New Wikumagic

Segera hadir, "New Wikumagic". Berikan saran, pesan, dan harapan anda seputar blog New Wikumagic dan dapatkan hadiah ebook sulap gratis.

Pengumuman Final WIMC Season 2

Pengumuman Final Wikumagic : Indonesian Magic Competition Season 2. Siapakah juara di kompetisi ini? Simak juga komentar detail dari tim juri.

Pengumuman Wikumagic : Magic on The Street

Berikut adalah hasil mini contest : Wikumagic on The Street. Siapakah kontestan dengan foto street magic terbaik?

Artikel Menarik Lainnya

Trik Sulap Mentalism - I Can Read Your Mind

Artikel ini ditulis oleh Ian Ardianzah, official contributor blog Wikumagic

Trik ini saya ambil dari channel youtube Scam School dengan sedikit perubahan. Permainan ini sangat unik dan bisa sedikit membantu anda bagaimana pikiran kita bekerja. Sayang, trik ini kurang bagus dimainkan di panggung.


Efek :

Anda bisa menebak nama yang dipilih oleh sukarelawan anda dari sebuah daftar nama yang anda perlihatkan padanya, meskipun anda sama sekali tidak mengetahui apa yang dia pilih.


Persiapan:

1. Guntinglah kertas buku gambar menjadi sebesar 1 buah kartu remi. Buat sebanyak 2 buah

2. Cetaklah gambar dibawah ini lalu tempelkan di bagian depan masing-masing kartu yang anda buat.



3. Cetaklah gambar dibawah ini lalu tempelkan di bagian belakang salah satu kartu anda. Kita sebut ini kartu Ganjil



4. Cetaklah gambar dibawah ini lalu tempelkan di bagian belakang kartu yang satunya lagi. Kita sebut ini kartu Genap



5. Sekarang letakkan dua kartu ini terpisah. Misal, kartu Ganjil di saku sebelah kiri dan kartu Genap di saku sebelah kanan.


Prosedur:

1. Panggil seorang sukarelawan

2. Katakan padanya terlebih dulu anda akan melakukan tes kecepatan berpikir kepada. Suruh dia memilih yang Ganjil atau Genap. Misal yang dia pilih genap.

3. Jika memilih Genap, keluarkan kartu yang ada di saku kanan anda, begitu pula sebaliknya.

4. Perlihatkan bagian depan kartu anda. Katakan padanya bahwa semua nama yang ada kartu anda berbeda-beda. Jika dia sudah merasa puas, tutup kartu anda.

5. Katakan lagi padanya, “Oke anda tadi pilih genap kan? Karena di daftar nama tadi ada sembilan nama, silahkan pilih satu angka genap dari 1-9. Jika sudah punya katakan pada saya”. Sambil anda berbicara dengannya baliklah kartu yang ada ditangan anda secara diam-diam sehingga posisi belakang kartu berada di depan.

6. Jika dia sudah punya, perlihatkan lagi daftar tersebut (pastikan kartu tersebut sudah anda balik)

7. Sekarang, dalam hitungan ketiga suruh dia menyebutnya bersamaan dengan anda dalam hitungan ketiga. Dan...jawaban anda pasti sama yaitu “Lady Gaga”

8. Jika dia heran kenapa bisa sama, katakan padanya “itu karena saya membaca pikiran anda” 



Penjelasan:


Pertanyaannya, kenapa dia tidak memperhatikan bahwa daftar yang dia lihat itu berbeda?. Itu karena pada prosedur 6 anda hanya menyuruh dia melihat angka ganjil yang dia pilih, apalagi dari awal anda sudah meyakinkan dia bahwa daftar itu benar-benar beda. (mungkin ada beberapa di antara anda yang membaca artikel ini juga tidak sadar kalau daftar yang ada di belakang kartu ganjil itu semua angka genapnya bertuliskan “Lady Gaga”, begitu juga dengan kartu ganjil. Semua angka ganjil di balik Kartu Ganjil bertuliskan “Tom Hanks”). Saya tidak tahu penjelasan pastinya, tapi pada intinya mata hanya melihat apa yang pikiran anda perintahkan. Dalam hal di atas tadi, anda sudah menyuruh pikirannya hanya untuk melihat angka yang dipilihnya. Nah, perintah anda tadi masuk ke pikiran sukarelawan yang kemudian diteruskan ke matanya sehingga dia tidak melihat angka lain selain angka yang dipilihnya tadi. Kira-kira seperti itulah penjelasannya.


Catatan :

1. Anda juga bisa langsung mencetak daftar tersebut di kertas buku gambar anda. Anda juga bisa mengubah isi daftar tersebut, misalkan dengan nama buah-buahan atau sebagainya. Intinya berkreatif ria-lah, bisa saja anda bisa menciptakan metode yang lebih unik lagi.

2. Bagi anda yang mempunyai iPhone, anda bisa menggunakan fasilitas notes yang ada di iPhone anda untuk memainkan trik ini. Tutorialnya bisa anda lihat di video di bawah ini.





Trik Sulap Kartu - EI8GHT T2WO

Artikel ini ditulis oleh Bagas Dharma Setyanto, Official Contributor blog Wikumagic


Effect :



Anda mampu memprediksikan beberapa hal yang tak terduga dari setumpuk kartu hanya dengan menggunakan dua digit angka. 


Persiapan :

1. Satu dek kartu lengkap (+ sebuah Joker)


2. Ambil kartu – kartu berikut dari tumpukan kartu :

a. Semua kartu keriting

b. Jack Sekop

c. Kartu Hati : 2,4,6,8,10,Q (semua kartu genap)

d. Kartu Wajik : A,3,5,7,9,J,Q,K (Semua kartu ganjil +Q)

e. Sebuah Joker


3. Jumlah kartu – kartu diatas adalah 29 kartu. Kemudian mix 29 kartu tersebut supaya acak.

4. Ambil kartu Jack keriting dan letakkan di tumpukan paling atas dan Joker di tumpukan paling bawah. 

5. Katakan tumpukan yang telah Anda persiapan ini sebagai tumpukan A, dan tumpukan sisanya sebagai tumpukan B.

6. Letakan tumpukan A di atas tumpukan B, kemudian masukan ke dalam wadah. 

7. Sebuah kertas dan alat tulis. 

8. Sebuah kalkulator. 

9. Sebuah tabel alfabet beserta nomor urut masing – masing huruh di sampingnya.




Prosedur :

1. Perlihatkan satu dek yang Anda bawa kepada penonton. Kartu akan terlihat acak di mata penonton, tetapi sebenarnya tumpukan atas kartu tersebut telah Anda persiapkan sedemikian rupa.

2. Spread (sebarkan) kartu dimeja dan perhatikan dimana letak joker berada. Pisahkan tumpukan kartu yang berada di atas joker bersama dengan jokernya dan tumpukan yang berada di bawah joker. 

3. Untuk tumpukan yang ada di atas joker dan joker itu sendiri itu adalah tumpukan A yang telah Anda persiapkan tadi, sedangkan tumpukan dibawah kartu joker adalah tumpukan B. 

4. Katakan kepada penonton, bahwa sekarang telah ada tumpukan A dan B. Suruh penonton untuk menunjuk satu tumpukan kartu. Gunakan tekhnik “magician choice”. Jika penonton menunjuk tumpukan A, langsung katakan bahwa penonton telah memilih tumpukan A. Tetapi jika penonton memilih tumpukan B, katakan bahwa dia telah mengeliminasi tumpukan B dan memilih tumpukan A. 

5. Suruh dia mengambil tumpukan A.

6. Ambil secarik kertas dan kemudian tulis sebuah prediksi bertuliskan “82” pada kertas tersebut. Kemudian lipat kertas tersebut dan letakkan di atas meja permainan Anda. 

7. Berikan secarik kertas dan alat tulis kepada penonton. 

8. Sebelum Anda melanjutkan ke tahap berikutnya, suruh penonton memilih satu kartu dari tumpukkan A. Di awal persiapan tadi, Anda telah meletakan kartu Jack Sekop di atas tumpukan. Lakukan forcing agar penonton mendapatkan kartu Jack keriting. 

9. Setelah penonton memilih satu kartu (Jack keriting), suruh dia menyimpannya dulu. 


10. Sekarang konsentrasi kembali tertuju pada tumpukan A. Suruh penonton untuk menghitung berapa jumlah kartu yang ada pada tumpukan tersebut. Setelah menghitung, suruh penonton menuliskannya di kertas yang Anda berikan (Jumlah kartu pasti ada 28, karena satu kartu telah menjadi pilihan penonton tadi yaitu Jack keriting). 

11. Suruh penonton untuk memisahkan antara kartu berwarna hitam dan merah. Namun terkecuali untuk joker. Joker tidak termasuk kartu berwarna hitam atau merah. Pisahkan Joker. 

12. Hitung jumlah kartu hitam dan merah tersebut, dan tulis hasilnya di bawah angka yang tadi telah dia tulis.

13. Sekarang suruh penonton untuk memisahkan masing – masing kartu berlambang hati, keriting, sekop, dan wajik. Setelah itu suruh penonton menghitung jumlah kartu pada masing – masing simbol. Tuliskan hasilnya di bawah angka – angka yang sebelumnya telah ditulis. 

14. Angka – angka telah terkumpul, dan jika Anda dan penonton melakukan prosedur yang benar, akan menghasilkan angka – angka :
Total Kartu = 28
Merah = 14
Hitam = 13
Sekop = 1
Hati = 8
Keriting = 12
Wajik = 6

15. Jumlahkan semua angka – angka tersebut, dan akan menghasilkan angka 82. 

16. Buka prediksi Anda dan hasilnya tepat.

17. Tetapi tunggu. Masih ada lagi satu yang belum terselesaikan. Anda suruh penonton membuka kartu yang tadi dia pilih di awal permainan. 

18. Suruh dia menuliskan nama kartunya dalam bahasa inggris. Jack keriting = JACK OF CLUBS. 

19. Perlihatkan tabel huruf dan angka yang telah Anda buat sebelumnya. Suruh penonton untuk mengganti huruf – huruf yang ada pada tulisan JACK OF CLUBS menjadi angka – angka. J = 10, A=1, C=3, K=11, dst...

20. Jumlahkan angka – angka yang didapatkan. Kejutan... karena total semua angka tersebut adalah sama dengan prediksi Anda pula. “82”.


Note :
Jangan sampai salah menyusun kartu, dan usahakan jangan sampai salah hitung juga.

Trik Sulap Romantis - The Mysterious Message, to Someone Special

Artikel ini ditulis oleh Mikha Khannaniel untuk blog Wikumagic.
(Trick di dapat dari Blog Magickgood.blogspot.com,dgn nama Trick : Message from GOD,di terjemahkan oleh Faizal Rizky)




Effect

Anda mengatakan bahwa tiba anda mendapatkan pesan singkat dari sesorang yang tidak di kenal berinisial Mysterious Man,yg ternyata isinya adalah kartu milik penonton atau angka yang di pikirkan oleh penonton,wah kenapa bisa ? mari kita pelajari 


(Version one)


Preparation : 1 deck kartu,handpone (setting nomor kontak anda,ganti namanya menjadi Mysterious Man,dan tulis pesan yg berbunyi (contoh) : Saya tidak tau persis siapa anda tetapi pada jam ini saya tahu anda pasti memilih kartu queen hati)


The routine : anda lakukan Forcing card Bisa menggunakan tehnik criss cross force atau counting force (asal sebelumnya anda sudah mempersiapkan kartu yang akan anda forcing sebelumnya
Lalu,setelah selesai menforcing katakan bahwa tiba-tiba akan ada sesuatu yang aneh yang akan terjadi (pada saat ini anda lalu mengirim sms ke kontak anda secara diam-diam,pengalihan dapat di lakukan saat anda berpura-pura akan mengambil handphone,padahal anda mengirim pesan yg sudah di tulis tadi) lalu anda berekspresi bingung ketika ada pesan yang terkirim tersebut dan suruh penonton membukanya dan alangkah terkejutnya ketika ia melihat hal tersebut 



(Version two)


Preparation : Handphone (dengan cara yang sama dengan cara sebelumnya) tetapi tulis seperti ini (contoh) : Saya tidak tau anda dengan pasti tetapi saya tahu anda sedang memikirkan angka 3


The routine : anda menanyakan kepada penonton untuk memikirkan suatu angka (misal dari 1 sampai 100) lalu anda menyuruh penonton untuk mengkalikan angka yg di pikirkanya dengan angka 2 lalu di tambah dengan angka 6 dan di bagi dengan 2,terakhir di kurangi dengan angka yang di pikirkan pertama kali.hasilnya pasti 3

Contoh : 20x2 = 40+6 = 46 : 2 =23-20 =3

Inspiration : faizal rizky,Ian ardianzah (master math n mentalism on wikumagic)

Kunjungi artikel-artikel sulap terbaik lengkap dengan video tutorial untuk menambah wawasan anda seputar dunia magic  

Wind Acemonte - The Ace of Indonesian Magic

Bercerita tentang dunia magic Indonesia khususnya di aliran Cabaret Magic dan Manipulasi panggung, tidak mungkin dilakukan tanpa menyebut nama Wind Acemonte. Pesulap yang berdomisili di Yogyakarta ini cukup dikenal karena berbagai prestasinya di kompetisi nasional maupun internasional. Skill dan jam terbang Wind Acemonte di atas panggung boleh dibilang sejajar dengan magician-magician yang cukup familiar di layar kaca seperti Rhomedal atau Rizuki. Tak hanya itu, jika anda ingin menemukan magician yang serba bisa, lihatlah penampilan Wind di atas panggung. Tak hanya manipulasi dan kabaret magic, ia juga sering membawakan stage mentalism dan close-up magic dalam berbagai media. Sangat menarik bukan? Berikut kita simak wawancara blog Wikumagic dengan sang maestro.

Profil singkat Wind Acemonte



Stage name : Wind Acemonte

Domisili : Yogyakarta

Penghargaan :

- SMC Magic Competition 1 "Jawa Tengah" - 1st Champion

- RAM Pro Class National Magic Competition Champ of The Champ "National" - 3rd Prize

- Indonesia International Extravaganza Pro Class "Semi International" - 1st Champion

- Bangkok International Magic Extravaganza Pro Class Stage "Asia" - 6th Prize "New Age Star Award"




1. Sejak kapan dan apa alasan bung Wind tertarik menekuni dunia sulap?

Sejak 2004 saya hobi sulap gara-gara melihat David Copperfield di Youtube, dan kemudian suka ke Magic Shop di Jogja. Kebetulan Pak Ben pesulap Senior Jogja adalah kerabat baik Ayah saya. Beliau guru pertama saya di sulap. Kemudian saya beralih ke sulap Stage dan mulai menekuninya di tahun 2007 karena melihat Lance Burton di Youtube (saya pikir kok ada main sulap ga pake ngomong tapi Indah sekali dilihat). Dari situ saya mulai belajar menghilangkan dan memunculkan kartu, memunculkan bola, payung, bunga,dan lain-lain. Hanya sebatas latihan itu-itu aja namun saya latih sampai fasih dan halus,

Kemudian saat show pertama saya, saya main dengan halus, tetapi rasanya ada yang kurang dengan sulap saya sehingga tidak bisa dinikmati sampai mempengaruhi emosi penonton. Ternyata, dibutuhkan yang namanya RUTIN untuk melakukanya.
 Akhirnya di Tahun 2009 saya direkomendasikan oleh Pak Ben untuk mempelajari RUTIN dan memperdalam Stage Magic ke Maestro DUI MONTERO (beliau adalah guru dari Rhomedal,Rynky Viceroy, Ken, Indra El Bugizy, Aldy Sungkar,Rolly Malau, dll),dan akhirnya saya berhasil memiliki rutin stage untuk SHOW pertama saya di Tahun 2009. Di tahun itu saya mulai banyak show dan bisa membuat rutin SHOW saya sendiri.


2. "Mengapa bung Wind memilih untuk menekuni classic/ stage magic, sementara saat ini pasar dunia magic cenderung lebih condong ke arah mentalism dan close-up magic?"

Orang sering salah mengartikan "Classic Magic". Setahu saya yg ada bukan Classic magic,namun "Cabaret dan Stage Manipulation/Manipulasi Panggung". Saya pribadi sering melakukan Stage Mentalism dan Close Up Magic juga karena saya adalah seorang pesulap. Pangsa pasarnya juga berbeda-beda. Misalkan saat show 30 menit atau satu jam, pada Opening Show saya menampilkan Cabaret untuk sekedar mengejutkan dan membangun persepsi baik kepada audience, kemudian di lanjutkan dengan Interactive yg bisa saja diisi dengan Comedy Magic atau Stage Mentalism. Bahkan saya kadang melakukan "Interactive Stage Manipulation" dan ditutup dengan Cabaret atau Manipulasi. Saya juga bermain Stage Illusion jika memang klien saya berkeinginan untuk melihatnya.


Bagaimana dengen Close up magic??? Semua orang dan Magician pada dasarnya suka Permainan Close Up magic. Menurut saya seorang Magician mutlak bisa bermain Close up. Close up sendiri juga sangat berguna dalam meloby klien, mengasah otak, pergaulan, dan memudahkan kita untuk tetap dekat dengan magic.


3. "Banyak teman-teman yang merasa takut untuk memulai cabaret magic. Alasannya adalah jam latihan yang lama, tidak ada toleransi untuk salah, dan memerlukan alat-alat yang relatif mahal. Adakah saran bung Wind untuk menanggapi fenomena ini, sekaligus saran agar para pembaca bisa lebih tertarik mendalami classic/ cabaret magic?"



Belajar Cabaret atau Manipulasi itu cepat, namun latihanya lama. Dengan latihan yang lama dan benar,akan meminimalisir terjadinya kesalahan.  

Sebagian besar pemula yang MEMAINKAN Aliran ini biasanya salah karena ketakutanya sendiri.  

Terus berlatih agak semakin memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahan. Semua pemain aliran ini pasti pernah melakukan kesalahan juga, tinggal bagaimana kita meminimalisir dan Menutupinya. Kadang justru saya mencari move tingkat kesulitan yang semakin sulit namun tetap magic saat dilakukan untuk menambah nilai di kompetisi, karena banyak faktor penjurianya. 

Soal alat yang mahal??? Perlu diketahui permainan Manipulasi saya yang mendapatkan award di Bangkok itu tidaklah mahal. Justru semakin anda beli alat-alat yang sudah ada,semakin berkurang nilai originalitasnya. 

Saya sarankan beli sedikit saja yang diperlukan, dan buatlah alat-alat anda sendiri dengan kreasi efek-efek anda sendiri. 

Dan rutin saya hanya saya masukan kedalam satu koper saja yang sudah termasuk pakaian, sepatu, bahkan rutin Close up saya juga ada di dalam koper itu. Mahal, mewah, meriah, gerakan tangan yang cepat tidak menjamin sesorang bisa memenangkan kompetisi atau menciptakan efek magic yang kuat. Bahkan sesuatu yang dilakukan dengan indah dan pelan bisa menimbulkan efek impossible yang lebih luar biasa.


4. Seputar turnamen di Bangkok nih, apa pengalaman paling berkesan yang didapatkan bung Wind selama turnamen? Cerita menarik, suka dan duka?


  Wind Acemonte bersama Latko dan Tito Cris

Hmmm... saya punya cerita menarik dan pengalaman luar biasa di Bangkok. Yang paling berkesan adalah menjadi teman baik LATKO FISM. LATKO adalah pesulap Argentina kelas dunia yang tinggal di Hawaii, dan dia meraih Award di FISM baik Stage dan Close up FISM. Rhomedal adalah salah satu Fans Berat LATKO juga. Saya sangat beruntung mendapatkan kamar yg sama dengan LATKO selama seminggu di Bangkok. Mau tidak mau kami saling ngobrol, dan akirnya jadi teman dekat karena sama-sama orang asing di Bangkok. Saat saya latihan di kamar hotel, LATKO membantu saya memberikan masukan2 yg sangat bagus sekali, dan kalo pas waktu luang setelah pulang dari event, RIZUKI, saya dan LATKO ngumpul bareng sharing tentang magic. Kebetulan kamar Rizuki ada di sebelah kamar saya,j adi saya dan RIZUKI dapat banyak ilmu dari LATKO.

Dan saya cukup beruntung menginap di hotel Para Guest Star International,karena saat sedang waktu makan pagi di hotel saya bertemu banyak pesulap hebat kelas Dunia. Salah satunya saya bertemu dengan MIKAEL SZANYIEL Juara FISM 2006 Category Comedy. Beliau adalah salah satu Inspirator saya juga. Ada pula GINO dari Italy, dia sharing dengan saya di Kamarnya dan dia meminta saya mengajarkan beberapa Sulap Manipulasi dan Close up. Saya juga minta diajarin rahasia-rahasia Ilusi dia. Akhirnya GINO memberikan saya Hardisk Berisi 5000 Video Sulap. Saya juga bertemu dengan JEREMY TAN dari Singapore dan JEFFREY TAM pesulap dari Philipine yg adalah CHAMPION FISM ASIA CLOSE-UP tahun lalu di Hongkong. Mereka berdua benar-benar dahsyat. Akhirnya saya pulang ke Indonesia membawa banyak pelajaran dan pengalaman yang sangat berharga.


5. "Rutin apa yang bung Wind bawakan dalam turnamen, dan berapa lamakah waktu yang diperlukan untuk latihan?"



Hmmm..sebelumnya saya jelaskan dulu sistem turnamennya. Turnamen ini tidak menggunakan sistem turnamen satu lawan satu dengan sistem gugur. Sistem penilaian kompetisinya dibuat berdasarkan jumlah terbanyak total score dari seluruh peserta kompetisi(kemaren mencapai 53 kontestan dari berbagai Nngara di Asia). Jadi 1 lawan 53 dan dari ke 53 kontestan diambil 16 Besar Finalis terbaik dengan 16 skor tertinggi. Setelah itu baru diadu lagi 16 pesulap terbaiknya berdasarkan jumlah nilai dari para juri sehingga memunculkan juara-juaranya dengan sistem point atau score.

Rutin yang saya Bawakan di BANGKOK INTERNATONAL MAGIC EXTRAVAGANZA 2012 adalah Rutin Stage Manipulasi. Dengan properti sulap yang sederhana, simpel, dan rutinya mudah dipahami dan dinikmati audience karena memiliki cerita yang terkait dari opening sampai ending. Saya membawakanya dengan mengutamakan unsur keindahan dan elegant, 

bermain pelan namun tingkat kesulitanya sangat tinggi; menggunakan senjata misdirection, dan berperisaikan kenaturalan. 

Rutin manipulasi yang saya bawakan di Bangkok juga 80% Original atau tidak mengcopy paste dari pesulap lain sehingga point originality saya lumayan tinggi untuk ditambahkan di total score saya.

Rutin saya yg itu masih Rutin baru ditahun 2011, namun selama setahun saya latihan setiap harinya 5 jam(sebenarnya saya merasa masih kurang). Tetapi yg paling penting adalah Showmanship, dan Showmanship itu bisa didapat dari JAM TERBANG, karena Jam terbang adalah guru terbaik saya yg memberikan banyak sekali pengalaman dan pembelajaran mental selama bertahun-tahun.

6. "Oh ya, ini pertanyaan yang sering sekali ditanyakan oleh teman-teman. Bagaimana jika kita melakukan kesalahan saat memainkan rutin di atas panggung? Adakah tips dari seorang Wind Acemonte untuk mengatasi hal ini?

Hehe... seperti yg saya bilang tadi, JAM TERBANG adalah guru terbaik. Tips dari saya adalah perbanyak JAM TERBANG anda, nantinya anda akan tau sendiri bagaimana mengatasi masalah-masalah yang terjadi saat diatas panggung.

 Soni (kakak Rizuki),Luna (Aquino Angels) dan Master Rizuki bersama Wind Acemonte



Salut, dan luar biasa sekali perjuangan seorang Wind Acemonte. Filosofinya dalam menjalani profesi sebagai seorang pekerja misteri juga layak diapresiasi. Satu hal lagi yang cukup penting dari interview ini, Wind mengajak kita untuk tidak hanya membeli atau menggunakan produk sulap yang ada di pasaran, namun juga menciptakan sendiri alat-alat dan efek magic yang bisa memukau penonton. Hal itu akan memicu timbulnya originalitas, dan originalitas yang dibarengi dengan latihan rutin dan jam terbang akan memunculkan keajaiban yang sejati.

Maju terus dunia magic Indonesia,
Keep doing magic!
Dapatkan Trik Sulap Gratis Berikut ini :

Trik Sulap Kartu - Magically King and Queen

Artikel ini ditulis oleh Bagas Dharma Setyanto, official contributor blog Wikumagic.


Effect :

Penonton mengingat satu kartu diantara 4 buah kartu king dan 4 buah kartu queen. Kemudian setelah melewati serangkaian permainan, Anda bisa menebak kartu penonton secara perlahan. Mulai dari Nilai kartu (King/Queen), Warna simbol (merah/hitam), simbol (keriting/hati/sekop/wajik), dan yang terakhir adalah kartu pilihan penonton.


Persiapan :

1. Keluarkan semua kartu King dan Queen dari dek (keriting, hati, sekop, wajik).

2. Susun kartu dari atas ke bawah : King keriting, king hati, king sekop, king wajik, queen keriting, queen hati, queen sekop, dan queen wajik.



Prosedur :

1. Perlihatkan kedelapan kartu yang telah Anda persiapkan tadi kepada penonton.

2. Suruh penonton mengingat/memikirkan satu kartu diantara 8 kartu yang Anda pegang. Misalkan penonton mengingat kartu King Hati. 

3. Pegang tumpukan kartu secara facedown di tangan Anda.

4. Bagi tumpukan menjadi dua, dengan cara letakkan kartu teratas di sebelah kanan, kemudian kartu selanjutnya di sebelah kiri, kemudian kanan, kiri, dst, sampai kartu di tangan habis.

5. Sekarang telah terdapat 2 tumpukan yaitu tumpukan kiri dan kanan.

6. Ambil tumpukan kartu kiri. Perlihatkan kartu yang ada di tumpukan kiri kepada penonton dan tanyakan apakah ada kartunya pada tumpukan tersebut. 

7. Jika penonton mengatakan ada, maka letakkan tumpukan kartu kiri di atas tumpukan kartu kanan, tapi jika penonton mengatakan tidak ada, maka letakkan tumpukan kartu kiri di bawah tumpukan kartu kanan.

8. Lakukan prosedur 4 s.d. 6 sebanyak 3 kali. Perhatikan tabel di bawah ini.



9. Setelah melakukan prosedur 4 s.d. 6 sebanyak 3 kali, lakukan lagi prosedur nomor 4.

Prosedur nomor 4 “Bagi tumpukan menjadi dua, dengan cara letakkan kartu teratas di sebelah kanan, kemudian kartu selanjutnya di sebelah kiri, kemudian kanan, kiri, dst, sampai kartu di tangan habis.”

10. Kemudian buka kartu paling atas pada tumpukan sebelah kiri. Katakan itu adalah pasti nilai kartu yang dipikirkan penonton (King/Queen).

11. Kemudian ambil tumpukan kanan, dan lakukan lagi prosedur 4. 

12. Buka kartu paling atas tumpukan sebelah kiri, dan katakan kepada penonton itu pasti adalah warna yang mewakili simbolnya (merah/hitam).

13. Ambil tumpukan kanan lagi, dan untuk yang terakhir kali lakukan prosedur nomor 4.

14. Buka kartu sebelah kiri, dan katakan bahwa itu mewakili simbol kartu yang dipikirkan penonton.

15. Terakhir, buka kartu sebelah kanan dan itu adalah kartu pilihan penonton. 



Note :

Gunakan cerita yang menarik untuk membawakan permainan ini agar penonton semakin terhibur.


Wikumagic News, March III 2012

Akhirnya setelah vakum selama kurang lebih satu bulan blog Wikumagic akan kembali aktif mengabarkan berbagai berita seputar dunia magic dan card flourish. Dari Kardistry Deathmatch yang sudah memasuki babak semifinal, wakil Indonesia, Rama Dimasatria bertarung dengan sengit menghadapi Ryuji Chua. Memang, voting sudah ditutup sejak tanggal 14 Maret lalu. Menurut saya pribadi, peluang keduanya sama kuat, baik dari skill maupun sinematografi. Mari kita berharap yang terbaik bagi Rama Dimasatria.

Satu hal menarik dari Kardistry Deathmatch kali ini adalah video dari Ladislas Toubart yang bahkan dishare oleh Dan Buck di website resminya. Saksikan saja aksi dari Ladislas berikut ini :



Kabar gembira datang dari dunia magic Indonesia, di mana Wind Acemonte berhasil merebut gelar "Newest Star" of magic di Bangkok International Magic Extravaganza 2012 akhir Februari lalu. Sangat membanggakan, dan tentunya kita berharap ke depannya Wind Acemonte bisa mengharumkan nama baik magic Indonesia di dunia internasional. Tunggu saja cerita lebih lanjut mengenai turnamen ini langsung dari sang magician.



Dari blog Wikumagic, Wikumagic fellowship award untuk bulan Februari akan segera diumumkan minggu ini. Keep in touch, dan tunggu event-event selanjutnya. Satu lagi, karena akun personal Facebook saya (Wiku Pulangasih) sudah mendekati batas limit, dengan terpaksa permintaan pertemanan tidak bisa dikonfirmasi. Langsung saja add akun page resmi Wikumagic untuk berdiskusi seputar dunia sulap.

Keep doing magic!

Trik Sulap Kartu - Logical Card Trick

Artikel ini ditulis oleh Bagas Dharma Setyanto, official contributor Wikumagic.

Logical Card Trick

Effect :
Anda mampu memprediksi dengan tepat kartu apa yang akan muncul.

Persiapan :
1. 1 dek kartu tanpa Joker.
2. Alat tulis.


Prosedur :

1. Perlihatkan kepada penonton satu dek kartu yang Anda bawa.
2. Kemudian suruh salah satu penonton untuk mengacaknya.
3. Minta kembali dek dari penonton dan katakan kepada penonton Anda akan membagi dek menjadi dua tumpukan.
4. Bagi dek menjadi dua tumpukan yang sama (masing – masing 26 kartu).
5. Letakkan satu persatu kartu ke meja dengan posisi faceup sebanyak 26 kartu.



6. Ketika sampai pada kartu ke-7, Anda ingat – ingat kartu tersebut. Misal kartu tersebut adalah 9 hati. Kemudian tulis kartu tersebut dan simpan di saku Anda untuk menjadi sebuah prediksi.
7. Lanjutkan lagi sampai kartu ke-26.
8. Sekarang terdapat 2 tumpukan kartu, tumpukan A (tumpukan dimana kartu ke-7 telah Anda ingat – ingat) dan tumpukan B. Posisikan kedua tumpukan facedown.



9. Berikan tumpukan B kepada penonton dan suruh dia mengacaknya.

10. Kemudian suruh penonton membuka satu kartu teratas dan meletakkannya di atas meja. Disinilah permainan dimulai :

a. Jika kartu yang dibuka penonton adalah kartu angka (A,2,3,4,...10) suruh penonton untuk membuang kartu sebanyak “selisih angka yang didapat dari 10” dari tumpukan B (yang dipegang penonton). Misal angka kartu yang didapat penonton adalah 3, maka suruh penonton untuk membuang 7 kartu dari tumpukan B. Karena selisih 3 dan 10 adalah 7. 10 – 3 = 7
b. Jika kartu yang dibuka penonton bukan kartu angka (J,Q,K) suruh penonton untuk meletakkan kartu tersebut di atas meja dan membuka kartu selanjutnya. Kartu J,Q, dan K senilai dengan 10, jadi selisihnya dengan 10 adalah 0. 10 – 10 = 0

11. Lakukan langkah nomor 10 sebanyak 3 kali. Misal kartu pertama yang dibuka penonton adalah 7 keriting, maka suruh penonton membuang 3 kartu dari tumpukan B. Kemudian kartu kedua adalah King Wajik, maka tidak ada kartu yang dibuang, dan kartu ketiga adalah kartu 2 sekop. Suruh penonton untuk membuang 8 kartu dari tumpukan B.



12. Kemudian letakkan sisa tumpukan B di atas tumpukan A, katakan sekarang telah menjadi tumpukan C.



13. Jumlahkan ketiga kartu yang tadi didapatkan penonton. Dalam contoh ini, 7 keriting + King Wajik (Q,J, dan K bernilai 10) + 2 sekop = 19.

14. Countdown 19 kartu dari tumpukan C, dan buka kartu ke-19 dan buka prediksi Anda. Hasilnya sama.



Note :
Trik ini memang cukup memakan waktu, jadi pandai – pandailah Anda merangkai sebuah cerita atau pembicaraan agar penonton tidak bosan melihat permainan Anda.


Trik Sulap Kartu - I Just Wanna Say I Love You

Artikel ini ditulis oleh Mikha Khannaniel untuk blog Wikumagic

(Trick di peroleh dari youtube : Julian’s magic school)




Effect : 

Anda ingin mengatakan sesuatu pada sesorang tetapi anda malu untuk mengungkapkanya lalu anda mengeluarkan 1 deck kartu dan anda mengatakan kepada orang tersebut untuk memilih angka,lalu anda meletakan satu persatu kartu yang anda pegang sesuai dengan angka yang di pilih oleh dia (bisa sang doi atau sahabat,dalam kasus ini kita anggap siapapun dia sebagai penonton)lalu setelah berhenti di angka yg di maksud suruh penonton melihat kartunya sendiri,penontonpun melakukan apa yang di suruh oleh anda,dan ternyata penonton akan terkejut ketika ia melihat kartunya yg bertuliskan I LOVE U (so sweet)

Seperti kata jay sankey (salah satu magician favorite saya) ia mengatakan : If i can do this,you can do this (jika saya bisa melakukan ini anda juga bisa) so let’s learn
(Permainan ini Bisa di sebut sebagai Forcing card maksudnya secara tidak langsung anda memaksa penonton memilih kartu yang sudah anda tentukan,tehinik ini disebut Counting force)


Preparation :

1. 1 deck kartu

2. 1 buah spidol

(Anda mengambil kartu As hati,lalu tulis dengan spidol dengan huruf I dan U pada samping atau bagian atas dan bawah,sehingga menyimbolkan kata I LOVE U)


The routine :

1. Cari penontonnya dulu 

2. Setelah menemukan penontonya ajaklah ia untuk bermain bersama anda,keluarkan kartu yang anda bawa (dalam kasus ini letakan kartunya di posisi paling atas dan tertutup)

3. Anda bisa memperlihatkan kartunya bahwa kartunya normal (karena posisi kartu anda (as hati) saat anda perlihatkan berada di posisi terbawah 

4. Setelah itu katakan kepada penonton : tolong anda pikirkan angka antara 1-15 (ini contoh angka saja angka boleh sampai 20,30.tetapi untuk mempermudah penononton maka angkanya sedikit saja )

5. Setelah penonton memilih misal : 5,lalu letakan kartu 1 per 1,hingga urutan kartu ke lima lalu anda lihat kartunya (di sini cara ini hanya untuk membuat penonton tidak curiga) lalu kartu tersebut anda kembalikan ke tumpukan semula,sehingga kartu anda (as hati) berada di tumpukan no 5 (sebagai contoh karena penonton memilih angka 5)

6. Lalu katakan kepada penonton untuk melakukan hal yang sama seperti yang anda lakukan sebelumnya,ambil 5 kartu dan pada saat berhenti di urutan ke 5 buka kartunya

7. Dan dia akan terkejut membaca isi kartu tersebut