Artikel Menarik Lainnya

Tips Sederhana Saat Perform Sulap

Sebuah artikel tentang tips dalam membawakan sebuah pertunjukan sulap yang ditulis dengan sangat baik oleh Andi Retsuyama untuk blog Wikumagic.



1. Berari sudut pandang penonton


Mungkin ada beberapa dari Anda yang sering melihat seorang mentalis dapat melakukan prediksi secara tepat. Kebetulankah ? nah untuk kali ini saya ingin memberi tahu caranya yang Mungkin sama walau entah benar tapi saya menggunakan cara ini dengan menggunakan logika, dengan kemungkinan benar 50:50. 

Contoh: Didepan saya ada 5 barang (pulpen,Tip-X, pensil, buku, penggaris) lalu saya menuliskan benda yang sekiranya akan dipilih audience. Nah kemungkinannya 5:1.  Tapi saya mungkin punya kuncinya yaitu caranya “berfikir menjadi audience (bila kita sebagai audience pasti memilih benda yang mungkin dipikirkan sang pesulap dalam hal ini biasanya dari mata pesulap sendiri ketika ingin menuliskan prediksinya pasti audience akan memilih benda yang tak dilihat pesulap. Contoh mata pesulap melihat ke arah kanan (pensil, buku, penggaris) pasti audience akan memilih benda yang berada di sebelah kiri (pulpen, Tip-X, pensil) karena audience ingin pesulap itu salah dalam prediksinya, kemungkinan 80% pasti audience akn berfikir itu. Nah dengan intinya kita berpikir menjadi audience kita sudah memegang 60% jawaban prediksinya. Lalu selanjutnya memilih benda yang tidak mencolok karena biasanya penonton memilih benda yang tidak terpikirkan sebelumnya berarti antara Tip-X & pensil. Kenapa tidak pulpen ? karena melihat benda yang dekat dengan pesulap jd kemungkinan akan memilih benda yang agak tengah, jadi saat ini kita sudah mempunyai 70% jawaban, tinggal berpikir yang mana diantara 2 ini ? Biasany akan memilih Tip-X, kenapa? Karena benda ini tidak sama dengan bentuk pulpen.
 
Tapi intinya adalah jadilah Anda sebagai penonton dan berpikir sebagai penonton pasti jawaban prediksi kita 80% tepat. Itulah contoh dalam bidang prediksi dengan benda yang ada disekitar kita. Dengan pendapat saya setujukan Anda ?

Tapi yang paling mudah dengan cara menggiring audience untuk memilih benda yang kita inginkan.


2. Membawa / menyuruh / meminta audience sesuai keinginan kita



Permainan ini yang paling saya suka. Caranya simple dan asal mau berlatih pasti bisa. Contoh : saya ingin teman saya masuk ke WC wanita tanpa dia sadari / mengambil suatu benda. Caranya simple dan sedikit logika.

- Buatlah korban untuk lupa ingatan sesaat dalam hal ini buatlah korban terus berpikir dengan apa yang kita katakan tapi jangan salah, ga semua orang bisa dan berhasil dengan cara seperti itu karena cara itu bisa digunakan kepada orang-orang yang sedang melamun, mengantuk, telmi, &tidak mengerti apa yang kita pikirkan, biasanya cukup dengan bahasa ungkapan / bahasa yang bisa membuatnya sulit berpikir itu sudah bisa membuatnya Blank / lupa sesaat. Tapi bagaimana dengan orang-orang yang tidak memiliki criteria itu? Caranya sama tapi menggunakan bahasa yang mudah dipahami, hanya saja kita manfaatkan pikiran korban yang cepat & mudah memahami apa yang kita pikirkan dengan cara membuatnya berpikir lebih dari apa yang kita bicarakan. 

Contohnya kita bertanya, “menurut kamu kira-kira nanti kita habis lulus jadi apa? Nah jangan berhenti pertanyaan kita, terus kita bawa dia masuk dalam pembahasan yang kita inginkan sehingga dia lupa ingatan sesaat. 

 Di saat dia mulai menunjukkan pandangan kosong kita ajak dia jalan-jalan. Dalam posisi itu biasanya mereka sudah focus dengan apa yang kita bicarakan, jangan sampai dia ingat sesuatu hal kecil apa yang kita bahas. Dengan cara ini juga kita dapat meminta benda yang kita inginkan dari korban / meminta korban untuk membawa benda yang kita inginkan taip jangan beritahu untuk apa, cukup katakn “nanti juga tahu”, nah ketika sudah sampai depan WC, fase pembahasan jauh lebih dari sebelumnya sehigga membuatnya Blank / tidak focus, suruhlah ia masuk dengan alesan tunggu di ruangan itu (jgn katakan ruang apa) nah tanpa dia sadari dia menuruti apa yang kita perintahkan. Syukur-syukur didalam ada wanitanya, dan teman kita malu jadinya. Sehingga barang yang kita ambil dia bisa lupa kalau ada dikita. Tapi saya harap cara ini tidak d lakukan untuk hal-hal yang buruk, tapi kalau mau dia tertidur biasanya, ketika fase dia dalam kadaan bingung kita beri dia obat bius. Logika ?? pernah anda tidak menyadari kalau barang yang kita cari ada disamping kita?? Atau tiba2 melamun masuk ke tempat yang salah. Nah biasanya itu disebabkan ketidak fokusan kita dalam mengingat contohnya lupa menyimpan benda / memberikan benda karena ketika kita menyimpan benda / memberikan benda itu kita dalam posisi memikirkan suatu hal, atau ketika sudah menyimpan / memberikan benda itu kita disibukkan oleh sesuatu / disibukkan oleh pikiran kita yang lain sehingga kita lupa dengan apa yang tadi kita lakukan, jadi salah jalan sendiri karena kita biasanya sibuk dengan pikiran kita / lamunan kita sehingga kita lupa dengan jalan yang kita arah.

Bagaimana logika? Nah jadi tantangannya adalah membuat korban menjadi seperti yang kita inginkan dengan cara logika tadi.


3. Membuat Hipnotis tanpa tertidur.



Cara ini tidak jauh beda dengan no.2 yg di atas tapi perbedaannya adalah dsini kita harus bisa membuat audience focus, dan cara ini tidak jauh berbeda dengan Hipnotis seperti biasanya hanya saja bila kita tidak bisa membuat penonton tertidur maka Hipnotis kita gagal, jadi saya mencoba mencari cara untuk bisa melakkan Hipnotis tanpa mmbuat audience tertidur agar bagi para pesulap muda yg bisa melakukan hipnotis tanpa membuat audience tertidur mungkin bisa menggunakan cara ini ;

-Biasanya cara ini hanya bisa digunakan kepada beberapa orang saja, tapi efeknya cukup meyakinkan, contohnya saya bisa menyentuh audience dari jauh. Tapi dalam hal ini korban tahu daerah mana yang kita ingin sentuh, kenapa ? misal saya ingin menyentuh pundak Anda, sekarang pejamkan mata Anda lalu konsentrasi dan focus kepundak Anda rasakan apakah ada yang berbeda dengan pundak Anda seperti ada yg menyentuh? Rasakan hangatnya, nah biasanya begini saja audience sudah bisa merasakan pundaknya ada yang menyentuh.

-contoh ke-2 ; membuat rokok / minuman dapat brubah rasanya, caranya sama yaitu membuat fokus audience hanya saja disini harus lebih jelas mulai dari bentuk, warna serta rasa yang penonton inginkan tapi dalam posisi memejamkan mata serta penontonpun memag sudah pernah merasakannya. Pasti ketika dirasakn audience rasa itu berubah.

-contoh ke-3 : membuat benda ringan menjadi berat / sebaliknya, caranya sama dengan membuat audience focus, hanya saja disini kita mmbantu audience membayangkan sesuatu dan efek yang dirasakan ketika mengangkat benda tsb, contohnya saya ingin membuat uang koin menjadi seberat mobil, saya akan membayangkan berat mobil dulu bagaimana beratnya lalu satukan dengan berat uang koin tsb. Lalu rasakan beratnya semakin berat sehingga tangan anda sulit mengangkat dan sulit bergerak karena benda yang anda pegang sangat berat. Sakit menutup matanya lalu dirasakan. Nah biasanya cara ini langsung brhasil.

-contoh ke-4 membuat korban dapat menyentuh / merasakan keberadaan makhluk astral. Cara yg sama untuk melakukan hal ini, yaitu membuat korban focus dengan sugesty kita hanya saja disini kita sedikit berakting seolah-olah ada, sehingga membuat korban percaya kalau memang ada. Tapi cara ini hanya diberikan kepada orang-orang yang percaya akan keberadaan makhluk astral itu, caranya pun sama yaitu mmbuat audience berkonsentrasi untuk merasakan, mulai dari perbedaan suhu ditangan serta kalau extreme lagi bisa merasakan bau hanyir darah, caranya buatlah sugesty seperti “rasakan perbedaan udara yang ada, lalu konsentrasi sedikit sekarang anda akan merasakan seperti menyentuh kain yang lembut rasakan, halusnya, lembutnya, semakin bawah anda merasakan seperti anda menyentuh air yang sedikit cepel nah itu adalah darah yang sedang mengalir, sekarang cium baunya apakah baunya sama seperti darah ?” bila audience mengatakan iya, maka kita sudah berhasil membuat audience seolah-olah percaya telah menyentuh makhluk astral walau pada kenyataannya entah benar / tidak. Catatan untuk menyakinkan pilihlah tempat yang mungkin agak seram agar audience semkin percaya.

-contoh ke-5 membuat audience lupa dengan suatu kata/melihat sesuatu hal. Cara untuk melakukan hal ini masih sama yaitu mmbuat penonton focus pada satu titik hanya bedanya kali ini menggabungkan cara dari no. 2 yaitu untuk membuatnya bingung sesaat & membuat audience melamun. Contohnya saya ingin membuat penonton melupakan kata C-I-N-T-A “pejamkan mata anda lalu bayangkan bila di depan mata anda kata-kata itu mulai menghilang dari pikiran anda sehingga anda tidak bisa mengingat kembali kata itu dari awal huruf itu, semakin memudar, semakin menghilang, dan semakin tidak mengingat kata apa yang anda ingat, sehingga ketika anda ingin mengatakan kata itu anda semakin sulit untuk mengataknnya, jika anda sudah paham sekarang buka matanya dan katakan kata apakah itu? ”bila audience tidak bisa bisa mengatakan maka cara anda berhasil, untuk membuatnya ingat, cukup katakan “tutup mata anda kembali dan ingatlah kata itu kembali” dan untuk mmbuat audience melihat sesuatu sama saja yaitu cukup sugestikan kepada audience untuk membayangkan seseorang di depan mata anda sehingga ketika anda melihat anda akan mengira dia itu adalah orang itu, simple bukan??


Nah saya akan jelaskan logikanya sehingga membuat pembaca bisa sedikit mengerti apa yang saya tulis itu, sebenarnya kejadian di atas pernah kita alami tanpa kita sadari contoh ke-1 coba anda bayangkan ada seseorg di belakang kita, (dengan kata-kata seperti itu saja telah membuat pikiran kita focus dan berkhayal akan adany keberadaan sesuatu di belakang kita yang menyentuh kita karena factor khayalan kita yg secara tidak lansung direspon oleh salah satu indra kita.) Contoh ke-2 pernah anda merasa kenapa ketika meminum air putih terkadang seperti minum air rasa fanta? Karena ketika kita haus kita membyangkan rasa fanta, sehingga indra pengecap kita menyimpan memori rasa itu mulai dari rasa dan bentuk dan otak kita pulalah yang merespon sehingga ketika kita minum air putih tapi rasa fanta tanpa kita sadari itu contohnya, contoh ke-3, ke-4, ke-5 itu sama, pernah anda mengalami lamunan yang terlalu berlebihan sehingga membuat anda lupa sesaat / paranoid / yang lainnya itu disebabkan karena pikiran dan khayalan kita yang terlalu berlebihan sehingga membuat tubuh kita merespon dengan apa yang kita pikirkan contohnya saja anda di tengah malam melihat ke arah pohon anda membayangkan disana ada “setan genderuwo” nah dalam posisi itu kita pasti dalam berkhayal tak lama kemudian muncul bayangan itu , yups benar karena factor ngelamun tadi jadi dari logika dan kejadian sehari-hari saja itu sudah menunjukkan sebuah info tanpa kita sadari. Apakah anda sedikit sudah mulai mengerti? Semoga berhasil ya.

≈ OK inti dari info kali ini yaitu permainan yang diciptakan dari memory khayalan, pikiran, focus, konsentrasi audience untuk bisa kita gunakan dalam permainan kita, semakin kita memahami akan suatu kejadian semakin banyak pula ilmu yang kita dapat tanpa perlu penjelasan yang sulit dipahami / dimengerti cukup dari kejadian yang pernah kita alami bisa menjadi suatu permainan, dalam permainan sugesty ini yang dibutuhkan adalah acting, pembawaan, serta kelancaran sang pesulap dalam pembawaannya, bahasa dan penting pesulap dapat membuat audience mengingat / masuk lagi dalam dunia khayalan menjadi kenyataan sesuatu yang tidak mungkin bisa dirasakan itulah magic dari permainan ini, tanpa membuatnya tertidur, semakin audience merasakan, dan menuruti apa yang kita sugestikn semakin baik pula game kita.

Saran saya permainan yang di atas ada baiknya digunakan untuk menjawab dari pertanyaan penonton soal hipnotis, ada baiknya ketika di atas panggung / dimanapun ketika sedang melakukan magic perlunya kita memahami tentang permainan apa yang kita gunakan sehingga membuat permainan itu hidup. Apalagi bila cara-cara di atas dimasukkan sedikit dalam aksi panggung kita, saya yakin penonton akan semakin percaya jika adalah seorang magician, & sebelum perform berfikirlah menjadi penonton, apa yang akan audience pikirkan ketika kita memainkan permainan.

Kesulitannya dalam permainan yang menggunakan sugesty ini adalah ketika kita memberikan sugesty untuk membuatnya percaya, merasakan, melihat, mencium, apa yang dia bayangkaan itu bisa menjadi kenyataan, tapi selama kita paham dan mengerti khayalan itu semakin peka pula audience itu, contoh : air putih jadi air rasa fanta (bayangkan rasanya, warna airnya, sodanya, rasa strawberry, bentuk air) / ketika melupakan kata CINTA (semakin hilang, semakin sulit mengingatnya, semakin berat mengucapkannya, semakin bingung apa yang ingin dikatakan, karena kata itu sudah tidak ada lagi dipikiran anda) intinya semakin detail kyalan itu maka pasti menjadi kenyataan.

Sumbernya berdasarkan pengalaman, kejadian nyata, dan cara saya dalam menggunakan cara-cara di atas serta saya dapatkan dari hasil apa yang ada dipikiran saya, ada beberapa pula yang saya dapatkan dari beberapa artikel tentang psikologi, &artikel yang pernah saya baca lalu saya olah kembali untuk bisa dipahami lagi walau sayapun belum tentu benar. Semoga apa yang saya tulis dapat menambah wawasan khususnya dalam skill-skill sugesty dan semoga berhasil, Good Luck. Salam Magic, Salam persahabatan, Salam Persaudaraan, dan TERUS MAJUKAN DUNIA SENI MAGIC INDONESIA ^^. (kalau kata saya “Sebarkan terus Virus Magic”)


WARNING : mohon jangan gunakan skill-skill di atas untuk digunakan dalam hal-hal yang tak bertanggung jawab, melanggar hukum, apalagi yang merugikan.

0 comments:

Facebook Blogger Plugin: Bloggerized by AllBlogTools.com Enhanced by MyBloggerTricks.com

Post a Comment

Welcome to Wikumagic, the first online magic resource in Indonesia.
Komentar anda akan dimoderasi dan akan muncul setelah disetujui oleh Administrator.

Jika menggunakan anonymous ID, harap sertakan nickname anda di akhir posting.
Jika anda mengharapkan balasan atas komentar anda, lebih baik tulis di Wall Facebook Wikumagic di alamat
http://www.facebook.com/pages/Wikumagic/113846238688801
Terimakasih.