya minta maaf dan
Salam Magic

Biodata singkat :



Nama : David Rohadi
Alamt : Pamulang, Tangerang Selatan
Aliran Magic : Mentalism
Email : david.rohadi@yahoo.com
Facebook : david_rohadi@yahoo.com ( David Rohadi )
Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

Learn The Basic Part 3 (Coin Matrix)

Trik ini disubmit oleh Andy Setiant, peserta The Battle of Wikumagic June 2010 kategori First Division

Coin Matrix
Efek :
Hanya bermodalkan 2 kartu remi, anda dapat memindahkan koin secara magis.

Prosedur :
-Agar lebih mudah memahami, di sini kita sebut saja ”kartu & 1 koin kiri=A” sedangkan ”kartu & 1 koin kanan=B”
-Langkah pertama letakan 1 koin di kanan, lalu letakan 1 kartu di atasnya



-Kemudian letakan 1 kartu di kiri, tapi sebenarnya di kartu ini terdapat 1 koin tersembunyi yang tidak di ketahui penonton, jadi penonton hanya mengira bahwa hanya ada sebuah kartu!




-Katakan bahwa anda akan memindahkan koin di B ke A, maka angkat kartu A & B secara bersama’an (sa’at mengangkat kartu B angkat juga koinnya)



--Koin B pun telah berpindah ke A, lalu kembalikanlah koin A ke B dengan cara yang sama.

Pengembangan :
Coin Matrix With Hand : untuk sekmen kali ini saya rekomendasikan untuk para pemula, jika anda telah bisa melakukan trik tadi, maka anda bisa melakukan coin matrix hanya dengan telapak tangan, bagaimanakah caranya? Nah, inilah teka-teki untuk anda, Teka-teki ini bukanlah teka-teki yang sulit, tidak jauh dari konsep coin matrix, sekedar variasi/pengembangan.



Nama :Andi Setianto
Hobby :Magic,Musik,Rubik,Komputer
E-mail/FB :Newdaynewlife@rocketmail.com

Cukup sekian trik magic dari saya, semoga bermanfa’at dan dapat memajukan magician pemula Indonesia, Salam Magic!

Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic