New Wikumagic

Segera hadir, "New Wikumagic". Berikan saran, pesan, dan harapan anda seputar blog New Wikumagic dan dapatkan hadiah ebook sulap gratis.

Pengumuman Final WIMC Season 2

Pengumuman Final Wikumagic : Indonesian Magic Competition Season 2. Siapakah juara di kompetisi ini? Simak juga komentar detail dari tim juri.

Pengumuman Wikumagic : Magic on The Street

Berikut adalah hasil mini contest : Wikumagic on The Street. Siapakah kontestan dengan foto street magic terbaik?

Artikel Menarik Lainnya

Trik Sulap Kartu - 4 Kings Card Trick

Efek          : 4 kartu king yang terpisah bisa menjadi bersatu kembali didalam dek.

Persiapan  : Satu deck normal.
The Four Kings trick is a good beginner's card trick and one that you can easily master. There are many variations, and nearly all of them involve keeping the four kings together while leading your audience to believe that they were separated.
Trik empat buah kartu king adalah sebuah trik kartu yang bagus untuk pemula dan Anda bisa dengan mudah menguasainya. Ada banyak variasi, dan hampir semua dari mereka yang bermain trik ini melibatkan penjaga dengan empat raja bersama-sama sementara Anda mengarahkan audiens untuk percaya bahwa kartu-kartu tersebut telah dipisahkan.
Cara Bermain :



1. Pisahkan 4 kartu king dari deknya dan 2 kartu tambahan (bebas), urutkan seperti ini gambar pertama. Namun tunjukkan ke audien seperti gambar kedua atau dua kartu diantara King sekop dan King hati anda sembunyikan.

2. Letakkan 6 kartu yang telah anda perlihatkan diatas dek (tumpukan kartu), namun audien menganggapnya hanya ada 4 kartu.


3. Perlihatkan kartu paling atas (king sekop) setelah dek rapi, Letakan kartu king sekop diurutan paling bawah dek.

4. Lalu kartu kedua dan ketiga tanpa dibuka (face-down) diperlihatkan lagi, dan diletakan ditengah-tengah dek oleh audien. Jangan sampai audien membukanya terlebih dahulu agar trik ini bisa berhasil.

5. Dan kartu ke-4 atau kartu terakhir dari 4 king, dibuka. Ternyata King hati. Balik kembali (face down) tetap diurutan teratas tanpa memindahkannya.

6. Cutting (potong) dek menjadi 2 potongan, bisa dengan charlier cut/ revo cut/ riffle shuffle false cut, atau swing cut.

7. Spread deck, atau minta audien membuka dengan membentuk kipas dan secara ajaib ada 4kartu king telah bersatu lagi walau tadi sempat ada beberapa kartu yang terpisah.

Hati-hati saat menunjukkan 4 kartu diawal jangan sampai terlihat 2 kartu yand disembunyikan. Keep doing magic.


Kunjungi artikel-artikel sulap terbaik lengkap dengan video tutorial untuk menambah 

wawasan anda seputar dunia magic  

Magic Vs Mentalism




Ada banyak sekali aliran sulap yang ada sekarang ini, mulai dari Ilusi, mentalism, close up, classic, cardistry, dan masih banyak lagi.


Bicara mengenai Mentalism, karena saya sangat suka dengan ilmu ini, banyak dari mentalist di dunia mengklaim diri mereka bukan seorang pesulap/magician. Banyak dari kita juga menganggap bahwa mentalism adalah bagian dari magic itu sendiri. Nah, yang jadi pertanyaan sekarang yang mana dari dua pernyataan tadi yang benar. Simpelnya adalah, apakah mentalism itu berbeda dari magic/sulap??

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah kutipan pengertian dari Mentalism itu sendiri menurut Ensiklopedi Wikipedia





“Mentalism is a performing art in which its practitioners, known as mentalists, appear to demonstrate highly developed mental or intuitive abilities. Performances may appear to include telepathy, clairvoyance, divination, precognition, psychokinesis, mediumship, mind control, memory feats and rapid mathematics. Hypnosis may also be used as a stage tool. Mentalists are sometimes referred to as psychic entertainers.”



Jadi, dari artikel tersebut saya dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa memang Mentalism itu sendiri beda dengan Sulap. Dalam mendalami suatu ilmu mentalism memang kita harus banyak belajar mengenai ilmu psikologi, hypnosis, NLP, dan masih banyak lagi yang mana dari semua ilmu tersebut bukan lah ilmu Sulap seperti halnya Palming, Glimpsing, dan sebagainya.


Namun rasanya kurang bagus jika kita tidak mendengar pendapat dari Mentalist itu sendiri mengenai Ilmu Mentalism itu.

Berikut adalah pendapat dari Rich Ferguson, kreator dari DVD “This Is Mentalism”. Mungkin sebagian dari anda pecinta Mentalism sudah mengenal Rich Ferguson. Berikut pernyataannya melalui Facebook Message :





“I absolutely agree that magic and mentalism are different. Nobody would argue that drumming and guitar is different, yet they or both music related. In one way, I consider magic as sleight of hand, stage magic, illusion while I consider mentalism more of a psychological science and art. Of course there is a lot of crossover and similarities as far as audience management and performers interested in both. However, in truth, I consider "magic" a category of entertainment. Just like "music".

Within music, there are endless categories such as classical, jazz, composers, directors, drummers, guitarist, etc. To me, magic is just a generic word encompassing all the magical arts. It's a real shame when someone says they are a magician and its left to others to come up with their own interpretation of what that is.

So, to the question at hand, I believe that mentalism is a small category within the magical arts and quite separate from other forms of magic. It gets cloudy by many because they do not really do mentalism but claim to. A trick from a magic shop that lets you do "mind reading" without any skills whatsoever pertaining to body language, NLP, hypnosis, influence and numerous other studies within mentalism is not mentalism at all. That's nothing more than a magic trick mimicking mentalism. Now, from an entertainment standpoint, it does not matter a bit.

Entertainment is entertainment and the experience for the audience is all that matters. That said, a true mentalist is far and few between. Magic tricks are perfect backup plans to cover your butt when doing mentalism since the risk is much higher and there is much more "jazz" to make it work out. Most performers stay far away from this level of risk and never understand the scope of the art of mentalism. It's not different than many brand new "magicians" who have purchased a svengali deck and think they have learned the secrets to being a magician but have not even scratched the surface of misdirection, sleight of hand, etc.”






Selain kepada Rich Ferguson, saya juga mengajukan pertanyaan yang sama ke pada seorang mentalist yang mungkin sudah anda kenal. Dia adalah Matt Mello, kreator dari DVD “Modern Mentalism” dan “Instinct”. Berikut pernyataannya melalui Facebook Message :

 

“When it comes to the impact on the spectator, I don't think there is a difference. If a magician is doing "mentalism", he's doing a magic trick using the mind as his prop. It would be like calling someone that only did coin magic a coinist practicing "coinism". It's magic no matter what you call it!”
 

Dari pengertian di atas sekaligus pendapat dari dua orang sudah saya anggap expert dalam bidang ini, maka saya sendiri dapat mengambil kesimpulan bahwa pada dasarnya Mentalism dan Magic itu adalah dua ilmu seni yang sama sekali berbeda.  Namun kedua disiplin ilmu ini saling melengkapi satu sama lain. Anda membutuhkan ilmu misdirection, psikologi dan sebagainya yang ada di Mentalism untuk memperkuat trik sulap kartu, koin atau trik apapun itu. Begitu pula Mentalism, sangat membutuhkan trik sulap untuk menutupi suatu kegagalan pertunjukan Mentalist anda. Karena jujur saja, ilmu seperti NLP, Hypnosis,dan sebagainya tidak selamanya berhasil dalam pertunjukan Mentalism.


 


Dan satu lagi, yang terpenting adalah reaksi penonton. Mau itu menggunakan trik ataupun ilmu mentalism seperti NLP dan sebagainya, yang terpenting adalah reaksi penonton yang menyaksikan anda.


Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan mengenai perbedaan dari Magic dan Mentalism


Kunjungi artikel-artikel sulap terbaik lengkap dengan video tutorial untuk menambah wawasan anda seputar dunia magic  

Welcome to the New Wikumagic

Welcome to "New Wikumagic", the first online magic resource in Indonesia.  Apa saja fitur baru dari "New Wikumagic?  Let's see...
 

New Wikumagic:
1.  New Website Address
New Wikumagic beralamat di www.wikumagic.net
2.  Konsep baru
Website "New Wikumagic" memiliki tujuan utama sebagai "portal informasi dunia magic berbahasa Indonesia".  Artinya, di blog ini akan lebih banyak dimuat informasi, tips, interview, dan serba-serbi seputar dunia magic.  Blog ini tidak akan membahas tentang trik sulap.  Jika anda ingin mempelajari trik, anda bisa berkunjung ke www.wikumagic.org.
3.  More Update
Sebagai portal informasi, website ini akan lebih sering melakukan update informasi.  Untuk mendapatkan update secara teratur, bergabunglah dengan Wikumagic page di Facebook di alamat berikut http://www.facebook.com/pages/Wikumagic/113846238688801 dan follow Twitter berikut : https://twitter.com/#!/wikumagic
4.  Sistem Komentar Baru
Wikumagic mengundang anda untuk lebih aktif berkomentar.  Anda disarankan untuk berkomentar menggunakan "Facebook Comment Box" (kotak komentar Facebook) di mana komentar yang masuk akan langsung muncul tanpa perlu moderasi.
5.  New Contest
Akan ada berbagai kontes baru yang akan diadakan di blog ini.  Salah satunya adalah "Stars of Magic", di mana dalam periode waktu tertentu tim Wikumagic akan memilih seorang magician yang berhak mendapatkan penghargaan ini berdasarkan aktivitasnya di dunia magic/ flourish.  Pastikan anda memposting video magic/ flourish terbaru anda di Facebook page Wikumagic agar mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk memenangkan kontes ini.

P.S.  Beberapa kategori di blog ini masih dalam tahap konstruksi dan masih kosong.  Proses ini mungkin akan memakan waktu sekitar 1 minggu sampai semua kategori dapat terselesaikan.
6.  New Spirit
Kali ini blog Wikumagic berencana menghubungkan pesulap/ flourisher muda Indonesia ke dunia internasional.  Maju terus dunia magic Indonesia, keep doing magic!
 
 
 
P.S.  Berikan saran, komentar, dan harapan anda seputar "New Wikumagic" di alamat berikut, dan menangkan hadiah menarik dari tim Wikumagic :
 

New Wikumagic? Coming soon!

Tanpa terasa blog Wikumagic sudah berusia lebih dari 3 tahun. Suatu pencapaian yang bagi saya sendiri cukup mengejutkan, mengingat pada awalnya Wikumagic dibuat hanya untuk mengisi waktu luang sekaligus untuk merespon antusiasme masyarakat Indonesia pada acara The Master di pertengahan tahun 2009.


New Wikumagic dapat diakses di alamat berikut:



Tentunya suatu perubahan ke arah yang lebih baik mutlak dilakukan oleh setiap individual, organisasi, maupun institusi.  Demikian juga dengan Wikumagic.  Dalam waktu dekat, saya berencana untuk mempublikasikan sebuah website baru bernama "New Wikumagic".  Website yang baru ini akan mengupas lebih dalam dunia magic dan card flourish dari sisi lain selain trik sulap.  Nantinya, semua event lomba juga akan diadakan di "New Wikumagic".  Saya juga berharap, website ini bisa menjadi sebuah jembatan penghubung antara dunia magic Indonesia dengan dunia magic internasional.

Apa yang anda harapkan dari "New Wikumagic"?  Artikel seperti apakah yang harus dibahas, dan hal-hal baru apa yang menurut anda pantas untuk mendapat perhatian lebih di website ini?  Perlukah diadakan kompetisi dengan format baru, dan adakah suatu rubrik/ kolom baru yang harus dimuat di New Wikumagic?

Berikan saran, masukan, dan harapan anda terhadap blog Wikumagic di komentar di bawah artikel ini, maupun di komentar Facebook.  Sertakan juga alamat email anda dalam komentar, karena komentar yang dimuat akan mendapatkan 10 Ebook tutorial gratis terbaru dari pesulap ternama dunia.  Pastikan anda memberikan komentar sebelum tanggal 31 Mei 2012.

Dapatkan Trik Sulap Gratis Berikut ini :

Trik Sulap Kartu - Verona Control

Artikel ini ditulis oleh Yana Triwardana, official contributor blog Wikumagic.

 Satu lagi card control yang membuat kartu menjadi paling atas disebuah dek, level easy dan bisa dimainkan dengan dikelilingi penonton. Bisa dikembangkan menjadi card change, ambitious card, ataucard sandwich.

 Efek : Kartu pilihan penonton yang ada dibawah lalu dimasukan ketengah namun secara ajaib malah bisa naik keatas.



Persiapan : Dek normal, tanpa atau dengan joker. Mengusai card dribble, card glide, juga Hindu shuffle. Card control ini basicnya dari Hindu shuffle namun ada penekan kartu dari bawah sehingga bisa menjadi posisi paling atas. Verona adalah sebuah kota indah di Italia yang melegenda karena ada cerita Romeo and Juliet. Semoga card control ini pun akan sama melegendanya dengan cerita tersebut.


Final Cardistry Death Match 11 : Rama Dimasatria vs Ladislas Toubart

Akhirnya Cardistry Death Match 11 memasuki babak final. Seperti yang kita tahu, wakil Indonesia, Rama Dimasatria akan menghadapi Ladislas Toubart di puncak turnamen ini. Rama sangat bersinar sebagai card flourisher di sepanjang tahun 2011-2012 ini setelah tampil di berbagai acara televisi nasional dan memenangkan banyak kontes flourish internasional, salah satunya yang diselenggarakan oleh Dan and Dave.  Sedangkan Ladislas juga dikenal sebagai flourisher yang cukup disegani, terutama karena video kolaborasinya dengan Dimitri Arleri dan video spektakulernya di babak semifinal CDM 11 yang menurut saya hingga saat ini bisa disebut sebagai video terbaik sepanjang turnamen.  Bagaimanakah aksi keduanya di babak final?  Berikut video dari kedua kontestan.




Rama Dimasatria




Ladislas Toubart




Aerial vs Display?

Jika dilihat secara garis besar, kedua card flourisher ini menonjolkan dua elemen cardistry yang berbeda di videonya.  Video Rama didominasi oleh gerakan-gerakan akrobatik kartu yang sangat memukau, di mana Rama banyak melakukan aksi-aksi aerial seperti card juggling, arm spread, dan yang cukup memukau adalah gerakan spring grab (menangkap satu kartu dari satu deck yang di spring) dengan mulut.  Sementara Ladislas, dalam video yang berdurasi lebih singkat menampilkan display dengan tingkat kesulitan tinggi yang tampaknya membentuk huruf-huruf P-H-Y-N-A-L sesuai dengan judul videonya.  Klimaks dari videonya adalah ketika Ladislas tampil sebagai sosok bertangan empat, mengingatkan saya pada sosok "Asura", dewa perang dari Jepang.  


Who will be the winner?

Keduanya menampilkan kemampuan teknis yang sangat bagus.  Tidak dimungkiri, Rama dan Ladislas memang pantas berada di babak final.  Pertanyaannya, siapakah yang akan menjadi pemenang?  

Well, tentunya saya tidak dalam kapasitas untuk menilai siapa yang lebih unggul.  Para juri CDM 11 lebih berkompetensi untuk melakukan hal ini.  Namun jika ditanya soal preferensi, saya merasa Rama Dimasatria pantas menjadi juara kompetisi ini.  Saya menjagokan Rama bukan karena dia berasal dari Indonesia, namun secara teknis Rama memang menampilkan gerakan-gerakan yang lebih sulit dan menuntut kesempurnaan tinggi.  Satu hal lagi, dari segi sinematografi, video Rama sedikit lebih unggul, dengan kesan cardistry yang lebih kuat, angle gambar yang lebih cantik, dan musik yang pas.  Walau mungkin tidak seinovatif video Ladislas, secara keseluruhan video Rama lebih terkesan menghibur bagi penonton.  Kredit tersendiri patut diberikan pada Bayu Ajie Purnomo selaku director dan editor.

Sejauh ini, dari segi vote, Rama Dimasatria unggul dari Ladislas.  Yang cukup menarik, vote untuk Rama tidak hanya datang dari Indonesia, namun juga dari flourisher dan magician luar negeri seperti Magnus Leondhart, Terry Lu, dan Mads Flugt Larsen.


Jadi, siapakah yang akan menjadi pemenang CDM 11?  Sambil menunggu keputusan juri, berikan vote anda di alamat berikut :  http://kardistry.com/cdm11-final

Haunted Jokers

Artikel ini ditulis oleh Yana Triwardana, official contributor blog Wikumagic.




 Efek :

Sebuah kartu pilihan bisa keluar secara tiba-tiba, atau setengahnya kartu pilihan dari tengah-tengah dek dengan bantuan dua kartu joker.

Persiapan :

 1 Dek normal ditambah dua joker. sett dua joker diatas dek dengan posisi face up (terbuka), kuasai teknik card control dan cull juga.

Perform :



Dribble dek, lalu katakan stop. Kontrol kartu yang terlihat menjadi urutan terbawah dek bersamaan dengan mengontrol dua joker tetap diatas. Masukan satu kartu joker ketengah-tengah dek, lalu spread (beberkan) dek satu persatu sambil menggeser kartu terbawah (kartu pilihan) menjadi dibawah joker yang tadi dimasukan ketengah. Joker yang satunya lagi geser secara perlahan ketengah dek dibawah joker yang pertama dimasukan jika dilihat secara sudut pandang penonton, padahal diantara kedua joker ada kartu pilihan yang terjepit. Rapikan dek, dimana posisi joker terlihat berdempetan dan keluar setengah bagiannya. Dorong kedua joker tersebut maka kartu yang diapitnya akan secara ajaib keluar dari sisi yang berbeda.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya saksikan video tutorial dari saya dibawah ini.